Jenis Masakan


Aneka Resep Mudah dan Enak dari Stok Bahan di Kulkas

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Maret 6, 2020

Belum sempat belanja bahan makanan? Tak punya banyak waktu untuk memasak? Kita bisa mengolah resep mudah dengan stok bahan di rumah. Nah, kali ini tim MAHI berbagi resep yang bahannya tidak rumit. Dengan bahan-bahan seperti tahu, telur, bahkan tepung terigu, kita bisa kok menghasilkan masakan yang lezat.

Resep mudah ini juga jadi ide untuk bagi yang baru belajar memasak. Kita tidak perlu menggunakan rempah yang tidak selalu dipakai seperti pala, wijen, atau kapulaga. Cukup bawang merah dan bawang putih saja, kita bisa lho menciptakan sajian yang menggoyang lidah. Yuk, kita coba aneka resep berikut!

1. Resep Mudah Olahan Telur

Jika ditanya makanan apa yang paling friendly untuk dimasak menjadi bermacam-macam menu, mungkin salah satu jawabannya adalah telur. Masa kadaluarsa bahan yang satu ini bisa berbeda-beda, tergantung cara kita menyimpannya. Telur dapat bertahan 4-5 minggu di kulkas, namun hanya bertahan hingga 3 minggu di suhu ruang setelah pembelian. Selalu gunakan telur segar untuk rasa yang lebih berkualitas.

Ada banyak olahan telur yang bisa kita buat. Salah satunya adalah resep telur dadar sayur. Proses memasaknya tak lebih dari 30 menit! Sajian nikmat dan cepat ini bisa kita pilih untuk sarapan atau pelengkap hidangan di meja makan.

2. Resep Ayam Tepung Popcorn

Satu piring berisi ayam popcorn terhidang bersama napkin dan garpu serta sendok dan pisau di atas meja kayu.
Ayam popcorn gurih dan spesial untuk camilan keluarga ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan resep berikut ini. (Foto: Shutterstock)

Protein hewani yang cukup aman disimpan lama di kulkas, khususnya di freezer, adalah ayam. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), ayam utuh dan segar yang disimpan di freezer bisa bertahan hingga satu tahun. Namun, jika sudah dipotong, hanya bertahan hingga 9 bulan saja. Sementara jika disimpan di kulkas, ayam hanya bertahan 2-4 hari saja. Meskipun bisa disimpan, ada baiknya sih kita tetap membeli ayam segar dan langsung diolah pada hari yang sama.

Resep mudah berbahan ayam apa yang bisa kita buat dalam hitungan belasan menit? Banyak tentunya! Nah, kali ini tim MAHI berbagi resep ayam popcorn. Tak hanya praktis, makanan ini punya rasa yang spesial dan cocok pula dijadikan camilan santai di rumah.

3. Resep Nasi Goreng

Sepiring nasi goreng tersaji di atas piring hitam yang beralaskan taplak hitam dan didampingi berbagi potongan sayuran.
Sajikan nasi goreng pedas komplit bersama sayuran agar semakin lezat! (Foto: Shutterstock)

Punya nasi sisa tadi malam? Saatnya kita olah menjadi nasi goreng! Sajian yang satu ini memang bisa dikreasikan sesuai dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Ada ragam resep nasi goreng yang bisa kita buat, bergantung bahan pendamping atau protein tambahannya. Salah satu resep nasi goreng termudah adalah resep nasi goreng spesial kecap.

4. Resep Semur Tahu

Bahan makanan lainnya yang biasanya tersisa di kulkas adalah tahu. Olahan kedelai ini memang fleksibel untuk disulap jadi masakan apa saja. Bahkan, digoreng saja pun sudah bisa jadi menu pendamping yang lezat. Setuju, kan? Nah, agar lebih spesial, kita bisa membuat semur tahu.

Mengolah semur tahu secara umum terdiri dari dua tahap. Pertama, kita goreng dulu tahunya setengah matang, lalu kita tumis dengan bumbu semur. Kita bisa menggunakan tahu kuning yang banyak dijual di pasaran. Lihat resep praktis semur tahu di sini dan sajikan bersama nasi hangat.

5. Resep Oseng Tempe

Tak lengkap rasanya kalau membicarakan tahu, tanpa tempe. Sama-sama terbuat dari kedelai, tempe juga masuk ke dalam daftar belanja sehari-hari para ibu di rumah. Mirip seperti tahu, tempe cukup fleksibel diolah menjadi masakan apa pun. Kali ini, tim MAHI merekomendasikan sajian oseng tempe yang super praktis.

Proses penyajian oseng tempe tak lebih dari 30 menit. Bumbu yang diperlukan juga cukup sederhana, hanya terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, dan merica. Tentunya agar makin lezat, kita tambahkan Bango Kecap Manis. Resep oseng tempe ini bisa dicoba oleh siapa saja, termasuk yang belum pernah masak sekalipun.

Lima resep mudah di atas bisa menjadi menu andalan utama atau pun menu pendamping. Kita masih bisa menyajikan oseng tempe dengan ayam goreng, atau nasi goreng dan telur  ceplok, jadi jangan ragu untuk berkreasi di dapur. Yuk, kita masak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.