4 Menu Buka Puasa dan Sahur Praktis di Rumah - MAHI

4 Menu Buka Puasa dan Sahur Enak dan Bebas Ribet

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Februari 19, 2022

Menjelang waktu berbuka puasa, rasa lapar dan haus semakin susah dibendung. Ditambah lagi dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Apakah kamu punya cukup waktu untuk memasak menu buka puasa dan sahur bagi keluarga? Nah, salah satu tipsnya adalah memilih masakan yang praktis dan tidak membutuhkan waktu berlam-lama di dapur. Dengan bantuan bumbu siap pakai dari Bango Bumbu Kuliner Nusantara, Royco Saus Tiram, dan Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin, kamu bisa menyajikan santapan enak dan praktis untuk menu buka puasa dan sahur di rumah.

Yuk, kita simak beberapa inspirasi menu buka puasa dan sahur yang mengenyangkan dan juga kaya protein. Cocok untuk menambah energi supaya kamu dan keluarga lebih semangat berpuasa keesokan harinya!

1. Opor Ayam Khas Cepu, menu buka puasa dan sahur

Sajikan opor ayam khas Cepu sebagai menu andalan minggu ini.
Opor ayam khas Cepu untuk pilihan menu buka puasa dan sahur yang praktis untuk keluarga. (Foto: MAHI)

Tidak perlu menunggu sampai Idul Fitri, kamu dan keluarga bisa menyantap opor ayam di sebagai menu buka puasa dan sahur. Enak disantap dengan nasi putih maupun lontong. Bahkan, kamu bisa memasaknya sebelum berbuka puasa, lalu memanaskannya lagi ketika ingin sahur. Daging ayam akan tetap terasa empuk, ditambah lagi hangatnya kuah santan opor yang pedas dan gurih khas Cepu, Jawa Timur.

Cara memasaknya mudah, kok, hanya membutuhkan 35 menit saja. Proses memasaknya juga semakin cepat karena menggunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Opor Ayam Khas Cepu. Racikan bumbu ini terbuat dari kunyit, ketumbar, merica, lengkuas, dan serai. Selagi menunggu opor ayam matang sempurna, kamu bisa melanjutkan aktivitas alias multitasking. Kalau suka pedas, tambahkan lagi potongan cabai merah atau cabai rawit sesuai selera.

2. Ayam Saus Tiram dan Jamur, praktis untuk kapan saja

Ayam Saus Tiram produk
Saatnya memasak Ayam Saus Tiram yang praktis untuk menu buka puasa dan sahur. (Foto: MAHI)

Ingin makan kenyang tanpa merasa begah? Menu ayam saus tiram ini bisa jadi andalan kamu yang bingung mau masak apa untuk berbuka atau sahur. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat dan mungkin sudah tersedia di rumah.

Untuk membuat resep ini, kamu membutuhkan daging ayam, merica, bawang putih, tepung maizena, jahe, cabai merah, margarin, dan tentu saja saus tiram. Supaya rasa manisnya seimbang dengan rasa gurih dari saus tiram, tambahkan juga kecap manis, ya.

Nah, jangan lupa tambahkan jamur kancing sebagai pelengkap masakan. Jamur kancing kaya protein serta rendah lemak dan kalori. Jika ingin lebih sehat, kamu bisa memilih potongan dada ayam.

Yuk, simak resep lengkap ayam saus tiram jamur kancing untuk berbuka dan sahur!

3. Udang Goreng Saus Telur Asin, menu yang selalu kekinian

Oseng udang telur asin tersaji dalam piring putih dan disandingkan dengan bawang putih.
Oseng udang telur asin cocok dengan teman nasi hangat. (Foto: MAHI)

Menu yang laris manis di restoran seafood ini bisa kamu jadikan menu buka puasa dan sahur di rumah. Sekarang, kamu bisa menikmati hidangan ini tanpa harus mengantre panjang di restoran. Tidak perlu takut karena cara membuatnya hampir sama seperti resep udang goreng tepung pada umumnya. Primadona dari resep ini adalah saus telur asin atau salted egg yang begitu lembut di mulut.

Selanjutnya, tambahkan daun kari dan cabai rawit ke dalam saus telur asin. Tujuannya supaya rasa dari telur asin tidak overpowering, sehingga tidak terasa enek walau disantap dalam porsi banyak. Satu tips lagi, nih, buat kamu. Pilih udang berukuran sedang hingga besar agar teksturnya tetap juicy ketika digoreng.

4. Ayam Krispi Saus Telur Asin, tak kalah enak dengan udang

Seporsi ikan dori salted egg tersaji di atas napkin dan meja kayu.
Sepiring ikan dore salut saus telur asin untuk menu buka puasa. (Foto: MAHI)

Saus telur asin cocok untuk dipadukan dengan berbagai hidangan, mulai dari ikan dori, udang, sampai ayam goreng. Supaya lebih praktis, Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin siap membantu mempersingkat waktu memasak di dapur. Terbuat dari 100% bumbu alami, saus telur asin punya cita rasa gurih yang pas tanpa bau menyengat. Coba resep Ikan Dori Goreng Saus Telur Asin ini sebagai salah satu menu praktis di bulan Ramadan.

Nah, sudah menentukan menu mana yang akan dibuat untuk hari ini? Jadikan momen puasa sebagai momen hangat bersama keluarga dengan menyajikan masakan rumahan. Intip juga resep dessert dan takjil lainnya yang menyegarkan. Supaya tak ketinggalan soal info resep-resep terbaru, ikuti juga akun instagram Masak Apa Hari Ini, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.