Kacang Hijau Bantu Turunkan Berat Badan. Ini Faktanya!

Simpan ke bagian favorit

Maddie|November 5, 2018

Kacang hijau dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu bahan makanan sehat yang mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salah satu dari sederet jenis kacang-kacangan populer di Indonesia ini memegang porsi cukup besar penggunaannya dalam kuliner Nusantara. Sama halnya dengan kacang merah, kacang tanah dan kacang kedelai.

Seperti yang kamu ketahui, kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang banyak mengandung vitamin dan zat yang baik bagi tubuh. Bagi kamu yang menganut pola hidup vegan dan vegetarian, pastinya kamu sudah terbiasa mengolah aneka kacang-kacangan sebagai hidangan utama ataupun pendamping.

Bubur kacang hijau terkenal di Indonesia
Kalau ingin lebih sehat, ganti santan dengan susu kedelai atau susu rendah lemak. (Foto: Shutterstock)

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi kacang yang juga merupakan bahan pembuat taoge ini dapat membantu mengendalikan berat badanmu? Faktanya, bahan isi onde-onde ini mengandung protein dan serat yang tinggi. Kedua alasan ini membuatnya menghasilkan hormon cholecystokinin, yaitu  hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang.

Selain mengandung serat dan protein, berikut adalah kebaikan lainnya dari kacang hijau:

  • Fitonutrien, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Mencegah kanker, karena mampu mencegah kerusakan sel akibat radiasi.
  • Melancarkan pencernaan, karena kaya akan serat.
  • Kandungan didalamnya mampu menghasilkan kolagen yang mampu menunda penuaan.
Untuk kue tradisional biasanya menggunakan kacang hijau kupas yang dimasak bersama gula.
Diadaptasi dari kue populer Thailand, camilan berisi kacang hijau kupas ini sangat menggemaskan. (Foto: Shutterstock).

Bagaimana cara menikmati kacang serbaguna ini? Ada banyak sekali hidangan yang dibuat dari bahan ini. Misalnya saja yang terpopuler adalah bubur kacang hijau, bubur gunting, kue ku, pia, hingga suun. Pada masyarakat Indonesia timur, kacang yang selalu tersedia setiap saat ini juga dijadikan sebagai salah satu bahan isi sup daging sayuran atau sup ayam sayuran.

Kamu juga bisa bereksperimen dengan kacang sarat gizi ini dengan mengolahnya menjadi kue kering (dari tepung kacang hijau), es kacang hijau, atau pudding yang dicampur dengan kacang jenis lain – misalnya saja kacang merah.

Jadi, mulai sekarang kamu akan lebih sering menyantap bubur kacang hijau, dong? Supaya lebih sehat, ganti santan dengan susu rendah lemak atau padukan juga dengan susu kedelai.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.