Cara Membuat Cilor Bumbu Pedas Kekinian - MAHI

Cara Membuat Cilor Bumbu Pedas, Camilan Anak Muda Masa Kini

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi jajanan kekinian yang seru untuk kamu coba di rumah. Pedas kenyalnya bikin nagih! Cek cara membuat cilor bumbu pedas berikut, yuk!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|September 30, 2022

Untuk para fans garis keras cilok, pastinya segala macam bentukan, rasa, dan turunan jenisnya selalu bikin penasaran untuk dicoba. Pastinya jadi pengalaman tersendiri yang menyenangkan saat membandingkan versi-versi yang berbeda dengan jenis aslinya. Di antara yang beberapa waktu terakhir ini populer dan punya banyak penggemar adalah cara membuat cilor, alias “aci telor”. Sedang mencari ide camilan hari ini? Tak perlu jauh-jauh ke sana kemari, cobain resep cilor dari Masak Apa Hari Ini, yuk!

Cara Membuat Cilor Anti Gagal

Karena bahan dasar cilor pada dasarnya adalah cilok, yuk, refresh lagi beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya hasilnya tetap mantap. Untuk adonan cilok dengan rasa lebih enak, kamu bisa menghangatkan air terlebih dulu dan mencampurnya dengan bumbu seperti bawang putih, garam, dan Royco Kaldu Ayam. Bisa saja hanya menggunakan air panas, tapi cilok yang kamu buat seolah tidak memiliki kekhasan dalam rasanya. Kemudian saat menuangkan pada adonan tepung, lakukan secara perlahan-lahan, ya, karena bila terlalu cepat maka adonan malah akan menjadi lembek. Tujuan menggunakan air panas adalah agar adonan cilok nantinya menjadi kenyal sempurna seperti yang kamu suka. Terakhir, untuk rasa pedas ekstra, kamu bisa menambahkan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng dan daun bawang agar cilok lebih berwarna.

Setelah dibentuk bulat-bulat, maka tiba waktunya untuk merebus! Seperti halnya macam-macam makanan lain yang berurusan dengan olahan tepung, dari spaghetti hingga cilok, maka jangan lupa tambahkan minyak pada air rebusan agar tidak menempel satu sama lain. Pastikan untuk memasukkan cilok pada saat air sudah benar mendidih agar hasilnya kenyal dan tidak lembek. Bagaimana tanda matangnya cilok? Semudah dengan melihatnya mengapung di permukaan. Namun tunggu dulu, biarkan sedikit lebih lama dan baru angkat dan sisihkan. Untuk tahap terakhirnya adalah mencampurkan cilok dengan kocokan telur dan menggorengnya, namun tidak ada tips khusus untuk tahap ini. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini, ya!

Menu Lain untuk Penggemar Aci

Lain waktu, kamu wajib juga mencoba kreasi-kreasi tepung aci dari Masak Apa Hari Ini. Untuk yang menu gorengan, pastinya ada resep cireng, resep cimol, dan juga resep cilok goang. Tak melulu harus gorengan, kali ini ada baso aci kuah yang pedas menyegarkan. Jadikan sebagai kesempatan untuk berkreasi di dapur bareng keluarga saat weekend. Saat sore tiba, maka semua jenis jajanan favorit tersedia, kopi dan teh hangat siap dinikmati, dan acara kumpul bareng jadi lebih berkesan.

Untuk sekarang, yuk, coba dulu cara membuat cilor pedas berikut!

Bahan-bahan

Adonan cilok

  • 70 g tepung tapioka
  • 20 g tepung terigu
  • 100 ml air panas
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt garam
  • 1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat

1

Adonan cilok: Panaskan air di atas api sedang. Masukkan bawang putih, garam, dan Royco Kaldu Ayam. Aduk sebentar hingga larut. Angkat.

2

Tuang ke dalam mangkuk berisi tepung tapioka sambil diaduk cepat hingga tercampur rata. Tambahkan tepung terigu, aduk rata hingga bisa dibentuk.

3

Masukkan 2 sdm Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng dan daun bawang, aduk rata.

4

Masak air dalam panci di atas api sedang untuk merebus cilok, masukkan 1 sdm minyak. Ambil ½-1 sdt adonan cilok, bulatkan. Ulangi proses serupa hingga adonan habis. Rebus cilok secara bertahap hingga matang ditandai dengan cilok mengapung. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

5

Aduk telur ayam bersama sisa Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng. Sisihkan.

6

Tusukkan cilok ke dalam tusuk satai. Sisihkan.

7

Panaskan minyak, balur cilok tusuk ke dalam telur. Goreng dalam minyak panas hingga setengah matang. Angkat, celupkan kembali ke dalam telur, goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan. Ulangi proses serupa pada sisa bahan. Sajikan.  

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.