6 Kegunaan Hebat dari Santan Kelapa

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Juni 25, 2018

Seperti langit tanpa pelangi di musim hujan, rasanya kurang lengkap kalau kita membiarkan lemari dapur kosong tanpa stok santan siap pakai. Santan adalah bahan makanan serba bisa yang tidak hanya merubah cita rasa makanan menjadi semakin kaya, namun juga sahabat para pemasak pemula hingga profesional. Bagi para pecintanya, berikut adalah 6 kegunaan hebat dari santan kelapa!

1. Sebagai Pengganti Susu

santan kelapa
Segarnya es krim dari santan ini mirip dengan yogurt namun dengan cita rasa yang gurih. (Foto: Shutterstock)

Santan dapat digunakan sebagai pengganti susu, khususnya untuk kamu yang menderita intoleransi laktosa. Santan dapat menggantikan creamer atau susu di cafe latte kamu, heavy cream pada pasta, atau hidangan berkuah creamy dan bahkan yogurt!

Sudah lama ingin menikmati es krim tapi karena ada intoleransi laktosa? Ayo coba buat sendiri es krim dari santan kelapa! Pasti akan dibuat terheran-heran dengan kelembutan dan gurihnya es krim dari santan kelapa. Agar lebih nikmat, santan kelapa bisa dicampur dengan dengan cokelat, vanilla, hingga selai kacang.

2. Sebagai Saus Cocolan

santan kelapa
Tidak hanya cocolan makanan gurih, santan juga juara dibuat sebagai saus hidangan manis seperti Mango Sticky Rice ini. (Foto: Shutterstock)

Pada dasarnya, santan mempunyai rasa yang gurih dan creamy. Coba padukan dengan bubuk kari, saus ikan, dan sedikit jeruk nipis. Maka saus cocolan untuk dimsum siap dihidangkan!

Untuk makanan penutup, masak santan bersama susu kental manis dan sedikit garam. Saus ini bisa dihidangkan bersama potongan buah mangga segar atau nanas panggang. Baik sebagai saus cocolan hidangan asin atau manis, santan adalah bahan makanan yang serba bisa!

3. Sebagai Campuran Minuman

santan kelapa
Minuman yang menggunakan santan kelapa bisa dibuat menjadi bermacam-macam! (Foto: Shutterstock)

Jadikan suasana nonton bola di bulan ini lebih meriah dengan minuman racikan sendiri seperti tea latte, susu cokelat santan, bahkan versi mocktail dari piña colada. Selain itu, masih banyak lagi kreativitas yang bisa dimanfaatkan dari santan untuk membuat minuman segar.

4. Jodohkan dengan Daging ataupun Seafood

santan kelapa
Ginataang Pako, hidangan khas Filipina ini unik karena menggunakan sayur pakis. (Foto: Shutterstock)

Tentu sudah tidak asing lagi kalau mendengar olahan santan kelapa yang dipadukan dengan beragam protein dari laut. Santan bisa menyempurnakan kelezatan dari berbagai jenis ikan, udang, kerang, bahkan cumi sekalipun.

Contohnya adalah hidangan khas Filipina, Ginataang Pako. Kalau melihat dari kuahnya yang berwarna putih dan kental, pastinya kamu sudah tahu kalau masakan ini menggunakan santan kental. Selain santan kelapa, Ginataang Pako berisi udang dan daun pakis. Selain itu misalnya masih banyak hidangan khas Asia lainnya yang menggunakan perpaduan serupa.

5. Dimasak menjadi Kari

santan kelapa
Mulai dari Kari India hingga Kari Thailand, santan kelapa adalah kunci kelezatannya! (Foto: Shutterstock)

Ngomong-ngomong masakan Asia lainnya, Thailand menjadi salah satu negeri yang kreatif mengaplikasikan kari dengan beragam protein yang lezat. Di sana, dengan mudahnya kita bisa menemukan masakan kari hijau dan kari merah.

Mengapa daging akan terasa lebih nikmat ketika dimasak menjadi kari? Saat merebus daging, gula pada santan akan menjaga daging tetap juicy meski dimasak dalam waktu lama. Sementara itu, aneka rempah pada kuah kari akan meresap ke dalamnya sehingga membuat daging semakin sedap.

6. Sebagai Hidangan Pencuci Mulut

Santan kelapa jelas cocok digunakan sebagai bahan utama beraneka pencuci mulut yang segar. Sebut saja misalnya seperti puding lapis, custard, bahkan hingga crème brulee. Tentu saja selalu ada pilihan untuk menikmati hidangan penutup khas Indonesia seperti kolak pisang contohnya. Maklum, mungkin saja kita masih rindu dengan menu takjil saat Ramadhan kemarin.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.