Jenis Masakan


5 Makanan Sehat Ibu Hamil di Trimester Pertama yang Wajib Kamu Tahu

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Februari 11, 2020

Hamil trimester pertama kadang menjadi saat-saat menantang untuk para ibu. Salah satunya adalah saat memilih makanan sehat ibu hamil yang enak dan tidak bikin mual. Pada tiga bulan pertama kehamilan, makanan berperan sangat penting untuk pembentukan struktur tubuh dan otak. Memilki asupan makanan di saat ini tidak bisa diabaikan.

Jenis makanan sehat ibu hamil

Ada beberapa kandungan penting yang dibutuhkan ibu hamil, seperti asam folat, zat besi, dan protein. Kandungan tersebut bisa kita dapatkan dari bahan makanan yang biasa kita temukan sehari-hari. Berikut makanan sehat ibu hamil untuk trimester pertama.

1. Brokoli

Sayuran hijau ini jadi salah satu makanan sehat ibu hamil yang bisa dikonsumsi secara rutin. Brokoli mengandung kalsium, asam folat, vitamin C, hingga antioksidan yang dapat menunjang pertumbuhan janin. Misalnya saja kandungan vitamin K untuk pertumbuhan tulang. Selain untuk janin, brokoli juga membantu menjaga tubuh ibu. Kandungan zat besi dan asam folat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

Ada ragam masakan brokoli yang dapat dicoba. Agar tetap enak di lidah, kamu bisa mencoba resep tumis brokoli saus jamur atau sup krim ayam brokoli. Tambahan jamur atau ayam dapat melengkapi kebutuhan protein ibu hamil.

2. Ikan Kembung

Ikan kembung kukus asam cocok sebagai menu utama.
Ikan kembung kukus asam, pilihan sehat sekaligus lezat. (Foto: MAHI)

Olahan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Selain salmon, kamu juga bisa memilih ikan kembung. Dalam 100 gram ikan kembung terdapat 2,2 gram omega-3, sedangkan dalam 100 gram ikan salmon hanya tedapat 1,6 gram omega-3. Dengan harga yang lebih murah, kamu bisa mendapatkan manfaat lebih banyak.

Namun, pastikan juga untuk memilih yang berkualitas karena ada saja resiko kandungan merkuri. Pastikan juga memasaknya hingga benar-benar matang. Olahan yang bisa kamu buat di rumah adalah resep ikan kembung kukus.

3. Buah dengan Warna Berbeda

Untuk memenuhi kebutuhan serat, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan. Beberapa buah yang boleh dimakan adalah avokad, pepaya, kiwi, melon, mangga, dan stroberi. Sebaiknya, setiap hari ibu hamil mengonsumsi buah-buahan dengan variasi warna yang berbeda agar nutrisinya semakin lengkap.

Penyajian buah bisa sesederhana dipotong-potong saja. Namun, jika ingin lebih cepat, ibu juga bisa membuat jus buah seperti jus alpukat, jus stroberi, ataupun jus jeruk. Hanya saja, hindari menambahkan gula yang berlebih ya, apalagi gula buatan. Jika ingin lebih manis, ibu bisa juga tambahkan madu.

4. Kacang Hijau

Bubur kacang hijau klasik.
Inilah bubur kacang hijau klasik yang selalu dirindukan. (Foto: Shutterstock)

Kacang hijau bisa dibilang superfood karena memang padat gizi. Kacang hijau kaya akan serat, protein, asam folat, karbohidrat, dan mineral. Tak heran jika ia masuk ke dalam daftar makanan sehat ibu hamil.

Protein pada kacang hijau membantu perkembangan organ tubuh janin. Karbohidrat pada kacang ini juga dapat memberikan energi yang stabil untuk ibu hamil. Lihat resep bubur kacang hijau yang enak untuk camilan yang sehat di pagi maupun sore hari.

5. Telur

Tak banyak waktu untuk memasak? Olahan telur bisa jadi solusinya. Telur dapat membantu memenuhi kebutuhan protein ibu hamil. Kandungan kolin pada telur dapat membantu pertumbuhan jaringan otak juga mencegah terjadinya cacat bawaan lahir.

Ada ragam olahan telur yang bisa dibuat di rumah. Sebaiknya, masak telur hingga matang agar terhindar dari bakteri. Resep telur gembung dan tahu telur bisa juga kamu pilih.

Demikian lima makanan sehat ibu hamil yang bisa kamu coba. Jangan lupa konsultasikan kondisi kehamilan kepada dokter kandungan untuk mendapatkan saran yang lebih optimal.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.