Jenis Masakan


4 Lagi Makanan Khas Jakarta yang Patut Kamu Coba di Rumah!

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|April 10, 2020

Kalau penasaran dengan makanan khas Jakarta, alias kuliner khas Betawi, pastinya Masak Apa Hari Ini punya koleksi khusus soal itu. Meskipun berasal dari ibukota yang terkenal akan keberagaman dunia kulinernya, masakan khas Betawi rupanya masih perlu dikenal orang Indonesia. Padahal kalau bicara soal rasa dan keunikannya, jujur, aku selalu penasaran dengan yang satu ini.

Nah, karena kita masih belum bisa jalan-jalan jauh untuk berkuliner, bagaimana kalau memasak saja di rumah? Sesuai yang tadi kubilang itu, aku punya 4 lagi resep makanan khas Jakarta yang patut dicoba. Nyok, kita simak bersama!

1. Asinan sayur Betawi, makanan khas Jakarta paling menyegarkan

Untuk hidangan ini, mulai dulu dari menyiapkan kuahnya yang merupakan paduan air, gula merah dan Bango Kecap Manis. Kemudian, tambahkan dengan paduan bumbu halus. Siapkan sayuran dan tahu, tata dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Untuk bahannya, siapkan tahu putih, mi kuning, mentimun, kol, daun selada, serta sawi asin dan lokio. Jangan lupa bubuhkan kacang goreng serta sajikan dalam keadaan sejuk. Simak resep lengkap asinan sayur ini, nyok!

2. Pecak ikan gurame, variasi resep ikan kesukaan

Pecak ikan gurame tersaji di atas piring beralaskan daun pisang.
Pecak ikan gurame khas Betawi ini bikin ngiler! (Foto: MAHI)

Selain ikan gurame, sajian ini juga dikenal menggunakan ikan mas. Untuk ikan gurame, selain tulangnya tidak terlampau banyak, rasanya juga sangat lezat. Prosesnya mudah, cukup goreng ikannya dan lumuri dengan bumbu pecak yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, kencur, kunyit, cabai merah keriting, bawang putih, dan jahe. Untuk bumbu pecak ini sebelum dilumuri pada ikan, perlu ditumis dahulu dengan serai, daun jeruk, tomat, air asam jawa, air jeruk limau serat Royco Kaldu Ayam, gula dan merica. Wah, membayangkannya saja sudah ngiler! Cari tahu cara membuat pecak ikan gurame, yuk!

3. Nasi goreng kambing, jawara di malam hari

Racikannya terinspirasi dari salah satu penjaja kuliner Nusantara yang populer dengan nasi goreng kambingnya. Agar praktis, gunakan racikan Bango Nasi Goreng Kambing Khas Jakarta. Bumbu jadi yang sedap ini bisa kamu manfaatkan untuk mengolah stok daging kambing yang berlimpah nanti saat Idul Adha. Cari tahu juga cara mengolah daging kambing sebelum memasaknya, yuk!

Pilih nasi dari beras berbulir panjang yang tidak pulen lalu dalam suhu ruang atau hindari memasaknya dalam kondisi panas. Siapkan acar mentimun dan bawang merah beserta kerupuk, taburan bawang goreng. Selamat mencoba resep nasi goreng kambing ini!

4. Soto tangkar, paling nikmat saat makan siang

Menikmati soto tangkar.
Sudah pernah mencoba resep Betawi yang sangat khas ini? (Foto: MAHI)

Soto tangkar menggunakan bagian daging sapi sisaan yang tidak dimakan oleh orang Belanda di jaman Kompeni dulu, tapi orang Betawi mampu mengolahnya dengan lihai. Itulah mengapa lahir masakan ini ataupun beragam hidangan lainnya seperti tumis genjer, contohnya. Menariknya kini soto tangkar menggunakan iga sapi yang punya nilai ekstra. Ini mirip dengan cerita perut ikan tuna yang dahulunya tidak dimanfaatkan oleh orang Jepang. Namun sekarang, tuna belly yang lembut dan berlemak ini adalah salah satu potongan termahal di hidangan sushi ataupun sashimi!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.