Inilah Beragam Sarapan Sehat dari Mancanegara yang Semakin Populer

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Oktober 24, 2018

Menu sarapan sehat khas Indonesia biasanya berkisar antara bubur ayam atau nasi tim. Selain nasi, orang Indonesia juga menyantap olahan tepung beras sebagai sajian sarapan pagi, misalnya serabi atau macam-macam bubur dan kue-kue.

Bagaimana dengan di mancanegara? Seperti halnya Indonesia, setiap negara punya keunikan pada menu sarapan sehat mereka. Bukan hanya disukai oleh negara asalnya, banyak sajian sarapan asing ini juga semakin mudah ditemukan di Indonesia. Tidak hanya itu, beberapa di antaranya mudah juga untuk dimasak di rumah. Berikut adalah diantaranya yang paling populer:

Pancake

Kita tentunya sudah akrab dengan sajian sarapan gaya Barat ini. Dengan bahan yang mudah didapat dan juga mudah cara membuatnya, kita bisa membuat pancake kapan saja. Meski pancake siap pakai banyak berada di pasaran, kita juga dapat meracik adonan pancake sendiri hanya dengan bermodalkan tepung terigu, telur, susu cair, dan baking powder.

sarapan sehat berupa pancake dengan isian sayuran dan kacang-kacangan.
Tidak hanya cita rasa manis, pancake juga bisa disajikan sebagasi hidangan gurih. Tidak jarang bahkan pancake dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang menyehatkan. (Foto: Shutterstock)

Spanish Omelette

Spanish omelette adalah nama beken dari tortilla de patatas, yaitu dadar telur isi kentang.  Meski di negara asalnya, yaitu Spanyol, hidangan ini lebih banyak disajikan sebagai bekal atau disajikan dalam porsi kecil sebagai snack. Tapi di hotel-hotel berbintang, Spanish omelette juga disajikan sebagai salah satu menu sarapan. Kita bisa membuatnya sendiri dengan mencampur telur kocok, kentang matang, dan Royco Kaldu Ayam ke dalam tumisan bawang bombay. Selanjutnya? Cukup dadar saja hingga matang.

Spanish omelette dengan tomat ceri, sarapan sehat untuk keluarga
Kita juga bisa memadukan isi telur dadar asal Spanyol ini dengan sayuran. (Foto: Shutterstock)

Tamagoyaki

Kalau kita pernah mengunjungi pasar-pasar di Jepang saat pagi hari, kita pasti akan melihat kedai-kedai yang menyajikan tamagoyaki – dadar telur khas Jepang ini sangat mendunia. Kalau ingin membuatnya, kita wajib memiliki wajan persegi yang memang diperuntukkan untuk membuat sajian ini. Sebelum melihatnya, kita mesti menyimak cara melipat tamagoyaki untuk menghasilkan telur dadar Jepang yang rapi. Butuh berlatih beberapa kali agar bisa mendalaminya, namun dijamin nanti kita bisa berbangga menunjukkan kemampuan memasak yang semakin hebat!

ide sarapan sehat dari Jepang berupa tamagoyaki dengan sentuhan daun aromatik.
Kedai sarapan pagi di Jepang kerap diramaikan dengan menu tamagoyaki. (Foto: Shutterstock)

Pho

Noodle soup khas Vietnam ini memang sangat sedap dan juga mengenyangkan. Sebagai pengganti mi jenis pho, gunakan kwetiau kering yang berukuran tipis, atau kita bisa mendapat kwetiau kering untuk pho di supermarket yang banyak menjual bahan impor. Racik kaldu sapi menggunakan tulang dan daging sapi dengan bumbu dan Royco Kaldu Sapi. Jangan lupa menyertakan dedaunan aromatik seperti lime basil, cilantro, dan jeruk nipis untuk membuatnya rasanya semakin mantap.

Pho dengan kaldu sapi, sarapan sehat khas Vietnam
Semangkuk pho adalah sarapan pagi wajib di Vietnam. (Foto: Shutterstock)

French Toast 

Adalah potongan roti tawar yang direndam dengan susu, telur, dan kayu manis bubuk, lalu dimasak dengan mentega. Kita pasti sudah akrab dengan hidangan sarapan populer ini. French toast sangat umum disajikan sebagai sarapan di restoran bergaya Barat atau di hotel-hotel. Umumnya French toast disajikan sebagai hidangan manis dengan madu dan buah-buahan. Ada juga juga versi gurih, yakni menyajikan French toast sebagai sandwich dengan isian keju dan daging asap.

sarapan sehat kekinian berupa French toast dengan buah-buahan
Coba bikin French toast sendiri, yuk!

Dari daftar sarapan sehat internasional di atas, kira-kira mana yang akan kita buat untuk sarapan esok hari?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.