Jenis Masakan


Masak Apa Hari Ini yang Enak dan Mudah? Simak Pilihan Resep Ini!

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Juni 6, 2020

Masak apa hari ini yang enak dan mudah? Pertanyaan ini seringkali hinggap setiap pagi. Apalagi jika kita masak tiap hari, ada kalanya kita bosan dengan menu yang itu-itu saja. Ingin rasanyamencoba menu baru yang tetap lezat tapi praktis dibuat.

Kemudahan memasak mungkin levelnya berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, kepraktisannya bisa kita nilai dari waktu memasak serta tahapannya. Bahan masakan juga memegang peranan penting dalam kemudahan memasak. Misalnya saja daging ayam jauh lebih mudah untuk empuk dibandingkan sengkel sapi.

Untuk itu, kali ini aku akan berbagi menu masak apa hari ini yang enak dan mudah berdasarkan bahan utamanya. Mulai dari sayuran hingga daging sapi, menu praktis apa yang bisa kita buat?

1. Sayuran

Hampir semua sayuran bisa dimasak dalam waktu yang relatif cepat. Hal ini karena sayuran mudah layu. Bahkan, sayuran akan tidak enak jika kelamaan dimasak. Kamu punya banyak pilihan untuk membuat menu sayuran, mulai dari aneka tumisan, sop, dan sayur bening.

Aku punya banyak resep sayuran untuk dicoba. Salah satu resep paling mudah adalah tumis kailan yang hanya terbuat dari tiga bahan utama saja. Kamu juga bisa membuat tumis taoge yang lezat dengan waktu kurang dari 30 menit.

2. Ayam

Masak apa hari ini? Chicken pop corn di atas piring kayu dengan garnish dan saus.
Chicken popcorn, resep yang cocok untuk pemula. (Foto: Shutterstock)

Untuk protein hewani, daging ayam seringkali jadi pilihan untuk dimasak. Cara mengolahnya yang tidak ribet, proses pematangan yang cenderung cepat, serta rasa yang lezat, membuat daging ayam jadi favorit keluarga di rumah.

Daging ayam bisa diolah ke dalam beragam menu, mulai dari yang sederhana hingga membutuhkan waktu berjam-jam. Salah satu menu ayam paling praktis yang bisa dicoba adalah chicken popcorn dan sop ayam. Keduanya hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit lho untuk dibuat. Yuk, kita coba!

3. Tahu

Satu piring tahu masak kecap dia tas napkin cokelat.
Sajian tahu bumbu kecap yang mudah dibuat. (Foto: Shutterstock)

Berbicara makanan praktis khas Indonesia, rasanya tak bisa lepas dari tahu. Olahan kedelai ini memang cukup fleksibel dibuat jadi masakan apa saja, mulai dari direbus, digoreng, hingga dipanggang. Rasanya memang tidak terlalu kuat, tapi justru memberikan kita kebebasan untuk mengolahnya jadi apa saja serta menyandingkannya dengan makanan apa saja.

Salah satu resep yang cukup mudah untuk dibuat adalah semur tahu. Bumbu semur khas Indonesia ini memang bisa kita olah dengan beragam jenis protein, mulai dari ayam, daging hingga tahu. Intip resep semur tahu yang mudah dibuat ini!

4. Tempe

Masak apa hari ini yang enak dan mudah untuk tempe? Nah, selain tahu, tempe juga jadi olahan kedelai favoritnya orang Indonesia. Tempe yang juga padat nutrisi ini punya banyak cara untuk diolah, mulai ditumis, digoreng kering, hingga dibuat gulai. Tempe bisa diolah menjadi menu utama maupun pendamping.

Olahan tempe apa yang kamu suka? Kita bisa mulai dari yang sederhana dulu, seperti tempe goreng, tempe tepung, atau tempe koin. Ya, tempe koin adalah nama lain dari perkedel tempe yang punya rasa unik. Lihat resep tempe koin ini dan sajikan saat hangat, ya!

5. Daging Sapi

Tak semua olahan daging sapi itu sulit dibuat. Empuknya daging sapi bergantung pada potongan hingga kualitas dagingnya. Biasanya, daging sapi dari bagian kaki depan lebih alot karena didominasi oleh otot. Berbeda dengan daging bagian has dalam yang minim lemak dan lebih cepat empuk ketika dimasak.

Jika ingin memasak daging sapi dengan lebih praktis, pilih daging bagian has dalam. Ada beberapa menu yang bisa dibuat seperti tumis daging sapi saus bawang atau tumis daging sengkel yang lezat. Lihat aneka resep daging pilihanku.

Demikian pilihan bahan dan resep untuk menjawab pertanyaan masak apa hari ini yang enak dan mudah. Dengan bahan yang tersedia, kamu tetap bisa memasak hidangan lezat dan praktis.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.