Jenis Masakan


Resep Bakwan Goreng Enoki, Camilan Baru untuk Keluarga di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Penasaran dengan resep bakwan goreng yang lebih enak dari biasanya? Coba saja simak yang satu ini. Kita cari tahu cara membuatnya, yuk!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Maret 23, 2020

Jadikan resep bakwan goreng yang satu ini sebagai kreasi terbarumu di rumah. Berbeda dengan resep gorengan lainnya, kali ini aku ingin memberikan sedikit sentuhan menarik yang menjadikannya unik. Adalah kehadiran jamur enoki yang akan mewarnai resep kali ini!

Cara masak jamur enoki

Mengapa pilihannya jatuh pada jamur jenis enoki khas Jepang ini? Jawabannya adalah karena bentukannya yang ramping dan memanjang serta rasa renyah yang dihasilkan. Itu dari urusan tekstur dan penampilan, nah bagaimana soal nutrisi? Kandungannya begitu kaya, sehingga baru-baru ini dinisbatkan sebagai salah satu superfood modern. Serunya lagi, jamur enoki mudah diaplikasikan pada beragam jenis masakan. Misalnya saja sapo tahu jamur yang waktu itu pernah aku share di Masak Apa Hari Ini!

Sajikan bakwan enoki untuk berbuka puasa

Tak hanya soal minuman manis, berbuka puasa di bulan Ramadan juga membutuhkan adanya asupan hidangan gurih. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan selera kita saat berbuka puasa. Apalagi kalau kamu punya pilihan-pilihan lainnya yang bernutrisi. Meskipun gorengan, jadikan resep bakwan goreng enoki ini sebagai opsi spesial sesekali di bulan puasa nanti.

Meskipun bulan Ramadan lebih banyak kita luangkan waktu di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa memasak yang enak-enak. Biarpun selera makan sedang besar-besarnya saat takjil, berwarnanya tampilan ragam makanan di atas meja makan tentu akan menambah keceriaan. Pastikan resep ini turut membantumu menghangatkan suasana Ramadan, bahkan hingga Lebaran nanti.

Selamat memasak!

Bahan-bahan

Bahan

  • 220 g tepung terigu
  • 1.5 sdm tepung beras
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 300 ml air
  • 120 g jamur enoki
  • 100 g wortel, potong korek api
  • 50 g daun bayam
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

Langkah mencampur bahan utama ke dalam mangkuk.
1

Masukkan tepung terigu, tepung beras, Royco Kaldu Ayam, baking powder, dan merica, aduk rata. Tuang air sambil diaduk hingga merata.

2

Masukkan jamur enoki, wortel, bayam, dan daun bawang, aduk rata.

Langkah mencampur semua bahan bakwan enoki.
3

Panaskan minyak, sendokkan adonan bakwan menggunakan sendok sayur.

Penyajian bakwan goreng enoki.
4

Goreng hingga matang dan garing. Angkat dan tiriskan.

Ternyata resep bakwan goreng yang biasanya bisa kita kreasikan jadi lebih menarik. Pastikan agar tersaji untuk camilan nanti sore, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.