Resep Dadar Telur Keju dan Sayur - Masak Apa Hari Ini?

Resep Dadar Telur Keju dan Sayur, Sarapan Sehat yang Komplit

Simpan ke bagian favorit

Resep dadar telur keju dan sayur, inspirasi bagi yang ingin resep mudah untuk sarapan praktis. Yuk, kita coba memasaknya esok hari!

20mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Mei 12, 2019

Bagi yang butuh ide sarapan sehat, dadar telur keju dan sayur ini bisa jadi inspirasi bagi kamu. Bukan sekadar karena gaya Barat, tapi telur adalah protein favorit yang banyak juga terdapat di masakan Indonesia. Untuk sarapan, rasanya sulit untuk mengalahkan bahan makanan yang satu ini!

Ide sarapan dadar telur

Perpaduan antara telur, jamur, bayam, wortel, dengan keju parut tentu bikin dadar isi jadi sarapan yang sehat sekaligus mengenyangkan. Dalam satu hidangan kamu sudah memenuhi kebutuhan protein, lemak, sekaligus serat dari sayuran segar. Sebagai ide tambahan, pada menu sarapan a la barat, sarapan omelet ini biasanya disandingkan dengan jamur tumis, daging asap, tomat panggang hingga kentang goreng. Sesekali kamu mungkin ingin menghadirkan sarapan komplit gaya Barat ini sebagai menu weekend brunch di rumah.

Sarapan telur di Indonesia memang beragam bentuknya. Dari telur balado di nasi uduk, telur goreng rumahan, ataupun telur rebus. Khusus yang terakhir, banyak yang favorit menjadikannya setengah matang dan bahkan dipadukan bersama bubur ayam. Tapi untuk lebih amannya, sebaiknya kamu memasak telur hingga matang.

Sementara itu, telur juga populer di belahan dunia lainnya. Ada yang dimasak dalam berbagai bentuk dan diaplikasikan dalam berbagai hidangan sarapan. Mungkin kamu pernah mendengar di antaranya seperti eggs benedict ataupun croque monsieur. Tapi jangan khawatir, kita belum akan beranjak terlalu jauh dulu. Dadar telur dan keju ini sudah jadi fondasi keren untuk makan pagi hari ini!

Makanan rumahan berbahan telur lainnya

Dari sarapan hingga camilan, makanan rumahan menggunakan telur punya banyak variasinya. Kali ini aku akan coba bagi beberapa resep dan tips-tips lainnya untuk kamu yang ingin menggali lebih jauh. Selain tidak mahal, telur adalah berkah tersendiri bagi yang hobi di dapur karena berbagai kemudahannya!

1. Omurice khas Jepang

Siapkan nasi goreng telur gulung khas Jepang sebagai menu rumahan untuk sarapan minggu ini. Pilihan cocok untuk yang kehabisan ide mengolah nasi sisa semalam. Soal ini, jangan lupa untuk pindahkan nasi dari rice cooker ke dalam kotak plastik kedap udara dan simpan dalam lemari es. Untuk membuat nasi goreng sebaiknya kondisi nasi tidak panas dan basah, supaya nanti tidak menempel dan bumbu merata saat dimasak.

Resep lengkap nasi goreng Jepang.

2. Sate telur gulung

Tambahkan paprika di balik gulungan telur agar lebih menarik, meskipun ini seperti makanan untuk jajanan. Iris tipis paprika dan persiapkan adonan telur. Goreng paprika terlebih dahulu dan panaskan minyak agak banyak dalam wajan. Masukkan adonan telur menggunakan botol kecap atau saus, kemudian gulung menggunakan tusukan sate. Seru lho berlatih untuk memasak yang satu ini!

Resep sate telur gulung.

Tidak hanya resep, kamu juga bisa belajar banyak hal soal mengolah telur. Misalnya aku pernah berbagi soal cara membuat telur mata sapi. Meskipun terdengar sederhana, membuat telur mata sapi membutuhkan pilihan wajan yang tepat dan memperhatikan proses penggorengan secara seksama.

Atau pernahkah kamu penasaran soal membuat macam-macam hidangan telur seperti soft-boiled, scrambled, hingga poached. Aku juga berbagi tips masak telur di Masak Apa Hari Ini. Pastikan untuk belajar terus dan penuhi hari-hari di rumah dengan memasak yang berkualitas!

Bahan-bahan

Bahan

  • 8 butir telur ayam
  • 4 sdm susu sapi cair
  • 4 lembar keju cheddar
  • 10 g jamur kancing, cincang kasar
  • 10 g bayam, blansir, cincang
  • 3 sdm minyak

Cara membuat

1

Panaskan 1 sdm minyak di dalam wajan di atas api sedang. Tumis jamur, bayam, dan wortel selama 2 menit.

2

Dalam mangkuk, kocok telur, susu, Royco Kaldu Ayam, dan sayur yang telah ditumis, aduk rata.

3

Panaskan kembali wajan dangan sedikit minyak, tuangkan campuran telur. Ketika telah setengah matang, letakkan keju di tengahnya. Gulung seperti omelette. Angkat.

4

Sajikan segera ditemani saus tomat.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.