Inilah Koleksi Masakan Tradisional Banten yang Pasti Disukai Penggemar Rasa Pedas

Simpan ke bagian favorit

Wina|November 16, 2018

Apa saja masakan tradisional Banten yang kamu ketahui? Satai bandeng contohnya telah dikenal sejak dulu sebagai oleh-oleh kalau mengunjungi provinsi ini. Tetapi begitu banyak masakan tradisional Banten lainnya yang unik dan wajib dicoba. Kabar baik bagi penyuka rasa pedas, kuliner khas Banten biasanya memiliki cita rasa pedas berbumbu.

Kalau dilihat sekilas, ada banyak kemiripan di antara kuliner khas provinsi Banten dengan suku Betawi serta Sunda. Hal ini dikarenakan banyak sekali masyarakat suku Betawi yang juga bermukim di kawasan Tangerang dan begitu juga karena dulunya provinsi Banten merupakan bagian dari Jawa Barat.

Buat kamu yang suka dengan rasa pedas, aku memilihkan beberapa makanan khas Banten yang pasti kamu suka. Inilah beberapa di antaranya:

Satai Bebek

masakan tradisional banten satai bebek di atas bara api
Indonesia adalah gudangnya satai, ada banyak variasi satai dengan segala keunikannya. (Foto: Shutterstock)

Satai bebek juga tidak kalah populernya dengan satai bandeng dari kota Serang. Awalnya, aku sempat ragu menyicip karena kesan daging bebek yang keras dan juga berbau sehingga tak cocok jika dimasak sebagai satai. Ternyata saking enaknya, begitu banyak yang menjajakan satai bebek di kota ini dengan ciri khas yang berbeda-beda di setiap kedainya. Ada yang menggunakan bumbu kacang pedas saja. Tapi beberapa yang lain justru membumbui satainya dengan bumbu perendam yang sudah memiliki cita rasa pedas.

Gerem Asem

Masakan merupakan sup berkuah yang memiliki cita rasa asam pedas, persis seperti garang asem. Namanya yang mirip mengindikasikan kemiripan dengan masakan khas Jawa Tengah itu. Hanya saja gerem asem rasa pedasnya lebih nyata karena cabai merupakan bagian utama dari bumbu halusnya. Gerem asem dengan bahan dasar daging bebek adalah kesukaan banyak sekali masyarakat Banten, termasuk juga kaum pendatang. Mereka rela jauh-jauh datang hanya untuk menikmati gerem asem bebek!

Ketan Bintul

Penampilan dan rasa ketan bintul hampir sama dengan ketan serundeng yang biasa jadi menu sarapan di Jakarta. Ketan serundeng biasanya dibuat oleh suku Betawi di ibu kota. Selain itu mereka juga menyajikan ketan dengan taburan kelapa putih sebagai pilihan sarapan. Warna ketan bintul umumnya lebih merah karena masyarakat Banten lebih menyukai rasa pedas. Sehingga wajar saja jika ketan serundeng versi Banten ini lebih bercita rasa pedas gurih ketimbang versi Betawi Jakarta yang memiliki sentuhan rasa manis.

masakan tradisional banten berupa ketan serundeng pedas
Di Banten, ketan serundeng disebut ketan bintul. (Foto: Shutterstock)

Ayam Seraki

Masakan yang rasanya seperti gulai pedas tanpa santan ini aku rekomendasikan bagi kamu yang sedang diet. Selain menggunakan daging ayam kampung, ayam seraki juga tidak digoreng sehingga pas sekali dijadikan sebagai ide menu diet. Bumbu merah yang pedas disertai serai, lengkuas, dan asam jawa membuat cita rasa ayam seraki sangat mantap. Pantas saja menu ini kerap dijadikan favorit masyarakat Banten!

Buat kamu penyuka pedas, yuk mulai icip satu persatu masakan tradisional Banten yang akan semakin memperkaya lidahmu. Jangan lupa terakhir untuk cek bagian resep di MAHI untuk rencana masak kamu di rumah akhir pekan ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.