6 Olahan Ayam untuk Sahur dan Buka Puasa - MAHI

6 Olahan Ayam Lezat Praktis untuk Sahur dan Buka Puasa

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|April 15, 2022

Daging ayam adalah sahabat sejati semua orang. Mudah didapat, mudah diolah, dan murah di kantung. Buat kamu yang mulai kehabisan ide untuk masakan sahur dan berbuka puasa, ada aneka olahan ayam yang wajib coba. Semuanya mudah untuk dibuat dan praktis untuk keseharian kamu selama bulan puasa!

Nah, baik untuk menu sahur dan berbuka puasa, kamu bisa menyempatkan membuat semuanya saat ngabuburit. Jadi saat dini hari tiba, cukup menghangatkan saja masakan yang sudah kamu buat dan makan sahur jadi lebih praktis. Ayo, dicek dulu resep-resepnya berikut ini, ya!

Olahan ayam untuk sahur

1. Chicken teriyaki

Untuk resep chicken teriyaki, kamu tak perlu membayangkan segala keribetan dari proses masak ataupun membuat saus dari bahan-bahan tradisional yang belum tentu mudah didapatkan. Kamu bisa mengakalinya dengan cara yang simpel dan tak kalah lezatnya. Pertama, ayam tak perlu dipanggang, cukup ditumis saja dengan sedikit minyak. Masak dahulu daging ayam dengan tumisan bawang putih dan jahe, lalu jangan lupa untuk dibumbui. Untuk “saus teriyaki“-nya kamu bisa menggunakan kombinasi Royco Saus Tiram dan Bango Kecap Manis. Rasa gurih dan manis legit berpadu dengan daging ayam, jamur, bawang bombay, dan paprika. Lezat!

2. Opor ayam Jawa

Kali ini Masak Apa Hari Ini ingin membagikan resep opor ayam Jawa dengan kuah kuning. Supaya nggak ribet, gunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Opor Ayam Khas Cepu, bumbu siap pakai yang mempersingkat waktu masak kamu di dapur. Apalagi saat Ramadan, bisa jadi kamu memanaskan sisa masakan buka puasa, bukan? Maklum, kadang tak sempat memasak untuk sahur. Saatnya untuk menyajikan masakan segar dengan bantuan bumbu siap pakai!

3. Capcay ayam dan sayuran

Hasil masak resep capcay sayuran disajikan dalam piring hitam.
Siapapun kini bisa memasak capcay seenak di restoran! (Foto: MAHI)

Resep capcay adalah pilihan tepat untuk disajikan sebagai menu sahur. Mengapa? Aneka macam bahan yang ditumis ini masih terjaga gizinya, berbeda bila dimasak dengan cara lain seperti digoreng atau direbus. Proses tumis yang cepat dan minim minyak adalah salah satu alternatif hidup sehat, gaes! Apalagi kalau kita gemar berkreasi dengan banyak menu yang menggunakan bahan makanan kaya gizi seperti resep capcay ini. Dengan hidangan ini, kamu akan menikmati sahur yang berselera sekaligus kaya akan energi!

Olahan ayam untuk buka puasa

4. Shawarma

Baik resep shawarma daging sapi atau daging ayam, salah satu trik untuk membuat dagingnya lembut tanpa harus berlama-lama memanggang adalah memarinasinya dengan yoghurt. Diamkan dalam kulkas setidaknya selama 1 jam dan panggang hingga matang. Daging jadi lebih lembut dan bumbu marinasi yang lain membuat cita rasa daging gurih berempah seperti shawarma versi restoran. Kemudian, gunakan roti pita atau roti Arab yang bisa kamu dapat di toko yang menjual bahan masakan Arab.

Bila tak ada, gunakan tortilla bread atau roti tortilla. Selain daging panggang, salah satu ciri khas sandwich ini adalah garlic sauce. Saus bawang putih ini berbahan utama dari minyak zaitun, bawang putih, dan air jeruk lemon. Untuk menyiasatinya agar lebih praktis, racik garlic sauce dari kombinasi mayones dan bawang putih yang dihaluskan.

5. Mie nyemek khas Jogja

Seporsi hasil masak resep mie nyemek ayam sayuran.
Buat penggemar bakmi Jogja, jangan sampai ketinggalan dengan resep ini! (Foto: MAHI)

Untuk bakmi khas Jawa, pastinya harus mengunakan jenis mie telur berwarna kuning, boleh yang pipih ataupun yang berbentuk silinder. Untuk daging ayamnya bisa diiris ataupun disuwir. Agar lengkap sayurnya, gunakan kembang kol dan sawi, daun bawang, serta tomat. Jangan lupa tambahkan bakso sapi dan telur ayam. Untuk cara memasak mie nyemek, jumlah air yang dituang tidak sebanyak bakmi rebus tentunya, tapi proses memasaknya kurang lebih sama.

6. Ayam saus tiram

Untuk resep ayam saus tiram ini, gunakan filet daging ayam agar lebih praktis. Mengapa? Lebih mudah diolah dan lebih cepat proses memasaknya! Pastikan untuk menggunakan daging bagian paha agar lebih juicy saat dinikmati. Bagian dada memang lebih sehat karena minim lemak, namun agar lebih lezat, sekali-sekali tak apa menggunakan bagian yang lebih berlemak, bukan? Sebagai sausnya, gunakan Royco Saus Tiram dan sedikit Bango Kecap Manis. Perpaduan di antara keduanya menghasilkan rasa manis gurih yang akan meresap bersama ayam dan mengental berkat larutan tepung maizena. Sajikan selagi hangat bersama nasi dan lauk atapun sayur lainnya!

Bagaimana dengan pilihan olahan ayam untuk sahur dan berbuka puasa kali ini? Pastinya, kamu lebih pede di dapur untuk mencoba olahan ayam ini dan menyiapkannya untuk keluarga. Terakhir, jangan lupa untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.