Resep Bakwan Sayur Renyah Tahan Lama

Simpan ke bagian favorit

Salah satu gorengan favorit yang paling laris adalah bakwan. Agar bisa dinikmati kapan saja, berikut adalah resep bakwan sayur renyah tahan lama yang bisa kamu coba di rumah.

45mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|April 20, 2018

Di antara sekian banyak gorengan yang populer di Indonesia, bakwan sudah tentu termasuk salah satunya. Tapi begitulah dengan gorengan, sedikit saja terlambat dikonsumsi, gorengan tidak lagi renyah. Untuk ide kudapan berbuka puasa kali ini, aku ingin berbagi resep bakwan sayur renyah tahan lama!

Bahkan di bulan-bulan selain Ramadhan, orang Indonesia tidak henti-hentinya menikmati gorengan. Mulai dari makan pagi saja sudah ditemani bakwan sayur ataupun tempe mendoan. Memang nikmat sih rasanya menikmati gorengan dengan sepiring nasi uduk, orek tempe, bihun goreng, dan sambal kacang. Bukan kadang-kadang lagi, aku malah sering menyantapnya.

Beranjak siang sedikit, ada saja rasa lapar menghantui sebelum waktunya makan siang. Maka tak heran kalau gorengan kembali beraksi untuk mengisi celah sembari menanti waktunya makan. Sore hari menghampiri, kembali pilihan cemilan didominasi oleh gorengan, meskipun di sore dan malam harinya gorengan mendapatkan pesaing kuat dari martabak ataupun roti bakar.

Tapi memang di antara semua gorengan, bakwan sayur atau bala-bala hampir selalu ada dimana-mana. Selain tentunya pisang ataupun tahu goreng. Mungkin favorit keduaku setelah bakwan sayur adalah tahu isi alias gehu kalau orang Bandung menyebutnya. Gorengan lain seperti singkong ataupun lumpia tidak selalu ada.

Nah, dalam rangka menyiapkan menu kudapan berbuka puasa yang begitu banyak pilihan, inilah waktunya menikmati gorengan versiku; resep bakwan sayur renyah tahan lama! Kuncinya ada pada adonan dan perhatikan baik-baik kondisi bakwan ketika digoreng. Ketika gorengan terlihat mulai berwarna keemasan dan renyah, segera tiriskan dan sajikan. Kondisi minyak juga harus benar-benar panas dan kapasitas wajan atau panci juga ternyata harus diperhatikan. Tujuannya, agar gorengan tidak saling menempel satu sama lainnya.

Setelah selesai, gorengan sebaiknya segera disantap. Kamu sendiri bisa melatih timing. Saat menggoreng di bulan puasa, siapkan waktu kurang lebih 30 hingga 45 menit sebelum waktu berbuka, sehingga ketika waktu adzan tiba, gorengan siap disantap saat sedang nikmat-nikmatnya. Ayo, jangan ragu untuk mencoba resep bakwan sayur renyah tahan lama ini dan juga banyak resep lainnya yang sudah aku siapkan untuk kamu.

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
  • 1 butir telur ayam
  • 5 siung bawang putih, diparut
  • 250 g kol, iris tipis
  • 150 g wortel, potong ukuran korek api
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 175 g tepung terigu serbaguna
  • 1 bungkus Royco Kaldu Ayam
  • 250 ml air
  • 250 ml minyak sayur

Cara membuat

1

Di dalam wadah: aduk tepung terigu, Royco Kaldu Ayam, dan air hingga rata dan tidak ada yang menggumpal. 

2

Tambahkan telur dan bawang putih, aduk rata. Kemudian masukkan kol, wortel, dan daun bawang. Aduk kembali hingga rata.

3

Ambil satu sendok sayur adonan dan masukkan perlahan ke dalam minyak panas. Kemudian ulangi hingga adonan habis. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

4

Sajikan bakwan renyah selagi panas.

Sekarang sudah siap deh kudapan pelengkap menu makananmu. Kamu bisa membaca resep-resep lain yang biasanya cocok ditemani oleh bakwan sayur. Dengan resep bakwan sayur renyah tahan lama, plus berbagai kudapan lainnya, buka puasa hari ini pasti lebih ceria dari biasanya!


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/bakwan-sayur.html

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.