Selain Daun Selada Hijau, Gunakan Variasi Sayur Ini Untuk Salad

Simpan ke bagian favorit

Maddie|September 30, 2018

Kesegaran daun selada hijau memang akan selalu menggoda sebagai bahan utama salad. Padahal, masih banyak jenis dedaunan lain disamping selada hijau atau yang dikenal juga sebagai selada keriting. Variasi sayur yang semakin banyak tersedia di pasaran akan membukakan lebih banyak pilihan dan kreativitas dalam mengolah daun selada.

Sebelum masuk ke berbagai alternatif daun selada hijau yang bisa dimanfaatkan ketika membuat salad, tentu kita juga tidak bisa sembarang membeli dan menyimpannya begitu saja. Sayuran memiliki masa hidup yang pendek dan penting bagi siapapun yang memiliki kesukaan masak untuk mengetahui cara menyimpannya.

Berikut adalah tips singkat untuk penyimpanannya:

  1. Jika tak ingin menggunakan daun selada segera, hindari mencuci daun selada lalu menyimpannya dalam kulkas agar tak segera membusuk.
  2. Tiriskan terlebih dahulu daun selada pada saat menyimpannya dalam kulkas, alasi kotak penyimpanan dengan tisu dapur. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan salad spinner.
  3. Hindari menyimpan selada dalam wadah logam atau memotongnya dengan pisau berbahan logam agar tak lekas berwarna kecokelatan. Kamu bisa menggunakan pisau berbahan plastik atau lebih mudah gunakan tangan untuk menyobek daun selada.
  4. Biarkan selada disimpan dalam kulkas hingga sesaat akan digunakan.

Berbekal pengetahuan tersebut, kini waktunya untuk berbelanja dengan lebih tenang dan memilih dari sekian banyak sayur agar salad tampil lebih memukau! Yuk, kita simak pilihan-pilihannya:

Selada Iceberg

Atau juga dikenal dengan sebutan selada bokor. Warnanya putih kehijauan dengan bentuk berlapis-lapis seperti kol. Iceberg lettuce memiliki tekstur garing saat dimakan. Sehingga bukan hanya cocok sebagai salad, tetapi juga sayuran untuk tortilla, hamburger, shawarma, atau juga lumpia.

Renyah dan rasanya cenderung netral.
Selain sebagai salad, sajikan iceberg lettuce sebagai salah satu pilihan lalapan kamu. (Foto: Shutterstock)

Red Lettuce atau Red Lollo Rosso

Serupa dengan daun selada hijau keriting tetapi memiliki warna merah keunguan. Cocok untuk membuat saladmu lebih berwarna. Selain itu, red lettuce juga tepat dipakai untuk mempermanis warna hamburger atau sandwich.

Selada Romaine

Adalah jenis daun selada yang paling sering digunakan untuk Caesar salad dan fattoush (salad Timur Tengah). Teksturnya renyah dan rasanya netral.

Romaine lettuce
Selada Romaine populer untuk Caesar Salad. (Foto: Shutterstock)

Spinach

Berbeda dengan daun bayam lokal, bayam untuk salad yang berasal dari dapur makanan Barat memiliki daun yang lebih tebal. Selain disajikan mentah, daun bayam ini biasa dijadikan bahan jus, sup, atau ditumis bersama krim kental.

bayam hijau
Spinach atau bayam versi dapur barat. (Foto: Shutterstock)

Rocket

Atau juga arugula, dengan bentuk daun yang bercabang dan teksturnya renyah. Pilih arugula yang muda karena yang berwarna hijau memiliki rasa yang lebih pahit. Jenis dedaunan ini cocok untuk: green salad, sandwich, garnish makanan, dan bahan campuran canape. 

Selada Rocket
Yuk, buat green salad dengan daun arugula. (Foto: Shutterstock)

Mesclun

Atau mixed salad yang merupakan perpaduan dari beberapa jenis salad. Biasanya mesclun terdiri dari beberapa jenis daun selada seperti lollo rosso, boston, arugula, red lollo rosso, chicory, dan spinach.

mesclun leaves
Biasanya mesclun banyak tersedia si supermarket premium. (Foto: Shutterstock)

Sudah siap dengan daftar belanja sayurmu? Mari kita buat salad untuk malam ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.