Jenis Masakan


Aneka Resep Soto Ayam dari Beragam Kota, Banjar hingga Banyumas

Simpan ke bagian favorit

Wina|Februari 8, 2020

Begitu beragamnya hidangan soto ayam di Indonesia. Beda daerah, beda pula ciri khasnya. Meski sama-sama menggunakan bahan dasar ayam, aneka soto dari Banjar hingga Banyumas memiliki karakter yang berbeda.

Ada soto yang memakai santan, ada pula yang bening. Misalnya saja soto Lamongan yang warna kuning dari kunyitnya begitu pekat. Ada pula soto Banjar yang nikmat disajikan dengan ayam kampung. Rasa yang bervariasi ini bisa kamu coba di rumah.

Berikut adalah pilihan resep soto untukmu. Yuk, kita ke dapur!

1. Soto Banjar

Soto ayam bening yang berasal dari Kalimantan Selatan ini memiliki racikan rempah yang kuat. Bumbu wajib yang membuatnya berbeda adalah pekak, pala, dan cengkih. Kuahnya inilah yang membuatnya berbeda.

Seperti soto pada umumnya, ayam pada soto Banjar diolah terpisah. Agar lebih mantap, gunakan ayam kampung atau ayam pejantan. Jangan lupa lengkapi soto Banjar dengan perkedel dan ketupat. Yuk, simak resep soto Banjar dari Masak Apa Hari Ini!

2. Soto Kudus

Soto kudus lengkap tersaji dengan telur dan taoge.
Saat musim hujan menghampiri, hangatkan diri dengan semangkuk soto Kudus lezat! (Foto: MAHI)

Soto Kudus juga tak boleh dilewatkan. Soto ayam bening tanpa santan ini juga kaya akan rempah, tapi terasa lebih light dibandingkan soto Banjar. Soto Kudus juga lezat disajikan bersama kecap manis.

Sayuran wajib pada soto ini adalah taoge. Selain itu, soto Kudus juga disajikan dengan sate-satean seperti sate usus, ati ampela, hingga telur puyuh. Ayo, coba resep soto Kudus ini di rumah!

3. Soto Ayam Lamongan

Soto lamongan dalam mangkok putih dengan sate ati ampela dan perkedel di sampingnya.
Soto Lamongan adalah salah satu yang paling populer di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Soto Ayam Lamongan adalah yang paling tenar. Akrab disebut sebagai soto ayam Surabaya atau soto Ambengan ini kerap hadir sebagai makanan kaki lima. Kuah kuning menjadi ciri khas soto ini karena kunyit, kemiri, dan bawang putih yang punya cita rasa kuat.

Irisan kol, tomat, dan bihun melengkapi nikmatnya soto ayam Lamongan. Begitupun dengan koya yang terbuat dari kerupuk udang bubuk, membuatnya menjadi favorit banyak orang. Tantang dirimu untuk membuatnya sendiri di rumah. Intip resep soto Lamongan ini dan sajikan untuk keluarga tercinta.

4. Soto Banyumas

Soto asal Banyumas juga sering disebut sroto Sokaraja. Istilah sroto memang nama lain dari soto. Penyebutan ini mirip dengan coto Makassar yang juga masuk ke dalam jenis soto. Soto Banyumas juga masuk ke dalam jenis soto ayam bening tanpa santan yang kuahnya kaya akan rempah. Ciri khas bumbunya adalah pala dan ketumbar.

Sajian ini bisa disajikan dengan daging ayam ataupun daging sapi. Dalam satu porsi soto Banyumas, kita bisa mendapati campuran taoge dan kerupuk cantir atau kerupuk bawang berwarna merah. Buat versimu sendiri dengan resep soto Banyumas berikut ini!

5. Soto Bongko

Jika kamu lebih menyukai soto ayam santan, cobalah membuat soto Bongko khas Sumedang. Sajian soto ini sekilas mirip ketupat sayur. Soto Bongko terdiri dari lontong, tauge, dan tahu goreng. Ada pula yang menyajikannya dengan potongan ayam.

Bumbu halus pada soto ini cukup kaya, mulai dari kemiri, kunyit, pala, lengkuas, hingga cabai. Hadirnya daun jeruk juga membuat soto ayam santan ini tetap terasa segar. Ikuti resep soto Bongko untuk sarapan keluargamu,

Namanya soto ayam, pastilah menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan sehari-harinya. Yuk, kita masak soto di rumah hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.