Resep Bakso Kuah Hangat dan Begitu Mengundang Selera

Simpan ke bagian favorit

Daripada jajan di luar terus, bagaimana kalau kita mengolah resep bakso kuah sendiri di rumah? Intip resep dan video cara membuatnya berikut!

2jam
5 Porsi
Cukup rumit
Chef Panji|Juli 22, 2020

Sore hari menjadi momen yang paling pas untuk makan camilan dan jajanan. Apalagi kalau sedang hujan gerimis, wah, bawaanya makin ingin ngemil. Dari sekian macam jajanan sore, yang selalu tepat dan disukai segala kalangan adalah bakso kuah. Rasanya nikmat, kaldunya kaya, dan tidak terlalu berat sebagai camilan. Bahkan resep bakso kuah yang satu ini tidak sulit untuk dicoba di rumah!

Kultur menikmati bakso di Indonesia

Menemukan pedagang bakso di seluruh daerah di Indonesia bukan hal yang sulit. Bahkan duduk manis di rumah saja cukup. Tak lama, pedagang bakso akan lewat memanggil-manggil pelanggan melalui ketukannya yang khas. Cita rasanya yang cocok di lidah masyarakat Indonesia membuat pedagang bakso menjamur dan tak pernah sepi pembeli. Sebagian besar dari pedagang Bakso menggunakan resep bakso kuah khas Solo, Wonogiri, dan Malang.

Pada perjalanannya pedagang bakso hadir dalam berbagai tampilan. Misalnya saja ada yang menjajakan mie ayam di pagi dan siang hari. Bakso kuah di sore atau malam hari, serta bakwan Malang yang paling lengkap topping-nya. Lebih uniknya lagi, di Bandung hadir juga gerobak bertuliskan Restorja. Artinya bukan Restoran Jalanan, tapi Restoran Orang Sidareja. Umumnya Restorja punya koleksi hidangan lebih lengkap. Selain mie, bihun, dan bakso, banyak dari mereka juga yang berjualan nasi tim!

Namun di masa-masa sekarang menjaga higienis dan mobilitas, ada baiknya juga kamu mencoba masak bakso kuah sendiri di rumah. Setelah sebelumnya ada resep bakso bakar, kali ini kita akan memasak varian kudapan bakso yang lebih konvensional. Resep dan video di bawah ini dijamin akan membantumu membuat jajanan favorit di sore hari.

Keuntungan mengolah resep bakso kuah di rumah

Untuk masak bakso kuah sendiri di rumah dibutuhkan kesabaran dan kemahiran dalam membentuk adonan. Tapi jangan khawatir, untuk membulatkan bakso bisa menggunakan cara sederhana dan mudah dipelajari. Membentuk bakso di rumah juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa jadi alternatif kegiatan bersama keluarga.

Memasak bakso di rumah juga berarti kamu memiliki kebebasan untuk memilih sendiri bahan dan komposisinya. Kamu bisa memakai lebih banyak daging yang tentunya lebih bergizi ketimbang bakso yang dijual pasaran yang sering mengandung lebih banyak tepung aci. Dan apabila adonan daging masih tersisa, tinggal simpan saja di lemari es untuk dimanfaatkan di lain hari, misalnya saja dengan mengolah resep bakso kuah pedas sendiri ataupun resep Sup Bola Daging.

Keterampilan membuat bakso adalah satu hal yang mungkin tidak dimiliki kebanyakan para penggemar masak. Padahal dengan membuatnya sendiri, kita melatih keterampilan membuat banyak hal lainnya seperti contohnya membuat patty burger sendiri. Dengan formula sendiri ini, kita mengetahui komposisi dagingnya, rasanya, hingga teksturnya. Tentunya yang istimewa adalah ketika bakso terasa lebih kenyal namun juga memiliki rasa daging dan cita rasa yang lezat.

Seru, kan, mengolah resep bakso kuah sendiri di rumah? Pastikan untuk mencoba juga resep mie kuah bakso ikan. Untuk olahan ikan lainnya, kamu juga bisa mencoba cara membuat siomay lengkap dengan bumbu kacangnya. Selamat memasak!

Bahan-bahan

Bahan

  • 700 g daging sapi, giling
  • 300 g daging ayam, giling
  • 2 butir telur ayam, ambil putihnya
  • 2 siung bawang putih
  • 150 g es batu
  • 100 g tepung tapioka
  • ½ sdt soda kue
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 2 sdt bawang merah goreng

Bahan untuk kuah

  • 2 L air
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm bawang merah goreng

Cara membuat

cara membuat bakso kuahcara membuat bakso kuah
1

Haluskan daging sapi, ayam, putih telur, bawang putih, bawang goreng, dan es batu dengan food processor sampai benar-benar halus.

cara membuat bakso kuah
2

Masukkan tapioka, soda kue, merica, Royco Kaldu Sapi, gula, dan agar-agar. Aduk rata menggunakan sendok, sampai semua tercampur rata. Simpan dalam kulkas minimal 30 menit.

cara membuat bakso kuah
3

Didihkan air di panci. Bentuk daging bakso menjadi bulat, lalu masukkan ke dalam air mendidih. Rebus hingga bakso matang. Siap disajikan.

cara membuat bakso kuah
4

Angkat bakso dan sajikan bersama kuah kaldu sapi.

Selalu ada hal yang baru untuk dipelajari, bukan? Terlebih tentunya untuk kamu yang hobi bermain di dapur. Tentunya cara membuat bakso ini akan membuatmu penasaran dengan memasak sesuatu dari nol. Sekarang, ayo nikmati hasil jerih payahmu di dapur ini bersama keluarga tersayang!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.