Suka dengan Tumis Kacang Panjang? Ketahui Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Desember 24, 2018

Kamu menyukai tumis kacang panjang? Sayuran yang murah meriah dan tak mengenal musim ini jarang dilirik sebagai favorit, padahal ada segudang manfaat kacang panjang yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Berikut adalah di antaranya.

1. Mengandung zat besi

Kandungan zat besi pada kacang panjang membuatnya mampu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mendistribusikannya secara maksimal. Dengan demikian, tubuh akan lebih terjaga staminanya meski sedang banyak beraktivitas. Selain itu zat besi juga sangat penting untuk melancarkan peredaran darah dan membentuk sel darah merah.

tumis tempe kacang panjang kecap
Tumis Tempe Kacang Panjang Kecap cocok buat menu makan siang atau malam. (Foto: MAHI)

2. Mengandung anti oksidan

Kamu pasti tahu fungsi terpenting dari anti oksidan. Kandungan anti kanker dalam kacang panjang dapat menurunkan resiko kanker. Anti oksidan memiliki fungsi menguatkan sistem imun tubuh kita.

3. Mengandung asam folat

Inilah vitamin yang sangat penting bagi ibu hamil. Ditemukan pada buah-buahan dan sayuran, asam folat dalam bentuk suplemen biasanya dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung demi mengurangi risiko cacat pada janin.

4. Pereda nyeri

Kacang panjang mampu memberikan efek analgesik atau meredakan nyeri pada tubuh. Cocok juga untuk dikonsumsi kacang panjang di saat sedang haid. Kandungan di dalamnya mampu meredakan kram perut yang terjadi saat sedang datang bulan.

Arsik dengan kacang panjang.
Ciri khas arsik adalah wajib mengandung andaliman, kecombrang, dan asam cikala. (Foto: Shutterstock)

5. Menjaga kesehatan jantung

Kacang ternyata juga dapat mengurangi risiko stroke dan menjaga kesehatan jantung. Kacang panjang memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, kacang panjang juga diketahui dapat melancarkan peredaran darah. Tidak heran jika kacang panjang disebut-sebut sebagai makanan yang sangat menyehatkan.

6. Mengandung vitamin C dan polifenol

Manfaat kacang panjang yang sangat penting juga adalah kandungan vitamin C dan polifenol. Bagi kaum perempuan, vitamin C penting untuk merawat kulit agar tetap sehat dan juga membuat terlihat cerah. Manfaat lain dalam kacang panjang yang tak kalah pentingnya adalah kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan natrium.

Dengan segudang manfaat yang baru kusebutkan tadi, pastinya kamu akan semakin semangat dalam mengonsumsi tumis kacang panjang. Sebagai informasi tambahan, sayuran hijau seperti kacang panjang janganlah terlalu berlama-lama mengolahnya sebab vitamin dalam sayuran rata-rata larut dalam lemak sehingga tak butuh waktu lama untuk membuatnya matang. Sebaliknya, kamu akan kehilangan vitamin dalam sayuran jika memasaknya terlalu lama. Kacang panjang juga baik dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau dipadukan bersama sayuran lain.

Coba juga beberapa inspirasi hidangan yang mengandung banyak kacang panjang seperti Tumis Tempe Kacang Panjang ataupun Urap Sayur dan Arsik Ikan Mas. Yuk, kita masak kacang panjang!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.