Cara Membuat Cilung Sultan Enak dan Anti Gagal - MAHI

Cara Membuat Cilung Sultan Anti Gagal

Simpan ke bagian favorit

Mau bikin jajanan anak SD yang lebih enak dan mewah? Nah, ikuti saja cara membuat cilung sultan yang satu ini! Bakal bikin nagih terus!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Agustus 28, 2022

Mudah, mewah, lezat, dan anti gagal. Itulah kriteria-kriteria yang siapapun inginkan saat menggarap sebuah resep makanan kesukaan di dapur. Serunya lagi, semua itu bisa kamu dapatkan dari jajanan anak sekolah yang satu ini! Nah, sebelum kamu cek cara membuat cilung, tahukah kamu bedanya camilan yang satu ini dengan aneka jenis camilan lain yang sejenis?

Sebut saja cilung, cilor, maklor, dan telung. Begitu banyak varian jajanan sekolahan zaman now dan namanya unik-unik! Apakah ada salah satunya yang menjadi favorit kamu? Yuk, coba dijabarkan bareng-bareng! Mungkin saja ada di antara kamu yang belum pernah mencobanya.

Cara Membuat Cilung vs Everybody Else

Pertama, maklor dan cilor. Jajanan maklor atau “makaroni telur” biasanya dijual oleh pedagang kaki lima yang juga menjual cilor (aci telur) atau adonan aci yang dimasak dengan telur. Untuk maklor biasanya ada dua versi, yaitu makaroni yang ditumis dengan telur dan bumbu, lalu versi kedua adalah telur dadar dengan isi makaroni matang. Cara klasik membuatnya adalah semudah menumis makaroni dan telur orak arik lalu dibumbui dengan bumbu pedas khas yang bikin nagih.

Kedua, telung atau telur gulung. Jajanan yang satu ini membutuhkan keterampilan tersendiri dalam membuatnya. Cara bikin telur gulung yaitu dengan membuat adonan telur kocok dan sedikit air lalu dituang ke dalam minyak panas yang banyak. Kemudian telur yang mengapung di atas minyak tersebut disatukan dengan cara digulung menggunakan tusuk satai.

Sementara untuk cara membuat cilung, ternyata ada semacam kemiripan dengan telur gulung. Caranya adalah dengan memasak dahulu adonan tepung tapioka di atas wajan, bubuhi dengan bumbu dan bahan, lalu gulung juga menggunakan tusuk satai. Ada semacam kemiripan, tapi bedanya adalah jumlah minyak yang jelas tidak sebanyak kalau membuat telur gulung.

Ide Jajanan SD Lainnya

Kalau itu saja sudah membuat kamu penasaran, berarti kamu wajib coba cara membuat cilung sultan a la Masak Apa Hari Ini, dong. Besok-besok kamu bisa mencoba maklor ataupun telur gulung yang tadi bisa kamu cek link-nya langsung untuk resep-resepnya. Kalau masih kurang, selalu ada pilihan lain yang bisa dicoba seperti aneka macam cireng! Ya, betul, di situs ini kamu bisa temukan resep cireng nasi, cireng bumbu kacang, ataupun cireng pedas manis.

Terakhir, cek juga Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan-bahan

  • 150 g tepung tapioka atau tepung sagu
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 4 buah jamur kancing
  • 4 sdm keju parut
  • ½ sdt garam
  • 270 ml air
  • 4 sdm minyak

Adonan telur

  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 batang daun bawang, iris tipis

Cara membuat

1

Aduk rata tepung tapioka, air, Royco Kaldu Ayam, dan garam. Sisihkan.

2

Panaskan ½ sdm minyak di atas wajan antilengket, masukkan ½ sdm jamur cincang. Masak sebentar. Tuang 1 sendok sayur cilung. Masak hingga hampir matang.

3

Tuang 2 sdm adonan telur ke atasnya. Taburi dengan keju. Masak selama beberapa detik. Gulung dari salah satu sisi cilung dengan cara menusukkan tusuk satai ke cilung seperti membuat tusuk jelujur, kemudian gulung ke arah sebaliknya. Angkat.

4

Ulangi proses pada sisa bahan hingga habis.

5

Sajikan cilung dengan Jawara Saus Sambal Extra Hot.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.