Resep Cupcake Creamy Rasa Jeruk Manis Menyegarkan - MAHI

Resep Cupcake Creamy Rasa Jeruk, Dessert Teman Teh Sore

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi dessert enak untuk teman minum teh kamu di sore hari bareng keluarga ataupun teman-teman. Coba resep cupcake rasa jeruk ini, yuk!

2jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|September 16, 2022

Setelah resep muffin dari Masak Apa Hari Ini, selanjutnya yang wajib muncul yaitu sahabatnya. Ya, seperti yang sudah bisa kamu baca dari judul resepnya, kali ini ada resep cupcake jeruk yang seru banget untuk dicoba. Tapi sebelum melangkah masuk ke resepnya, apakah kamu sudah tahu mengenai perbedaan antara cupcake vs muffin?

Beda Resep Cupcake dan Muffin

Berbicara soal cupcake dan muffin secara umum, ternyata ada banyak perbedaan yang bisa dibahas. Dari segi rasa, bahan, cara membuat, hingga tampilan juga ternyata begitu berbeda meskipun tampilannya sebelas dua belas. Pertama, mari memulainya dulu dari segi frosting. Muffin biasanya tidak menggunakan frosting, dan justru cupcake bercirikan khas memiliki elemen yang satu ini. Frosting adalah sejenis topping pada cupcake yang tampilannya mengingatkan akan whipped cream di atas minuman atau dessert. Ini biasanya dibuat dari olahan gula, bertekstur lebih padat dari whipped cream, dan cita rasanya bisa dibuat bermacam-macam.

Melangkah ke satu perbedaan berikutnya adalah tekstur. Cupcake memiliki tekstur yang lebih ringan dan hanya cocok untuk rasa manis. Sementara itu, muffin bisa diolah menjadi rasa asin ataupun manis. Di antara resep cupcake yang terkenal memiliki rasa vanilla, red velvet, cokelat, selai kacang, dan tema manis segar seperti jeruk pada resep ini. Sementara pada muffin, ada jenis buah-buahan ataupun cornbread. Dari deskripsi tadi, sudah terbayang bedanya, bukan?

Tips Sukses Membuat Cupcake

Masuk ke bagian yang tak kalah pentingnya adalah beberapa tips agar cupcake yang kamu bikin bakal maksimal hasilnya. Untuk tips pertama, mulai dulu dengan mengeluarkan mentega, telur, dan susu dari dalam kulkas. Jangan terburu-buru menggunakannya dan tunggu hingga semuanya bersuhu ruang. Tujuannya adalah agar semua bahan dapat bercampur lebih mudah sehingga tekstur cupcake sesuai dengan semestinya. Kedua adalah pertanyaan soal seberapa lamakah harus mengaduk adonan. Jawabannya adalah cukup hingga lembut saja dan jangan mengaduknya lebih lanjut. Semakin lama kamu mengaduk, gluten justru akan semakin terbentuk dan bisa menjadikan cupcake keras. Terakhir, apabila cupcake masih ada yang tersisa, sebaiknya kamu simpan dalam wadah yang kedap udara. Cupcake cenderung mudah kering bila berlama-lama di udara terbuka. Jadi, simpan dengan baik agar tetap nikmat dan moist, ya!

Yuk, sekarang bersiap-siap untuk mencoba membuatnya di rumah! Jadikan sebagai dessert kejutan untuk teman minum teh sore ataupun saat weekend kumpul bareng. Kapan-kapan kamu juga bisa mencoba resep sponge cake yang tak kalah enaknya juga, ya!

Bahan-bahan

  • 115 g mentega tawar, diamkan hingga bersuhu ruang
  • 175 g gula pasir berbutir halus
  • 3 butir telur ayam
  • ½ sdt ekstrak vanilla
  • 80 g yogurt
  • 1 sdm orange zest

Adonan kering, ayak bersama

  • 195 g tepung terigu protein rendah
  • ½ sdt baking powder
  • ¼ sdt soda kue
  • ¾ sdt garam

Cara membuat

1

Panaskan oven pada suhu 170 ° C. Sisihkan.

2

Kocok mentega dan gula pasir menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga lembut. Matikan mixer.

3

Masukkan telur satu demi satu dengan jeda 1 menit sambil diaduk menggunakan spatula. Tambahkan ekstrak vanilla, kocok kembali hingga rata. Turunkan menjadi kecepatan sedang.

4

Tambahkan yoghurt, orange zest, dan Buavita Orange secara bergantian dan bertahap sambil terus diaduk rata hingga tercampur rata.

5

Masukkan adonan kering, aduk rata. Tambahkan vanilla, aduk.

6

Tuang adonan ke dalam cetakan cupcake atau papercup yang sudah diolesi tipis dengan mentega.

7

Panggang dalam oven panas selama 20 menit. Keluarkan. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.