6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan yang Bisa Ditiru Menjelang Akhir Bulan

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Mei 29, 2018

Berbeda dengan kebanyakan orang Indonesia, orang Korea punya kebiasaan keren yang membuat mereka lebih mudah menabung. Yuk simak dan tiru 6 kebiasaan makan orang Korea Selatan yang bisa ditiru menjelang akhir bulan.

Awal bulan memang paling cocok dirayakan dengan makan siang di mall bersama teman-teman kantor. Mau makan apa dan di mana? Bebas, kan baru gajian. Dompet masih ‘gendut’ jadi aman-aman saja mau makan mahal sekali pun. Kebiasaan makan di luar ini biasanya akan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan, setelah itu dompet mendadak kempes dan kamu tidak punya sisa uang untuk menabung.

Jadi, mau tahu rahasia orang Korea Selatan yang bisa kamu tiru agar mudah menabung dan gak pernah cekak lagi? Berikut adalah kiat-kiatnya.

Lebih memilih makanan lokal

Sama seperti di Indonesia, di Korea Selatan, makanan yang bertema western biasanya lebih mahal dibandingkan makanan lokal. Berdasarkan kebiasaan makan orang Korea, mereka lebih memilih makan di restauran atau tempat makan yang menyajikan makanan lokal. Di Korea, satu pizza bisa menghabiskan sekitar 30.000 won dan sirloin steak sekitar 50.000 won. Lumayan mahal kan? Apalagi kalau jumlah ini kamu konversikan ke dalam rupiah, pasti langsung bikin sesak nafas.

Perbanyak makan ayam dibandingkan daging

6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan yang Bisa Ditiru Menjelang Akhir Bulan
Ayam Goreng Korea rasanya tidak kalah enak dengan menu olahan daging. (Foto: Shutterstock)

Di Korea Selatan, kamu bisa menemukan aneka masakan ayam, baik di resto fast food atau kedai makan sederhana. Mengingat harga masakan olahan daging lebih mahal dibandingkan masakan olahan ayam, orang Korea lebih memilik untuk menyantap ayam sebagai lauk makan mereka.

Memasak Sendiri

Kebiasaan makan orang Korea berbanding lurus dengan cara mereka menghemat uang. Menabung di Korea adalah hal yang penting, bahkan mereka punya Hari Tabungan Nasional yang tertera di kalendar tahunan. Untuk orang Korea, makan di luar ada saja yang harganya terjangkau, tetapi akan lebih murah jika memasak dan makan sendiri di rumah.

Banchan

6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan yang Bisa Ditiru Menjelang Akhir Bulan
Percaya nggak kalau kamu bisa makan Banchan sebanyak ini gratis! (Foto: Shutterstock)

Kalau kamu pernah makan di restoran Korea, pasti tidak asing lagi dengan yang satu ini. Banchan adalah beragam makanan pendamping yang bisa diisi ulang secara gratis. Kalau kamu berkunjung ke Korea Selatan bersama teman dan ingin berhemat, jangan malu-malu untuk meminta banchan yang banyak!

Tidak Doyan Nyemil

6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan yang Bisa Ditiru Menjelang Akhir Bulan
Kamu biasa nyemil gorengan? Orang Korea Selatan lebih memilih buah dibanding gorengan! (Foto: Shutterstock)

Selama ini kita hampir tidak pernah melihat orang Korea Selatan yang kelebihan berat badan. Rata-rata mereka mempunyai bentuk tubuh yang langsing dan ideal. Rahasianya? Kebanyakan dari mereka makan tiga hari sekali dan jarang nyemil. Kalau pun nyemil, mereka lebih suka makan buah atau segelas kopi. Selain itu, mereka juga terbiasa jalan kaki loh. Biarpun Indonesia panas, sempatkanlah jalan kaki agar lebih sehat.

Lebih Memilih Air dari Soda

Minum soda sih boleh-boleh saja, tapi jika dalam satu hari kamu minum satu kaleng soda, berapa rupiah yang kamu habiskan dalam satu tahun? Orang Korea lebih menyukai air putih dibandingkan soda karena selain lebih sehat, harganya lebih murah. Air putih juga menjadi rahasia dibalik kulit orang Korea yang mulus dan bersih. Soda pasti mengandung banyak gula. Nah jika dikonsumsi terlalu banyak, gula akan menyebabkan penuaan dini. Kamu tidak mau tua terlalu cepat kan?

Siap mencoba gaya hidup baru yang sehat seperti orang Korea? Bisa juga dengan memulai dari masak beragam menu sehat di rumah ataupun mencoba tips-tips gaya hidup sehat lainnya. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.