5 Resep Masak Jamur Sedap dan Mudah Sesuai Jenisnya

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Juli 2, 2020

Jamur jadi salah satu jenis sayuran yang bisa diolah dengan banyak cara, mulai dari ditumis, digoreng, hingga direbus. Ada aneka resep masak jamur yang bisa dicoba, sesuai dengan jenis jamur yang kamu punya di rumah.

Berbeda jenis, beda pula jenis masakan yang cocok. Misalnya saja untuk jamur crispy yang lebih cocok menggunakan jamur tiram. Nah, agar tak salah pilih, berikut lima resep masak jamur yang bisa kamu pilih sesuai jenisnya, ya!

1. Jamur tiram

Jamur tiram jadi salah satu jenis jamur yang paling mudah didapatkan. Bentuknya lebar seperti payung tapi pipih. Warnanya putih dan teksturnya lembut. Tak hanya mudah didapatkan, kamu juga bisa mencoba aneka resep masak jamur tiram, mulai dari dari tumis jamur hingga jamur crispy.

Agar lebih spesial, kamu bisa mencoba membuat resep jamur crispy dengan saus Padang. Olahan ini bisa disajikan di sore hari sebagai camilan, atau jamuan saat ada acara nge-teh sore. Simak resep jamur crispy saus Padang ini!

2. Jamur shiitake

Semangkuk sapo tahu jamur di atas napkin cokelat.
Sapo tahu dengan tiga varian jamur yang lezat. (Foto: MAHI)

Jamur shiitake berasal dari Asia Timur. Bentuknya mirip sekali dengan payung dan berwarna kecokelatan. Tak hanya bisa menjadi makanan sehari-hari, jamur shiitake juga dipercaya sebagai tanaman obat.

Salah satu resep makanan yang bisa kamu hadirkan adalah sapo tahu tiga jamur. Hidangan yang kerap disajikan di restoran Peranakan ini tidak terlalu sulit untuk dicoba di rumah. Simak resep sapo tahu tiga jamur ini dan hidangkan dengan nasi hangat!

3. Resep masak jamur kancing

Jamur kancing atau champignon berbentuk payung agak bulat seperti kancing. Biasanya jamur kancing berwarna putih atau krem muda. Jenis jamur ini juga cukup mudah ditemukan. Konon katanya, ini merupakan jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia.

Dibanding jenis jamur lain, jamur kancing punya tekstur yang padat dan tidak mudah hancur. Jamur ini sering jadi pilihan untuk mushroom sauce pada pasta atau steak. Kamu juga bisa berimprovisasi membuat risoles isi jamur kancing yang lezat. Resep risoles satu ini bisa kamu ikuti.

4. Jamur shimeji

capcay jamur shimeji
Capcay yang selalu istimewa kini menjadi lebih spesial berkat jamur shimeji. (Foto: Lina Tjoandra)

Jamur shimeji berasal dari Jepang. Tangkai jamur berukuran lebih panjang dari jamur lainnya dan lebih tipis. Bentuk payungnya pun lebih kecil dan menjadikannya mudah dikenali. Ada dua tipe yaitu yang berwarna cokelat dan juga putih.

Jenis jamur ini juga bisa diracik jadi beragam menu dan salah satunya adalah capcay. Ya, jika biasanya capcay terdiri dari beragam sayuran, kamu juga bisa berkreasi menggunakan jamur shimeji sebagai pemeran utamanya. Lihat resep capcay jamur shimeji yang mudah diikuti ini!

5. Jamur kuping

Siapa yang tak kenal jamur kuping? Jamur berwarna cokelat yang memang menyerupai kuping ini sering hadir dalam masakan Indonesia. Jamur kuping punya tekstur yang lebih chewy sekaligus renyah dibanding jamur lainnya.

Salah satu resep masak jamur yang bisa kamu coba adalah tumis sawi jamur. Perpaduan dua sayuran tersebut memiliki harmoni yang cocok di lidah orang Indonesia. Cara membuatnya pun cukup praktis, lho, bisa dicoba oleh pemula. Simak resep tumis sawi jamur ini!

Memasak jamur jadi tak perlu bingung lagi. Kamu bisa berkreasi membuat aneka menu dengan pilihan resep dari MAHI. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.