5 Ide Makanan Berkuah Pedas untuk Segarkan Harimu | Masak Apa Hari Ini?

5 Ide Makanan Berkuah Pedas untuk Segarkan Hari-Harimu

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Agustus 31, 2021

Apa yang ada dalam bayangan jika mendengar makanan berkuah pedas? Wah, pastinya kita langsung nge-list aneka makanan pedas kesukaan kita dong. Apalagi Indonesia memang terkenal akan rempah dan aneka makanan pedasnya. Bahkan kalo bisa dibandingkan dengan negara Asia lainnya, cita rasa pedas asli Indonesia tak ada bandingannya. Lebih dari sekedar penambah nafsu makan, ternyata makanan berkuah pedas juga bisa meningkatkan mood. Cocok sekali untuk meringankan beban penat atau stress setelah seharian bekerja!

Nah, kali ini aku telah merangkum beberapa makanan berkuah pedas yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Simpel, ringkas, dan tentunya dengan aneka bahan asli Indonesia yang sangat mudah ditemui di dapurmu!

1. Seblak, makanan berkuah pedas yang selalu dicari

Kalau dipikir-pikir, kenapa, ya, nama makanan ini ‘seblak’? Ternyata usut punya usut, kata ini berasal dari kata ‘nyeblak’, yang artinya ‘ngagetin’. Seakan tepat dipakai untuk mewakili reaksi seseorang yang mencicipi makanan berkuah pedas ini.

Bagaimana tidak? Makanan berkuah pedas yang satu ini terbuat dari bahan utama kerupuk yang dicampur dengan aneka isian pelengkap, seperti ceker ayam, telur orak-arik, aneka sayuran. Ya, kerupuk, bahan makanan yang biasanya digoreng ini juga bisa diolah menjadi makanan yang lebih menarik. Kuahnya yang pedas nan kental terbuat dari campuran cabai dan rempah yang dimasak bersama kencur. Tak hanya memperkaya rasa, kencur yang dimasak akan mengeluarkan aroma khas.

Yuk, buat sendiri seblak lezat dengan kuah pedasnya yang menggelora. Dijamin mudah!

2. Ayam Kuah Pedas, rasa kuah segar dan juga menantang

Bagi pencinta makanan berkuah pedas, rasa segar nan menantang dari sajian yang satu ini dijamin bakal bikin kamu tambah terus. Rasanya satu porsi saja tidaklah cukup.

Terbuat dari ayam dengan aneka bumbu, seperti bawang, lengkuas, daun salam, dan lainnya, sajian ini begitu mudah dibuat. Eits, tapi jangan anggap remeh ya, soal rasa, wah, dijamin bisa memulihkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas. Ayam di sini bisa diganti menggunakan ayam kampung, agar rasanya bisa lebih legit. Sajikan selagi hangat tambah mantap!

Yuk buat sendiri di rumah sajian ayam kuah pedas nan segar.

3. Ramen Kuah Pedas, inspirasi Negeri Sakura dengan kearifan lokal

Makanan berkuah pedas, Resep ramen kuah pedas dengan telur.
Saat dingin dan hujan, sajikan resep ramen kuah pedas yang bakal jadi pilihan tepat. (Foto: MAHI)

Ramen biasanya cocok dihidangkan saat musim hujan menghampiri. Kalau kamu pencinta makanan berkuah pedas, wah, pastinya susah menolak. Sekarang, tidak harus menempuh antar negara atau ke resto makanan Jepang untuk menikmati sajian ini. Ternyata, kita bisa memasak ramen kuah pedas di rumah menggunakan bumbu rumahan dan bermacam topping. Cukup tumis daging dengan shoyu dan bumbu lainnya, buat tumisan lalu campurkan dengan kuah kaldu yang sudah disiapkan. Masukkan mie ramen, aduk bersama kuah. Voila! Sajian ini siap disantap.

Biar makin nikmat dan berasa seperti makan di negeri asalnya, jangan lupa untuk lakukan gaya makan ramen a la warga Jepang, ya. Seruput mie dengan menimbulkan bunyi karena selain lebih nikmati dan mendinginkan mie dalam sekejap, tujuannya adalah menghargai yang memasaknya. Kalau malu-malu, ya sudah jangan.

4. Cireng Banyur Kuah Pedas, bawaannya ingin tambah terus

Cireng Banyur dengan kuah pedas dan segar.
Cireng Banyur Kuah Pedas, sedap dan bikin nagih. (Foto: Shutterstock)

Warga Indonesia memang tak pernah kehabisan ide untuk meracik aneka bahan makanan. Salah satu mahakarya dalam dunia jajan adalah cireng. Terbuat dari aci atau tepung tapioka yang digoreng, ternyata makanan ini memiliki banyak penggemar. Tak heran jika sejak tahun 80an hingga sekarang, makanan ini masih eksis. Kini, cireng bahkan telah berkembang dengan aneka rasa dan bentuk penyajian, salah satunya diguyur kuah pedas gurih yang dijamin bikin merem melek saat menikmatinya

Duh, jadi nggak sabar kan ingin buat cireng banyur kuah pedas di rumah?

5. Tongseng Ayam Pedas, tambah satai semakin nikmat

Siapa yang tak kenal dengan makanan berkuah pedas yang satu ini? Siapapun pasti kenal dengan tongseng. Salah satu sajian dari trio makanan khas Jawa Timur ini selalu punya tempat tersendiri di hati penikmatnya. Bagaimana tidak, paduan rasa pedas, segar, gurih, serta aneka bumbu dan rempah ada di sana. Rasanya hampir mirip gulai, hanya saja kuahnya lebih sedikit dan ditambahkan beragam sayuran. Karena masaknya dioseng, jadilah dikenal dengan sebutan tongseng.

Jika biasanya tongseng disajikan dengan daging kambing, buat yang tidak suka bisa diganti dengan daging ayam, lho. Nah, satu trik, jika ingin memasak tongseng ayam, gunakan paha ayam bagian bawah dan atas beserta kulitnya supaya rasanya lebih gurih. Karena bagian ini berlemak dan lebih kenyal teksturnya jika dibandingkan bagian dada.

Yuk, praktikkan makanan berkuah pedas tongseng yang dijamin menggugah selera ini di rumah!

Itulah lima masakan berkuah pedas yang bisa kamu jadikan sebagai proyek masak seru akhir pekan nanti bersama keluarga. Pastikan untuk menyesuaikan kembali jumlah cabainya, ya, agar kamu tidak sampai terlalu kepedesan apalagi sakit perut. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.