Resep Cumi Saus Padang Gaya Warung Seafood - MAHI

Resep Cumi Saus Padang, Favoritnya Warung Seafood Kaki Lima

Simpan ke bagian favorit

Coba resep Cumi Saus Padang lezat a la tenda seafood, yuk! Cita rasa cumi segar dipadukan dengan saus padang pedas dan Jawara Saus Sambal!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|Maret 23, 2022

Siapa yang setuju kalau resep cumi saus Padang sederhana adalah salah satu menu favorit di warung seafood tenda? Tentunya ini adalah pilihan favorit selain udang saus tiram, ikan bakar, ataupun kepiting. Saus pedas aroma bawang putih dengan irisan cabai rawit adalah alasan mengapa saus ini begitu disukai. Rasanya pedas menyegarkan dan bawaannya bakal ingin tambah terus!

Menikmati aneka makanan warung tenda seafood sebetulnya berbicara soal kombinasi saus dan kesegaran bahan makanannya. Adalah nilai plus tersendiri bila resep cumi saus Padang ala restoran ataupun warung tenda bisa terjamin kesegaran bahan-bahannya. Selebihnya adalah cara memasak dan juga bumbu-bumbu yang diraciknya. Soal semuanya ini, kamu bisa mempelajarinya bersama Masak Apa Hari Ini!

Tips Memilih dan Mengolah Cumi

Sebelum mengolah cumi, tentu kamu ingin mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih cumi segar. Wajib baca supaya tidak keburu menyesal ketika sampai di rumah mendapati cumi berbau dan tidak layak olah.

Pertama-tama, perhatikan dari bau cumi tersebut. Cumi segar memiliki aroma air laut serta tidak berbau amis atau anyir. Kemudian saat ditekan, cumi segar terasa kenyal dan kokoh. Selain itu, cumi segar biasanya terlapisi selaput lendir bening. Hindari membeli cumi jika terasa lembek dan terlihat layu. Terakhir, seafood segar ini akan lebih sedap jika dimasak hingga matang saja, artinya hindari memasaknya terlalu lama. Kamu akan kehilangan cita rasa manis dan teksturnya yang juicy dan kenyal. Kemudian bila terlalu lama memasaknya, maka cumi akan terasa alot. Hal-hal ini yang ingin kamu hindari agar hasil masak resep cumi saus padang enak dan sukses.

Rekomendasi Pelengkap Resep Cumi Saus Padang Sederhana

Buat kamu yang kangen makan seafood di luar, coba resep ini untuk weekend, yuk! Berbekal resep-resep yang sudah diujicobakan oleh Tim Masak Apa Hari Ini, kamu bisa menyajikan cumi saus Padang bersama dengan tumis kangkung taoco, ikan bakar Makassar, atau kepiting asam manis. Terdengar seru, bukan?

Bahkan tak hanya saat weekend, di saat Ramadan misalnya, kamu bisa menyiapkan bermacam-macam hidangan seafood spesial ini untuk keluarga tercinta saat buka puasa bersama. Cara membuat cumi saus Padang bakal selalu jadi andalanmu untuk segala acara!

Bahan-bahan

  • 500 g cumi, bersihkan, iris tebal
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 3 buah cabai rawit merah, iris
  • 2 buah cabai merah, iris halus
  • 3 buah tomat, belah 4, buang biji, cincang
  • 300 ml air
  • 2 batang daun bawang, potong 3 cm
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 cm jahe
  • ½ sdt garam

Cara membuat

1

Lumuri cumi dengan air jeruk nipisDiamkan selama 10 menitSisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan cabai hingga harum. Tambahkan tomat, masak hingga tomat layu. Masukkan cumi, aduk.

3

Tambahkan Jawara Saus Sambal Extra Hot, Bango Kecap Manis, Royco Kaldu Jamur, dan air. Masak hingga mendidih.

4

Masukkan daun bawang, dan larutan tepung maizena, aduk hingga mengental. Angkat, sajikan.

Selamat makan!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.