Jenis Masakan


Menjelang Tahun Baru Cina, Inilah Jajanan Wajib Coba di Kawasan Pecinan

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Januari 17, 2019

Salah satu agenda yang mesti kamu lakukan menjelang Tahun Baru Cina adalah menjelajahi pasar Pecinan terdekat di kotamu. Serunya menikmati nuansa merah, kuning, dan emas yang memeriahkan setiap sudut jalanan! Selain itu, banyak hadir lampion, amplop merah atau angpao, kembang api, petasan, dan aksesori Imlek lainnya. Elemen-elemen warna ini memiliki makna sukacita, keberuntungan, dan juga dipercaya sebagai warna yang paling indah (warna kuning).

Sambil menyisiri toko-toko yang sedang ramai-ramainya dibanjiri pengunjung, beberapa jajanan yang sangat khas dengan kuliner peranakan Cina ini wajib kamu coba.

1. Mochi

Beberapa kawasan Pecinan di Indonesia seperti Sukabumi, Semarang, Surabaya, dan Jakarta merupakan sentra produksi kue ketan isi kacang tanah, kacang merah, atau kacang hijau ini. Kalau beruntung menemukannya, kamu bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan kue kenyal yang memiliki rasa legit berkat isian kacang-kacangannya yang manis.

Mochi dengan isi kacang tanah.
Bukan hanya pada perayaan Tahun Baru Cina, Mochi juga populer pada perayaan Tahun Baru Jepang. (Foto: Shutterstock)

2. Cempedak Goreng

Gorengan cempedak goreng yang tak biasa kamu temukan di penjaja gorengan, salah satunya bisa ditemukan di kawasa Pecinan kota Jakarta, yakni di bilangan Glodok. Cempedak diaduk bersama adonan tepung manis lalu digoreng hingga kecokelatan dan sedikit terkaramelisasi. Cocok tersaji bersama hidangan gorengan lainnya!

Cempedak goreng bertabur wijen.
Cempedak goreng tepung biasanya jual bersama pisang goreng atau sukun. (Foto: Shutterstock)

3. Ci Cong Fen

Cita rasa khas Kanton yang juga populer di Medan ini merupakan salah satu variasi dimsum ini adalah lembaran tepung beras yang disajikan bersama siomay, uyen (gorengan dari talas serut), dan disajikan bersama bawang goreng, kuah kecap asin, dan sambal.

Disajikan bersama taburan bawang goreng.
Jajanan ini sangat populer di Medan. (Foto: Shutterstock)

4. Choi Pan

Bentuk choi pan mirip dengan pangsit rebus. Hanya saja kulit choi pan lebih tipis dan berwarna putih transparan karena dibuat dari tepung beras. Choi pan diisi dengan bengkuang dan ebi yang dibumbui bawang putih. Biasanya choi pan dijual beberapa buah dalam kemasan plastik mika lengkap dengan saus sambalnya.

5. Pia

Cocok juga sebagai hantaran, ternyata ada banyak sekali variasi isian kue pia. Garing diluar dengan cita rasa isi yang manis dan lembut. Biasanya pia diisi dengan kacang merah, kacang hitam, kacang hijau, cokelat, atau durian.

Yuk, belanja variasi pia untuk buah tangan Imlek 2019.
Pia sangat populer sebagai oleh-oleh sepanjang tahun. (Foto: Shutterstock)

6. Aneka es

Variasi es yang dijajakan di pasar Pecinan  juga tak kalah menggiurkan. Dimulai dari es susu kacang, es cincau, es kiamboi, es kacang hijau, atau liang teh. Selain itu, kamu juga bisa berburu aneka bahan-bahan untuk membuat suguhan aneka minuman.

Sambil belanja buah tangan Tahun Baru Cina yang keluarga yang merayakan, tentunya akan lebih seru jika lidah juga dipuaskan dengan beragam jajanan enak khas Pecinan. Jajan, yuk!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.