5 Makanan Khas Solo Populer untuk Menu Harian - MAHI

5 Resep Makanan Khas Solo untuk Kamu yang Kangen Kulineran

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Agustus 3, 2022

Saat melintasi jalur mudik melewati Jawa Tengah, mungkin kamu terpikir untuk mampir ke kota Solo. Ada perasaan yang selalu ngangenin karena Kota Batik memang punya banyak pesona. Kalau waktu mudik masih lama ataupun liburan ke Jawa masih saja jadi wacana, maka ada satu cara yang bisa kamu tempuh untuk melepas rindu. Apa lagi kalau bukan memasak makanan khas Solo!

Ngomong-ngomong sebelum masak, kamu ingat, kan, cara untuk melepas rindu liburan ke suatu tempat? Ada kalanya kita melompat kegirangan saat melihat keluarga membawakan oleh-oleh bakpia dari Jogja ataupun pempek siap goreng dari Palembang. Kalau sedang nggak ada banget, biasanya pelipur laranya hanya dengan menonton vlogger favorit yang sedang liburan ke sana. Nah, satu cara ampuh untuk menikmati hidangan khas Solo tanpa harus berangkat ke sana yaitu dengan memasak kelima resep dari Masak Apa Hari Ini berikut!

1. Selat Solo

Sepiring hasil masak resep selat solo siap dinikmati.
Selat Solo, hidangan elegan yang kini merakyat. (Foto: Shutterstock)

Rasanya tak lengkap kalau ke kota Solo tanpa mencicipi yang satu ini. Untuk menuju ke sana, kamu harus melalui jalanan sempit untuk tiba di sebuah restoran terkenal yang begitu dekoratif dan khusus menjual selat Solo sejak lama. Menikmatinya beramai-ramai rasanya tak terlupakan, dan siapa sangka ternyata resepnya bisa dengan mudah kamu olah di rumah?

Selat Solo adalah hidangan yang sangat kental gaya Eropa sejak masa kolonial. Bayangkan daging has yang sudah dimasak dengan bumbu gurih manis beserta sausnya dan dikelilingi masakan pelengkap. Ada kentang goreng, selada,  telur rebus, serta wortel dan buncis yang diblansir. Ditambah saus mustard-nya yang khas, ini menjadikan selat Solo lain dari yang lain!

Penasaran mencobanya di rumah? Coba saja resep selat Solo berikut!

2. Galantin

Untuk fans selat Solo garis keras, maka hidangan yang satu ini akan melengkapi koleksimu di rumah. Galantin dahulunya juga populer di kalangan para pembesar. Bentuknya yang seperti sosis raksasa sebetulnya adalah daging giling yang dibumbui, dibentuk, lalu dikukus. Galantin kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan kentang dan sayuran. Satu fakta menarik adalah, agar berbentuk silinder, galantin rupanya dibungkus dengan daun pisang yang sangat mencerminkan kearifan lokal.

Sudah terbayang kelezatannya, sekarang cobain resep galantin dari Masak Apa Hari Ini dulu, yuk!

3. Sosis Solo

Sepiring sosis solo ditemani dengan teh hangat.
Sosis solo, camilan tradisional yang unik dan lezat. (Foto: Shutterstock)

Salah satu jenis makanan yang masih dekat dengan pengaruh masa kolonial adalah camilan yang dikenal dengan nama sosis Solo. Menariknya, tidak seperti selat Solo yang menggunakan teknik masak dan presentasi asing, sosis Solo justru merupakan interpretasi masyarakat setempat di zamannya. Dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia dan sedikit kreativitas, terciptalah sosis Solo yang menyerupai sosis asli dan banyak dinikmati orang Belanda saat itu.

Ingin coba membuat makanan khas Solo ini di rumah untuk perayaan kumpul-kumpul ataupun saat 17 Agustusan? Berikut adalah resep sosis Solo!

4. Nasi Liwet Solo

Masuk ke masakan yang benar-benar tradisional adalah nasi liwet Solo yang dikenal begitu lengkap isiannya. Nasi liwet diaron hingga matang menggunakan panci liwet dan disajikan bersama sayur labu siam, ayam suwir, telur pindang, dan kuah areh yang dibuat dari telur di atasnya. Karena rasanya yang istimewa, maka tak heran bila nasi liwet Solo selalu jadi favorit untuk makan pagi, siang, hingga acara kumpul dan resepsi pernikahan.

Sekarang, coba buat nasi liwet Solo sendiri di rumah, yuk!

5. Tengkleng Klewer

Berbicara sedikit tentang masakan ini, kata Klewer sebenarnya diambil dari nama sebuah pasar terkenal di kota Solo. Masakan yang terdiri racikan iga serta jeroan kambing yang disebut tengkleng ini adalah warisan kuliner yang sangat legendaris, seperti halnya pasar Klewer yang merupakan tempat legendaris di sana. Kuah santan dengan rasa gurih pedas dan iga serta jeroan kambing yang meresap dengan bumbu adalah suguhan yang menggiurkan. Begitu pas untuk kamu yang sedang merindu kota Solo.

Berikut adalah resep tengkleng yang wajib coba!

Harapannya, semoga kelima resep tadi bisa membayar tuntas rindu yang sedang membuncah dalam diri. Semoga juga kamu berkesempatan mengunjungi kota Solo dalam waktu dekat dan bisa menikmati langsung sajian-sajian ini di sana. Tapi sebelumnya, coba dulu resep-resep makanan khas Solo tadi, ya! Selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.