5 Jajanan Jadul yang Bikin Nostalgia | MAHI

5 Jajanan Jadul yang Bakal Bikin Kamu Nostalgia

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Maret 26, 2021

Banyak cara untuk mengenang masa kecil melalui kuliner. Kalau dulu kita punya tempat jajan favorit yang kini sudah tidak ada, berarti waktunya untuk kamu membuatnya sendiri di rumah. Nah, apa saja sih jajanan jadul favorit kamu yang tak lekang oleh zaman?

Sederhana namun penuh dengan kenangan, jajanan jadul selalu menjadi pilihan saat rindu melanda. Apalagi kalau sadar betapa murah dan mudahnya jajanan ini dulu didapat. Rasanya ingin borong semua kalau ketemu lagi penjualnya di masa kini. Jadi, bagi kamu pencinta makanan Indonesia, ada 5 rekomendasi jajanan jadul yang dijamin bikin kamu nostalgia. Daripada berlama-lama, yuk, langsung simak resepnya!

1. Cireng crispy pedas manis, camilan sore yang bikin nagih

Siapa yang tak rindu dengan renyahnya jajanan jadul yang satu ini? Sering ditemukan di gerobak kaki lima pinggir jalan, sekarang kamu bisa membuat cireng crispy sendiri di rumah. Kali ini, aku juga menambahkan potongan wortel untuk memperkaya tekstur dan rasa. Tak lupa topping saus pedas manis yang membuat cirengmu makin spesial.

Cek resep cireng crispy pedas manis berikut!

2. Arem-arem daging sayuran, selalu cocok dengan teh hangat

Populer di daerah Jawa sebagai menu sarapan, arem-arem merupakan jajanan jadul Indonesia yang terbuat dari beras, santan, dan kemudian diisi dengan daging dan sayuran. Kudapan yang satu ini sering ditemukan saat arisan maupun acara kumpul-kumpul lainnya. Biasanya, arem-arem dihidangkan bersama secangkir teh atau kopi yang membuatnya semakin nikmat.

Simak resep arem-arem daging sayuran berikut ini!

3. Onde-onde kacang hijau, jajanan jadul penuh kenangan

Terkenal akan bentuknya yang bulat bertabur wijen, popularitas onde-onde di kawasan Indonesia sudah merambah dari Sabang hingga Merauke. Jajanan yang satu ini menjadi spesial karena isinya yang beragam, mulai dari cokelat, keju, maupun kacang hijau.

Kali ini, aku akan mengkombinasikan gurihnya kulit onde-onde dengan kacang hijau yang legit. Yuk, langsung coba resep onde-onde nya!

4. Combro isi sambal oncom, teman ngemil favorit bersama keluarga

Jajanan jadul kebanggaan rakyat Sunda, combro bisa menjadi temanmu saat lapar sore hari dan ingin nyemil di rumah. Combro memiliki ciri khas yaitu tekstur garing di luar dan empuk di dalam. Isinya pun bermacam-macam, cocok untuk kamu yang senang bereksplorasi aneka rasa jajanan.

Ingin mencoba membuat jajanan Bandung yang satu ini? Simak resep combro isi sambal oncom dan praktikkan di dapur akhir pekan ini!

5. Lemper ayam rica-rica, klasik dan tak lekang waktu

Bertekstur padat, kenyal, dan diisi dengan gurihnya suwiran ayam, siapa yang bisa tahan dengan pesona panganan yang satu ini? Untuk mereka yang lahir di Jawa, mungkin lemper sudah menjadi jajanan klasik yang dinikmati dari kecil hingga dewasa. 

Di lemper versi ku kali ini, kamu akan dikejutkan dengan rasa pedas, asin, dan gurih dari ayam rica-rica. Penasaran cara membuatnya? Cek resep lemper di sini!

Nah, itu dia 5 resep jajanan jadul yang tidak hanya lezat dan mudah dibuat, namun juga penuh akan kenangan masa lalu yang selalu berkesan. Jangan lupa untuk terus simak resep jajanan Indonesia lainnya di MAHI, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.