Resep Buntil Daun Singkong
Buntil daun singkong dalam piring tanah liat dengan napkin batik

Resep Buntil Daun Singkong, Menu Pendamping Lezat untuk Makan Siang

Untuk sajian seru hari ini, kami berbagi resep buntil daun singkong yang lezat untuk menu pendamping. Intip resepnya di sini, yuk!
Buntil daun singkong dalam piring tanah liat dengan napkin batik
Silmia | Okt 11, 2020

Makanan khas Nusantara memang begitu kaya. Dari Sabang hingga Merauke, kita punya banyak pilihan makanan lezat untuk dicoba. Nah, kali ini tim MAHI berbagi resep menu yang tak kalah lezat yaitu buntil daun singkong.

Bentuknya unik, yakni olahan kelapa parut dan teri yang dibungkus daun. Daun yang digunakan bisa berbeda-beda, mulai dari daun talas hingga daun singkong. Karena cara mengikatnya diuntil-until atau diikat-ikat, muncullah nama buntil.

Buntil daun singkong biasanya tersaji dengan kuah kuning yang gurih dan sedikit pedas. Untuk itu, hidangan ini cocok dijadikan lauk dan disantap dengan nasi hangat. Dalam sekali suap, kita bisa mendapatkan berbagai rasa, seperti rasa sedikit pahit dari daun singkong kemudian ditambah asin dari teri dan parutan kelapa, ditutup dengan kuah kuning yang gurih dan kaya rempah.

Makanan dengan bentuk unik ini populer di Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Barat. Tak banyak perbedaan di setiap daerah, kecuali daun pembungkusnya. Misalnya di Magelang, buntil banyak dibungkus daun talas. Sedangkan di Banyumas banyak menggunakan daun singkong sebagai pembungkusnya.

Kamu juga bisa berkreasi membuat buntil daun singkong versimu sendiri. Resep berikut bisa kamu coba di rumah untuk keluarga tercinta!

Bahan

4
Porsi

Kuah Santan

15
buah cabai rawit merah
6
lembar daun salam
2
cm jahe, memarkan
350
ml susu rendah lemak
350
ml santan
3
sdm minyak, untuk menumis

Buntil

300
g kelapa setengah tua, parut memanjang
100
g petai cina
100
g teri medan, rendam dalam air hangat, tiriskan
15
butir bawang merah, iris tipis
7
siung bawang putih, iris tipis
1.5
sdt garam
450
g daun singkong, petiki daunnya, rebus setengah matang
3
sdm minyak, untuk menumis
benang katun

Bumbu halus

12
butir bawang merah
6
siung bawang putih
5
cm kencur
5
cm lengkuas
2
sdm gula merah
1
sdt jintan
1
sdt ketumbar, sangrai

Cara membuat

1

Buntil: Campur kelapa parut, petai cina, teri medan, bawang merah, bawang putih, dan garam. Sisihkan.

2

Siapkan talenan, letakkan ± 10 lembar daun singkong ke atasnya. Ambil 2 sdm campuran kelapa, taruh di atas daun. Lipat setiap sisi daun ke bagian tengah hingga campuran kelapa tertutup rapat. Ikat dengan benang katun. Ulangi proses yang sama hingga bahan habis. Sisihkan.

3

Kuah santan: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan cabai, daun salam, dan jahe. Masak kembali hingga bumbu matang. Tuang susu, santan, dan Royco Kaldu Ayam, aduk hingga mendidih.

4

Kecilkan apimasukkan buntil. Masak hingga matang dan santan berminyakAngkatSajikan.

Sajikan buntil daun singkong selagi hangat ya! Intip juga olahan daun singkong lainnya seperti gulai daun singkong kecombrang yang nikmat ini.