Resep Crab Rangoon, Snack Viral Bikin Ngiler - MAHI

Resep Crab Rangoon, Snack Viral yang Bikin Ngiler

Simpan ke bagian favorit

Camilan klasik yang sedang viral ini punya isian yang bikin ngiler. Kalau kamu belum kenal dengan resep Crab Rangoon, wajib untuk coba hari ini!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juni 22, 2022

Kalau kamu sempat tergiur dengan resep viral yang punya nama Crab Rangoon, berarti kamu datang ke tempat yang tepat. Masak Apa Hari Ini punya resep yang praktis untuk kamu coba di rumah. Sebelum kamu mengolah resepnya, cari tahu dulu, yuk, apa itu Crab Rangoon!

Kenalan dengan Crab Rangoon

Disebut juga sebagai crab puffs atau cheese wonton, makanan ini pertama muncul pada tahun 50-an di Amerika Serikat. Mungkin kamu mengernyit membayangkan mengapa pada sebuah masakan yang menggunakan pangsit disematkan nama ibu kota lama Myanmar yaitu Rangoon. Malah lebih anehnya ternyata pencetus snack lezat yang satu ini juga adalah orang Amerika. Meski bentukannya seperti pangsit goreng khas masakan Cina, tapi sebetulnya Crab Rangoon adalah produk akulturasi masakan Cina-Amerika di perantauan. Tekstur kriuk dan isiannya yang menggugah selera menjadikannya sebagai snack yang legendaris dan baru-baru ini malah dipopulerkan kembali di media sosial. Jadi, pastikan kamu untuk mencobanya dan siapkan Jawara Saus Sambal Extra Hot sebagai saus cocolannya!

Tips Mudah Membuat Crab Rangoon

Biasanya versi Crab Rangoon yang lebih mahal a la restoran menggunakan isian daging kepiting asli, tapi ada yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan surimi jenis crab stick. Surimi adalah frozen food yang dibuat dari olahan seafood yang dikukus hingga menjadi padat dan kenyal. Ada yang dikenal dengan nama narutomaki, satsuma age, dan banyak lainnya termasuk crab stick. Jenis yang satu ini khusus digunakan pada resep Crab Rangoon karena rasa dan aromanya kepitingnya serta sebagai pengganti ekonomis daging yang asli.

Pastinya kamu akan langsung mengenal bentuknya, apalagi kalau hobi makan sushi di restoran. Crab stick sekarang dapat dengan mudah kamu temui karena sudah dijual di banyak supermarket maupun toko online. Mengapa dengan crab stick lebih mudah dan konsisten hasilnya? Ini dikarenakan daging kepiting asli lebih menantang untuk diolah, harus segar, dan terkadang bisa menghasilkan bau khas yang kurang disukai. Begitupun juga sama halnya yang terjadi bila menggunakan kepiting kalengan sekalipun.

Resep Crab Rangoon tidak sulit untuk diolah. Hanya saja agar cita rasanya maksimal, kamu perlu memotong crab stick hingga berukuran kecil-kecil dan dicampur secara merata dengan bahan-bahan lainnya sebelum diisikan ke dalam kulit pangsit. Gunakan kulit pangsit siap goreng berbentuk kotak dan agar mudah melipatnya setelah diisi, olesi pinggirannya dengan menggunakan jari yang dibasahi sedikit air. Maka, Crab Rangoon siap untuk digoreng!

Terakhir, jangan lupa follow dan like semua postingan yang menarik dari Masak Apa Hari Ini di Instagram, yuk! Untuk segala urusan dapur atau request resep, kamu bisa tanyakan langsung pada Tim MAHI di sana. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

  • 200 g surimi atau crab stick, cincang
  • 200 g cream cheese
  • 80 g wortel, cincang
  • ½ sdt gula bubuk
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 16 lembar kulit pangsit goreng
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas bersama 2 sdm air
  • minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Aduk rata cream cheese, Royco Kaldu Ayam, garam, gula, dan merica. Tambahkan surimi dan daun bawang, aduk rata.

2

Ambil selembar kulit pangsit, olesi bagian pinggirnya dengan telur kocok. Letakkan campuran surimi ke bagian tengahnya. Lipat setiap bagian ujungnya ke arah bagian tengah kulit pangsit sehingga membentuk piramida. Ulangi proses serupa pada sisa bahan hingga habis.

3

Panaskan minyak, goreng Crab Rangoon hingga matang dan kecokelatan. Angkat.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.