Cara Membuat Sambal Roa yang Akan Membuatmu Ingin Tambah Terus

Simpan ke bagian favorit

Sambal roa adalah sambal yang dibuat dari ikan asap roa bersama cabai rawit dan bawang merah. Rasanya yang unik bakal membuatmu ketagihan. Cari tahu cara membuatnya, yuk!

40mnt
6 Porsi
Mudah
Chef Panji|Mei 23, 2019

Sambal roa bisa jadi adalah salah satu sambal Nusantara terfavorit yang sering kamu jadikan sebagai menu pendamping bahkan cocolan. Bagi kamu yang belum tahu sambalnya masyarakat Minahasa ini dan bagaimana cara membuatnya, aku ingin berbagi beberapa info mengenai sambal yang populer di Manado dan juga Gorontalo ini.

Sambal roa dibuat dari ikan roa atau ikan laut sejenis ikan terbang yang dikeringkan, lalu dimasak bersama bahan-bahan sambal seperti cabai dan bawang merah. Di Sulawesi Utara, sambal ikan roa akrab menjadi menu pelengkap nasi kuning, bubur tinutuan, atau cocolan pisang goroho. Begitu juga di Gorontalo, semangkuk bubur sagela takkan lengkap jika tak ditemani pedasnya sambal ikan asap ini.

Ikan roa yang dikeringkan kemudian dijejerkan di atas bambu-bambu yang sudah disiapkan sebagai alas. Ikan ini mudah ditemukan di pasar tradisional di daerah asalnya. Karena teksturnya yang keras, ikan yang didapat di perairan Sulawesi dan Maluku ini wajib dihaluskan terlebih dahulu sebelum dimasak bersama cabai ulek. Yang wajib diperhatikan juga adalah kepala dan muncung ikan yang harus disingkirkan karena sulit untuk lunak bersama sambal.

Jika ingin umur simpan sambal lebih lama, masak sambal hingga mengering. Sajikan sambal roa sebagai teman makan nasi, bubur, pisang goreng, bahkan sedap juga untuk olesan roti. Jangan khawatir, sekarang ikan roa mudah ditemukan dimana-mana, sehingga tidak ada alasan dong untuk tidak membuatnya di rumah. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

Bahan

  • 3 ekor ikan roa asap
  • 100 g bawang merah
  • 125 g cabai rawit merah
  • 200 g tomat, potong dadu
  • 1 sdt gula pasir
  • 6 lembar daun jeruk
  • Minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

Memotong bagian ikan untuk sambal roa.
1

Pisahkan daging ikan roa dari kepala, kulit, dan tulangnya. Sisihkan.

Menggoreng ikan untuk sambal roa.
2

Panaskan minyak, goreng ikan roa hingga kecokelatan. Angkat.

Menggiling ikan untuk sambal roa.
3

Giling ikan roa hingga halus. Sisihkan.

Menghaluskan bumbu untuk sambal roa.
4

Haluskan cabai dan bawang merah. Sisihkan.

Menumis sambal roa.
5

Panaskan 3 sdm minyak sisa menggoreng ikan roa, masukkan cabai, bawang merah, dan daun jeruk. Masak hingga harum dan matang. Masukkan tomat dan Royco Kaldu Ayam, masak hingga tomat hancur.

Sambal roa siap dinikmati.
6

Tambahkan gula, aduk rata. Masak hingga sambal agak mengering. Angkat. Sajikan.

Sudah berbelanja bahan-bahannya? Kalau begitu, sekarang waktunya kita membuat sambal roa bersama-sama. Pastikan untuk menyimak videonya untuk tahu langkah demi langkahnya.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.