Aneka Masakan Ayam Panggang dan Bakar untuk Lauk Agar Tidak Bosan

Aneka Masakan Ayam Panggang dan Bakar untuk Lauk Agar Tidak Bosan
Rian Farisa |
Favorit:
Sebarkan:

Sedang mencari ide aneka masakan ayam baru untuk dijadikan lauk sehari-hari? Selain menu ayam goreng, ayam kecap, hidangan ayam bersantan, atau sup, masih banyak aneka menu ayam yang bisa kamu selipkan ke dalam rencana menu mingguan hingga bulanan agar olahan daging ayam tak melulu sama. 

Macam-macam masakan ayam selalu hadir dalam menu sehari-hari karena daging ayam cenderung mudah diolah dan proses memasaknya cenderung cepat. Agar tak jadi hidangan yang membosankan, variasikan selalu menu masakan berbahan ayam agar jadi hidangan yang selalu bikin keluarga semangat makan.  

Aneka Masakan Ayam Panggang dan Bakar

Variasikan menu daging ayam dengan teknik memasak bervariasi agar olahan ayam tak selalu sama atau mirip. Misalnya kamu bisa beralih pada menu ayam panggang atau ayam panggang dengan variasi bumbu yang berbeda. Selain ayam broiler, kamu dapat memilih ayam kampung dan ayam pejaten sebagai bahan utamanya. Penasaran? Yuk, simak beberapa resep ayam panggang atau bakar yang menggugah selera ini!  

1. Ayam panggang ketumbar jeruk nipis

Untuk pencinta ayam panggang yang gurih dengan rasa bumbu rempah yang kuat, ayam panggang ketumbar jeruk ini pas banget buat kamu dan keluarga. Sebagai pendamping sayurnya, lalapan atau variasi sayur tumis seperti kangkung, genjer, buncis, atau pakchoy. Jangan lupa juga untuk memuaskan selera pedas kamu dengan menambahkan sambal bawang, sambal bajak, atau sambal terasi sebagai pelengkap ayam panggang dengan bumbu rempah ini.   

2. Ayam taliwang

Untuk resep ayam bakar khas Lombok ini, gunakan daging ayam kampung agar cita rasanya seperti di rumah makan khas Lombok. Selama dipanggang atau dibakar, lumuri daging ayam dengan bumbunya. Hadirkan juga pelecing kangkung pedas supaya terasa lebih komplet dan sedap.  

3. Ayam panggang aromatik

Kalau ayam panggang yang ini cocok banget buat kamu yang ingin menyajikan hidangan ayam [anggang oven a la Western di rumah. Agar daging ayam utuh garing dan tidak basah saat dipanggang, sebelum dimarinasi dengan bumbu, daging ayam wajib ditiriskan agar tidak basah. Maksimalkan proses ini dengan mengelap daging ayam menggunakan tisu dapur. Tisu dapur lembarannya lebih tebal sehingga tidak menempel pada kulit ayam.   

4. Ayam panggang kecap

Ingin sensasi yang berbeda dengan ayam kecap? Cobain resep ayam panggang kecap dari Bango Kecap Manis ini. Sebelum penyajian, beri perasan air jeruk limau agar rasa ayam panggang kecap jadi lebih segar.  

5. Ayam bakar Klaten

Selain sebagai lauk harian, ayam bakar khas Jawa Tengah ini bisa kamu masak atau ungkep sekaligus banyak dan simpan dalam freezer untuk persediaan lauk saat sedang sibuk. Panggang atau bakar Jadi tak selalu harus membuatnya dari nol untuk dapat menyajikan lauk sedap di rumah, ‘kan 

6. Ayam bekakak khas Sunda

Supaya cita rasa bumbu ungkep meresap setelah diungkep, diamkan daging ayam minimal 8 jam hingga semalaman dalam kulkas. Panggang atau bakar sesaat sebelum penyajian. Jangan lupa sajikan bersama lalapan sayuran, sambal bajak, dan Bango Kecap Manis agar santap a la Sunda ini semakin mantap.   

7. Ayam bakar bumbu rujak 

Menu ayam bakar yang satu ini sudah tak asing lagi, kan? Ayam ungkep dengan bumbu pedas manis kemudian dipanggang untuk mendapat sensasi kulit garing dan smokey. Untuk ayam bakar bumbu rujak, baik dari ayam kampung, ayam pejantan, atau ayam broiler, semua sama enaknya. Cita rasanya sempurna berkat kehadiran Royco Kaldu Ayam.      

Jadi pengen cepet-cepet ke dapur, kan? Mulai sekarang, yuk, variasikan aneka masakan ayam di rumah agar menu daging ayam tak selalu digoreng atau dimasak sup!

Artikel terbaru