Resep Ayam Rica-Rica Kemangi​ Pedas Aromatik - MAHI

Resep Ayam Rica-Rica Kemangi, Masakan Aromatik Khas Minahasa

Simpan ke bagian favorit

Nikmati rasa pedas aromatik dari resep ayam rica-rica kemangi ini! Bagaimana kalau kamu sajikan untuk keluarga akhir pekan ini? Yuk, masak!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juli 13, 2022

Sebagai bahan dalam resep ayam rica-rica kemangi​, daun kemangi punya peran utama untuk memperkuat aroma dan menonjolkan keunikan dari hidangan ini. Tapi tak hanya untuk resep ini, lho, karena rupanya kemangi juga kerap dipakai dalam banyak masakan lainnya. Dari lalapan sederhana hingga untuk menginfusi aroma pada bumbu halus atau masakan yang tengah dimasak, ternyata kehadiran kemangi hampir selalu ada!

Bicara soal jenisnya, kemangi dikategorikan sebagai herba atau tumbuhan terna yang memiliki tangkai rawan. Termasuk di antaranya adalah ketumbar dan juga peterseli. Kemudian ada juga tumbuhan terna yang memiliki tangkai lebih keras seperti oregano, thyme, ataupun rosemary. Rupanya kedua kategori ini membutuhkan penanganan yang berbeda. Lantas bagaimana khususnya dengan kemangi? Simak cara-cara berikut agar kamu bisa menyimpannya lebih lama dan selalu segar!

1. Cra Menyimpan Jika Ingin Segera Mengolah Resep Ayam Rica-Rica Kemangi​

Cara menyimpan kemangi untuk jangka waktu pendek ternyata sangat sederhana. Bila kamu membelinya dalam bentuk utuh hingga ke akar, kamu cukup menyiapkan gelas atau pot berisi air dan simpan saja kemangi seperti kamu menyimpan bunga. Apabila kamu tidak menggunakannya dalam waktu terlalu dekat, maka kamu bisa bungkus kemangi menggunakan cling wrap dan simpan dalam kulkas.

Nah, beda lagi kalau kamu memang berniat stok lebih banyak dan disimpan dalam jangka waktu yang jauh lebih panjang. Pastikan untuk cek cara berikut ini, ya!

2. Cara Menyimpan Kemangi untuk Jangka Panjang

Thailand adalah negara yang juga tak kalah banyaknya dalam menggunakan kemangi untuk beragam masakannya dan ada satu cara yang menarik untuk diikuti. Pertama, siangi dulu kemangi dan cuci dengan menggunakan air yang mengalir. Lanjutkan dengan merebusnya selama dua menit lalu masukkan ke dalam wadah berisi air es. Sesudahnya, peras kemangi untuk mengurangi jumlah airnya. Siapkan kantung plastik ziplock dan masukkan beberapa genggam kemangi ke dalamnya.

Tahap berikutnya adalah memastikan agar tidak ada udara yang tersisa dalam ziplock bag berisi bola-bola kemangi ini. Ada dua cara, pertama dengan menggunakan alat vakum udara untuk makanan, namun kamu harus membelinya dahulu dengan harga yang tidak murah. Cara kedua adalah menyiapkan baskom berisi air hangat. Tutup dahulu ziplock bag namun sisakan sedikit ruang terbuka, lalu masukkan plastik ke dalam baskom dan urut-urut dari bawah hingga udara berhasil ditekan keluar. Teruskan menenggelamkan kantung plastik hingga udara berhasil ditekan keluar sampai ke bagian penutupnya lalu tutup sepenuhnya. Pastikan agar tidak ada air yang masuk selama proses mengurut udara keluar dari dalam kantung plastik.

Terakhir, masukkan plastik ke dalam freezer sehingga umur penyimpanannya menjadi ekstra lebih lama. Saat ingin menggunakannya, cukup rendam daun kemangi dalam air dan tak lama siap untuk digunakan! Sekarang, kamu bisa menciptakan hidangan yang lezat dan aromatik kapan saja, termasuk tentunya resep ayam rica-rica kemangi​ ini.

Sudah siap mencoba resepnya? Mari ke dapur!

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam kampung, potong 8 bagian, buang kulitnya
  • 150 g terung, belah 2 bagian, potong 3 bagian
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 sdt garam
  • 6 lembar daun jeruk, buang tulang daun
  • 3 batang serai, memarkan
  • 200 ml air
  • 100 g kemangi, petiki daunnya
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 12 buah cabai rawit
  • 4 buah cabai merah besar
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt garam

Cara membuat

1

Lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun jeruk dan serai hingga harum.

3

Masukkan daging ayam, aduk rata. Tambahkan air, Bango Kecap Manis Hitam Gurih, dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga setengah matang.

4

Tambahkan terong, aduk. Tutup wajan, masak hingga matang dan airnya menyusut.

5

Tambahkan daun kemangi, aduk hingga layu. Angkat dan sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.