6 Tips Aman Jajan Sehat Saat New Normal

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Oktober 8, 2020

Pasca lockdown dan dimulainya era keterbukaan, maka roda perekonomian kembali berputar. Tidak semua kegiatan memang dapat dilakukan di rumah, sehingga ada saja yang mengharuskan kita untuk beraktivitas di luar. Maka menjadi tidak terhindarkan juga tentunya bagi kita untuk sesekali membeli makanan di luar. Sehingga dalam kondisi demikian, alangkah baiknya agar kita menerapkan filosofi jajan sehat di era new normal ini.

Tentunya, jajan di luar sudah tak sebebas bila dibandingkan waktu dulu. Untuk menjaga kesehatan, ada banyak hal yang harus diperhatikan – mulai dari kebersihan tempat hingga menu yang dipilih. Beberapa tips berikut bisa jadi acuanmu.

1. Pilih tempat dengan protokol kesehatan yang baik

Biasanya, kita menentukan tempat kuliner dari kualitas rasa makanan, kenyamanan tempat, atau keindahan interior untuk berfoto-foto. Kali ini, hal yang paling wajib dipertimbangkan adalah bagaimana restoran tersebut menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Kamu bisa lihat dari akun media sosialnya atau menelepon pihak restoran terlebih dahulu. Biasanya mereka menginformasikan apa saja protokol kesehatan yang dijalankan, mulai dari tempat duduk berjarak, pramusaji memakai masker, hingga semua staf dicek terlebih dahulu suhu badannya sebelum bekerja. Satu poin penting lainnya adalah, sikap dan kedisplinan mereka dalam mengingatkan pengunjung yang tidak memakai masker saat memasuki area restoran.

2. Usahakan untuk takeaway saja

Jika tidak mendesak, sebaiknya makanan dibawa pulang saja. Kamu bisa memakannya di mobil, jika benar-benar butuh suasana baru. Hal ini tentunya dimaksudkan demi mengurangi risiko penyebaran virus dengan tidak menggunakan sendok, garpu, piring, serta fasilitas restoran yang dipakai bersamaan dengan pengunjung lain.

Sementara memesan, hindari menyentuh daftar menu makanan yang biasanya disentuh oleh banyak orang. Bila memungkinkan, pilih secara melihatnya dari jauh atau lekas cuci tangan setelah menyentuh barang di kasir.

3. Jika terpaksa dine in, pilih tempat duduk outdoor

Pramusaji mengelap meja restoran sambil memakai masker
Pilih tempat duduk di luar ruangan. (Foto: Shutterstock)

Terpaksa harus makan di tempat? Pilih restoran dengan fasilitas outdoor atau semi outdoor yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari tempat tertutup seperti restoran di dalam mall, karena berbagai virus dapat menjalar melalui udara. Ruangan ber-AC cukup rentan dalam menyebarkan virus di ruangan tertutup.

Saat makan tentunya kita perlu melepas masker. Nah, jangan simpan masker sembarangan atau menjulurkannya ke leher. Bisa saja terdapat virus atau kuman pada leher yang sebelumnya dibiarkan terbuka. Sebaiknya lepas dan simpan masker dalam kantong plastik atau kertas yang bersih.

4. Usahakan untuk jajan sehat saja

Tahan dulu, ya, makan jajanan yang kurang sehat. Kita butuh untuk selalu fit di era pandemi ini. Pilih jajanan yang tidak terlalu mengandung banyak gula, minyak, atau gluten. Misalnya, pilih jus buah dibanding boba atau pilih ayam bakar dibanding ayam goreng tepung. Jajan sehat seperti salad atau makanan yang direbus dan dikukus adalah pilihan yang baik.

Jika kamu berencana makan di mobil, perhatikan juga kemasan yang dipakai. Beberapa restoran menyajikan wadah plastik dengan tutup yang rapat yang memudahkan kita makan di mana saja. Selain itu, hindari makanan berkuah yang akan lebih sulit disantap di dalam mobil.

5. Semprotkan disinfektan pada meja dan kursi

Meski pihak restoran sudah membersihkan kursi dan meja secara berkala, tak ada salahnya kamu menyemprotnya kembali dengan antiseptik yang kamu bawa dari rumah. Begitupun dengan benda lainnya yang biasanya dipajang di atas meja seperti nomor meja, menu, atau vas bunga. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

6. Gunakan fasilitas pembayaran non-tunai

Seseorang sedang scan QR code dengan handphone
Bayar tanpa cash untuk meminimalisir penyebaran virus. (Foto: Shutterstock)

Sekarang semakin banyak pilihan metode pembayaran, seperti menggunakan kartu debit atau menggunakan QR Code. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyebaran virus dan kuman yang biasanya terdapat melalui uang kertas maupun koin. Cara ini juga dapat diterapkan di lain kesempatan ketika memesan makanan layan antar. Pembayaran non-tunai tidak mengharuskan kita melakukan transaksi saat makanan tiba.

Demikian tips aman jajan sehat saat new normal yang bisa kamu lakukan. Jika kamu rindu masakan restoran tapi harus tetap di rumah, intip aneka resep nasi goreng a la resto yang satu ini. Namun saran terakhir dari kami, usahakan untuk tetap di rumah saja bila memungkinkan atau membawa bekal masakan rumah saat terpaksa harus beraktivitas di luar. Tetap jaga jarak, dan patuhi protokol kesehatan dari pemerintah, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.