Resep Batagor Kuah Kaldu untuk Weekend - MAHI

Resep Batagor Kuah Kaldu, Camilan yang Bakal Bikin Rebutan

Simpan ke bagian favorit

Penggemar batagor mana suaranya? Yuk, coba satu resep seru batagor kuah kaldu yang nikmat banget ini! Sajikan untuk keluarga tercinta saat weekend!

2jam
6 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Juli 29, 2022

Batagor, atau bakso tahu goreng khas Bandung sudah lama menjadi oleh-oleh unggulan saat siapa pun bertandang ke sana. Dari batagor goreng hingga batagor kuah, dari yang murah meriah dijual di gerobak kaki lima hingga yang mahal dari kedai-kedai yang hanya menggunakan ikan tenggiri. Apapun pilihannya, saat kamu tiba di kampung halaman dan membuka oleh-oleh bersama-sama keluarga, pastilah akan membuat seisi keluarga senang. Saat tengah dihangatkan, rasanya tak sabar ingin segera menikmatinya.

Kalau kamu punya perasaan yang sama saat berjumpa batagor, maka tak perlu berkelana setiap saat ke Bandung untuk bisa menikmatinya. Meskipun ada saja yang menjualnya, pasti rasanya beda kalau beli dari tempat asalnya. Atau ada jalan lain, yaitu membuatnya sendiri! Nah, makanya kamu perlu kenalan dengan koleksi resep batagor yang berbeda-beda dari Masak Apa Hari Ini dulu, ya!

Variasi Batagor ala Masak Apa Hari Ini

Masak Apa Hari Ini setidaknya sudah punya tiga varian batagor goreng yang punya keunikannya masing-masing. Ada batagor tradisional dengan isian ikan yang padat dan lezat, lalu ada juga batagor yang khusus menggunakan tahu. Tak ketinggalan, ada juga batagor dos yang sedang populer. “Dos” sendiri adalah istilah untuk ‘tanpa campuran ikan”, dan ini sudah dikenal para penggemar batagor maupun pempek kekinian.

Kalau kamu sudah mencoba semuanya, maka yang jangan sampai ketinggalan mencoba resep hari ini. Resep batagor kuah berikut menggunakan kuah yang kualitasnya nggak kaleng-kaleng, lho. Dengan menggunakan ceker ayam sebagai bahan dasar kuahnya, maka dapat dipastikan kamu bakal mencicipi kaldu yang kaya rasa dan kaya kolagen. Lalu bicara adonan batagornya saja nggak main-main, karena ada paduan daging ikan tenggiri asli dan daging ayam giling. Dipadukan dengan tahu bakso, lengkap sudah, deh, pengalaman menikmati batagor kuah dengan kualitas restoran.

Sekelumit Cerita Munculnya Batagor Kuah

Setelah mengetahui berbagai macam batagor, sekarang kita cari tahu yuk tentang awal mula kemunculan batagor, temasuk yang berkuah. Pada tahun 1960an, Haji Isan selaku sang penemu batagor dahulunya berkeliling menjajakan siomay, atau baso tahu kalau orang Sunda menyebutnya. Siomay khas Bandung sendiri sudah tersentuh nilai-nilai kearifan lokal, seperti menggunakan bumbu kacang dan juga kecap manis. Ini berbeda dengan siomay khas Tiongkok asli yang merupakan bagian dari dimsum. Biasanya siomay asli menggunakan paduan daging babi dan sausnya menggunakan chili oil atau kondimen khas lainnya.

Pada perkembangan, baso tahu berkembang menjadi banyak pilihannya. Yang dahulunya hanya siomay, maka kemudian terdapat tahu bakso, tahu goreng, kol, pare, kentang, telur rebus, dan lain-lain. Haji Isan menemukan momen eureka-nya saat dagangan siomay-nya banyak tersisa. Alih-alih menjadi basi, beliau berinisiatif menggorengnya, sehingga lahirlah apa yang semua orang Indonesia kenal sebagai batagor. Dari yang hanya tersedia dalam bentuk kering, kemudian muncul juga resep batagor kuah.

Setelah mengetahui ceritanya, pasti penasaran segera mencoba membuatnya di rumah, dong. Kalau weekend ini tidak sempat main-main ke Bandung, maka isi waktumu menyiapkan batagor kuah ini untuk keluarga dan tetangga. Yuk, ikuti langkahnya satu per satu dan selamat memasak!

Bahan-bahan

saus sambal
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Extra Hot
Beli online
  • 12 lembar kulit pangsit
  • 6 buah tahu putih, potong diagonal 2 bagian
  • minyak, untuk menggoreng

Adonan batagor

  • 250 g daging ikan tenggiri giling
  • 200 g daging ayam giling
  • 100 g labu siam, parut halus
  • 60 g tepung sagu
  • 50 g es batu
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris halus

Kuah kaldu

  • 300 g ceker ayam
  • 1200 ml air, untuk merebus
  • 3 siung bawang putih, cincang, tumis
  • ½ sdm garam
  • ½ sdt merica putih bubuk

Pelengkap

Cara membuat

1

Kuah kaldu: Rebus ceker hingga mendidih dan setengah empuk. Masukkan semua sisa bahan termasuk Royco Kaldu Ayam. Masak di atas api kecil hingga ceker empuk. Angkat dan sisihkan.

2

Adonan batagor: Masukkan ikan tenggiri, daging ayam giling, labu siam, dan bawang putih ke dalam chopper atau food processor. Tambahkan tepung sagu, es batu, Royco Kaldu Ayam, garam, gula, dan merica. Proses hingga tercampur rata. Pindahkan ke dalam wadah. Tambahkan daun bawang, aduk.

3

Sisihkan sebanyak 6 sdm adonan batagor untuk isian tahu.

4

Ambil 1 potong tahu, keruk bagian tengahnya menggunakan sendok teh. Masukkan tahu yang sudah dikeruk ke dalam wadah berisi adonan ikan untuk isian tahu. Ulangi proses serupa untuk semua tahu dan aduk rata adonan batagor bersama sisa tahu yang dikeruk.

5

Isi setiap potongan tahu dengan campuran adonan. Sisihkan.

6

Ambil selembar kulit pangsit, letakkan adonan batagor ke bagian tengahnya. Lipat setiap bagian sudutnya ke arah tengah hingga membentuk seperti piramida. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

7

Bagi masing-masing menjadi 2 bagian tahu isi (batagor) dan pangsit isi. Masak dengan cara dikukus dan digoreng.

8

Bagikan ke dalam mangkuk saji. Beri taburan seledri, Jawara Saus Sambal Extra Hot, dan Bango Kecap Manis. Tuang ceker dan kuah kaldu. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.