Jenis Masakan


7 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Mei 6, 2020

Siapa yang tak kenal tomat? Makanan yang sering disebut buah dan sayur sekaligus ini bisa kita temukan di berbagai negara. Tomat bisa diolah menjadi makanan maupun minuman. Salah satunya adalah jus tomat. Ada ragam manfaat jus tomat yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

Tomat kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan vitamin K. Salah satu kandungan yang paling penting pada tomat adalah likopen yakni pigmen yang memberikan warna merah.

Nah, kandungan likopen pada tomat justru akan lebih tinggi ketika tomat diolah baik itu dimasak maupun dijus. Seperti apa pengaruh likopen dan manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini!

1. Menjaga kesehatan mata

Tomat mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga fungsi penglihatan kita Selain itu, likopen pada tomat juga dapat membantu mencegah katarak serta kebutaan pada lansia jika dikonsumsi secara rutin.

2. Menjaga kesehatan tulang

Tumpukan tomat segar
Ragam manfaat yang bisa kita dapatkan dari jus tomat. (Foto: Shutterstock)

Kandungan vitamin D pada tomat dapat membantu menjaga kekuatan tulang pada tubuh. Fungsi ini juga didukung oleh keberadaan likopen. Likopen membantu mencegah kerusakan jaringan pada tulang sehingga lebih padat dan kuat.

3. Merawat kesehatan kulit

Manfaat jus tomat selanjutnya yang bisa kita dapatkan adalah perlindungan kulit dari radikal bebas atau paparan sinar UVA dari matahari. Manfaat ini juga kita dapatkan dari pigmen likopen, lho. Likopen juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

4. Manfaat jus tomat membantu menurunkan kolesterol

Tangan mengiris tomat dengan pisau
Pilih tomat segar untuk dibuat jus. (Foto: Shutterstock)

Jus tomat juga dapat membatu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal, disarankan untuk meminum dua gelas jus tomat per hari. Kandungan vitamin B pada tomat juga membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Mendetoks tubuh

Manfaat jus tomat bagi tubuh selanjutnya adalah untuk detoksifikasi. Kandungan klorin dan sulfur pada tomat membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsi hati sehingga proses pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh menjadi lebih lancar.

6. Melancarkan pencernaan

Tomat juga kaya akan serat yang membantu proses pencernaan dalam tubuh. Untuk itu, tomat seringkali direkomendasikan untuk para pelaku diet karena ia membantu mengatasi penumpukan lemak pada tubuh.

7. Mengurangi resiko kanker

Kandungan likopen pada tomat membantu mencegah kerusakan pada sel-sel dalam tubuh hingga mencegah berkebangnya sel kanker. Sebuah studi menyebut bahwa konsumsi likopen termasuk tomat dapat menurunkan risiko kanker paru-paru dan kanker prostat.

Demikian manfaat jus tomat yang dapat kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Namun, pastikan kamu juga tidak meminum jus tomat secara berlebihan ya karena kandungan sodium yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk mereka yang sedang melakukan diet garam.

Yuk, lihat juga resep-resep makanan menggunakan tomat yang bisa kamu coba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.