7 Menu Sahur Sederhana dan Bebas Ribet - MAHI

7 Menu Sahur Sederhana dan Bebas Ribet

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|April 9, 2022

Mungkin ada kalanya kamu bangun untuk santap sahur sedikit terlambat dari biasanya. Begitupun ada masanya kamu nggak ingin terlalu ribet di dapur. Harapannya, sih, dalam waktu singkat makanan tersedia lengkap, hangat, dan siap santap tanpa harus waswas imsak datang terlalu cepat. Berarti beberapa menu sahur sederhana dan enak berikut ini layak untuk dicoba!

Untuk melengkapi pengalaman sahur kamu yang sederhana, pastinya lebih nikmat dan berisi bila dipadukan juga dengan minuman yang akan menambah energi puasamu. Yuk, coba semua menu ini di bulan Ramadan!

Ide-ide menu sahur sederhana

1. Chicken teriyaki

Kelebihan masakan gaya Jepang adalah bumbu yang minimalis, proses masak yang tidak ribet, tapi bisa menghasilkan cita rasa manis gurih yang meresap. Itulah sebabnya kamu perlu mencoba menu sahur sederhana berupa chicken teriyaki yang satu ini! Di pagi hari, kamu cukup menyiapkan filet dada ayam tanpa kulit, potong-potong kotak memanjang. Kemudian potong-potong juga jamur, paprika, dan bawang bombay. Tumis bawang putih dan jahe, masak ayam dan bumbui dengan garam, merica, Royco Saus Tiram, dan Bango Kecap Manis. Terakhir, masukkan sayuran dan masak hingga matang. Selesai!

2. Nasi goreng tek-tek

Rasanya sahur tidak lengkap kalau tidak pernah tersaji yang namanya nasi goreng tek-tek. Agar praktis, kamu bisa siapkan beberapa hal sebelum tidur. Pertama adalah olahan bumbu halus berupa campuran bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai, dan garam. Kemudian, simpan nasi kemarin dalam kulkas dalam kondisi terbuka. Saat sahur, remas-remas dengan tangan agar nasi menjadi butiran terpisah. Masak telur mata sapi atau telur dadar terlebih dahulu, baru olah tumis bumbu halus. Padukan tumisan tersebut dengan nasi putih dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam, Bango Kecap Manis Hitam Gurih, dan bubuhi daun bawang. Praktis!

3. Sosis goreng asam manis

Cara memasak sosis goreng asam manis sangat cepat dan mudah. Pertama, goreng sosis seperti biasa hingga merekah dan tiriskan. Kemudian siapkan saus asam manis yang kental dari paduan saus tomat dan bawang bombay. Terakhir, campurkan sosis dengan saus asam manis dan aduk-aduk hingga merata. Sajikan dengan nasi putih hangat saja sudah lebih dari cukup rasanya. Ingin lebih enak lagi? Mungkin kamu tertarik mencoba memadukannya dengan telur omelet gaya hotel!

Ide minuman praktis saat sahur

4. Wedang rempah madu

Diracik dari rempah dan cita rasa istimewa dari SariWangi Teh Asli, wedang rempah madu ini bisa membantu menghangatkan tubuhmu berkat kehadiran jahe, serai, cengkih, dan kayu manis. Dengan tambahan madu, racikan wedang semakin berkhasiat! Manfaatnya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh kamu apalagi ketika harus menahan lapar dan haus seharian. Minuman hangat ini juga sangat praktis untuk dibuat jadi nggak ada alasan untuk tidak menyiapkannya, ya!

5. Tiga resep teh hangat spesial

Bukan hanya satu, kali ini ada tiga resep teh hangat sekaligus yang bisa kamu coba di pagi hari untuk menyemangati harimu di bulan Ramadan. Pertama ada resep teh jahe serai, kemudian ada teh pandan kapulaga, dan terakhir adalah teh lemon. Tambahkan madu pada semua resep teh ini agak menambah khasiatnya. Selain menghangatkan saat sahur, berbagai keutamaan dari teh, rempah, dan buah lemon akan menjadikanmu lebih bersemangat menghadapi puasa hari ini. Jangan lupa untuk seduh lebih banyak agar keluarga di rumah bisa menikmatinya.

Sahur ataupun berbuka puasa bakal lebih menyegarkan dengan kehadiran ketiga resep teh hangat ini. Pastikan juga untuk cek resep-resep minuman lainnya di bagian resep, lalu jangan lupa untuk follow dan like akun Instagram Masak Apa Hari Iniya! Di sana kamu bisa bertanya apa saja dan juga request resep!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.