Resep Daging Sapi Kecap Super Empuk dan Enak - MAHI

Resep Daging Sapi Kecap Super Empuk, Menu Enak Akhir Pekan

Simpan ke bagian favorit

Lezat dan meresap, resep daging sapi kecap yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan! Yuk, coba masak segera hari ini dengan resep berikut!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juli 14, 2022

Penasaran kenapa resep daging sapi kecap yang satu ini punya label super empuk? Banyak cara untuk menjadikan masakan daging di rumah enak sekaligus empuk. Serunya lagi, ternyata nggak perlu yang namanya banyak-banyak menggunakan bahan. Sedikit agak lama memasaknya tak apa, tapi saat melihat hasilnya, wah, begitu menggoda!

Sebelum masuk ke resep, mendingan kamu baca dulu, deh, kenapa resep yang satu ini istimewa banget sekaligus mudah untuk dibuat!

Pemilihan Bagian Daging Sapi

Semua dimulai dari bagian daging yang kamu pilih. Kali ini ada daging has luar atau sirloin karena memiliki perimbangan yang pas antara tekstur yang empuk dan rasa yang lezat. Kalau kamu mendengar kata sirloin, mungkin yang terpikirkan adalah menu steak, yaitu daging yang dipanggang dalam waktu singkat dan menggunakan api besar.

Namun untuk metode memasak daging sapi kecap kali ini, justru sirloin akan dimasak menggunakan api kecil dalam waktu cukup lama. Kedua metode tadi jelas berbeda peruntukannya, namun kesamaannya adalah dapat mengeluarkan kualitas rasa terbaik sekaligus mencegahnya dari menjadi keras. Lantas, untuk resep daging sapi kecap ini kamu bisa menggunakan potongan apa lagi, ya? Well, bisa saja kapan-kapan kamu bereksperimen menggunakan daging bagian sengkel ataupun iga sapi. Maka, yang perlu kamu perhatikan adalah kondisi daging saat dimasak. Jadi, harus bagaimana? Langsung kita menuju bagian berikutnya, yuk!

Proses Memasak Daging Sapi Kecap

Setelah daging siap, tahapan selanjutnya adalah marinasi. Salah satu kekhasan bahan-bahan yang digunakan untuk proses marinasi khas Indonesia adalah keberadaan kecap. Kali ini, gunakan Bango Kecap Manis Hitam Gurih, garam, dan merica. Tahap terpenting lainnya setelah memastikan seluruh bumbu marinasi telah merata adalah menyimpannya terlebih dahulu dalam kulkas. Proses ini juga akan membantu mengempukkan daging meskipun tidak signifikan.

Ngomong-ngomong, pernahkah kamu bertanya mengapa biasanya proses marinasi daging atau seafood dilakukan dalam kulkas? Jawabannya adalah untuk mencegah agar daging tidak berlama-lama berada pada kondisi suhu ruang. Bakteri akan berkembangbiak dengan cepat pada suhu ruang dan ini akan beresiko mengundang penyakit. Jadi, pastikan untuk memasukkannya ke dalam kulkas segera. Masa marinasi minimal dari daging biasanya adalah selama setengah jam hingga semalaman. Untuk resep ini, cukup satu jam saja, ya!

Soal proses memasaknya, kamu perlu menambahkan air pada panci setelah menumis bumbu-bumbu iris dan memasukkan daging. Masak dahulu hingga mendidih, lalu kecilkan api, bubuhkan Royco Kaldu Sapi, lalu tutup wajan. Di sinilah teknik memasak braising menjadi penting untuk kamu ketahui. Dengan menggunakan api kecil dan panci yang ditutup, maka udara panas dan lembap akan meluruhkan gelatin, kolagen, dan jaringan pada daging sehingga menjadikan daging empuk dan memperkaya rasa kuah sekaligus daging itu sendiri.

Yang penting, kamu perlu memperhatikan kondisi daging saat dimasak agar jangan sampai kamu memasukkan wortel saat daging sudah dalam keadaan matang. Maka yang terjadi, daging justru akan menjadi keras. Karena itu, rebus wortel pada saat daging setengah matang agar semua bahan tepat menjadi matang di saat bersamaan. Nah, bagaimana? Sudah siap mencoba tantangan baru pekan ini? Selamat memasak daging sapi kecap yang lezat ini, ya!

Bahan-bahan

  • 500 g daging sapi bagian has luar, potong kotak 3 cm
  • 150 g wortel, potong 2 cm
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 250 ml air
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu, iris

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 6 buah cabai hijau
  • 3 cm lengkuas
  • 2 cm jahe

Cara membuat

1

Lumuri daging sapi dengan Bango Kecap Manis Hitam Gurih, garam, dan merica sambil diremas-remas. Diamkan dalam kulkas selama 1 jam. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis semua bahan bumbu iris bersama daun salam dan serai hingga harum.

3

Masukkan daging sapi, aduk rata. Tuang air, masak hingga mendidih.

4

Tambahkan Royco Kaldu Sapi, aduk. Tutup wajan. Masak hingga hampir empuk. Tambahkan wortel, aduk. Masak hingga daging empuk dan wortel matang. Angkat.

5

Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.