6 Cara Diet Sehat dan Mudah dari Trainer Fitness yang Perlu Dicoba

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Agustus 14, 2018

Kombinasi asupan berupa karbohidrat yang baik, makanan berprotein yang rendah lemak, serta mengonsumsi beragam sayuran dan buah-buahan segar adalah sebagian dari cara diet sehat. Berikut adalah beberapa poin menjalani cara diet sehat sekaligus mudah dari para trainer fitness yang perlu kamu coba.

1. Tidak Melewatkan Sarapan

cara diet sehat
Yuk, jadikan sarapan sebagai rutinitasmu kembali! (Foto: Shutterstock)

Demi menghadirkan asupan tenaga yang cukup untuk memulai hari, sarapan kaya energi wajib dikonsumsi untuk menunjang aktivitas sehari penuh. Justru dengan tidak sarapan, akan ada kecenderungan untuk mengonsumsi lebih makanan di siang harinya. Berkat sarapan, semangat akan tumbuh dan mendorongmu untuk lebih produktif.

Isu berikutnya adalah bagaimana kita bisa merancang menu makan pagi yang sehat. Misalkan saja semalam sebelumnya kamu bisa menyiapkan overnight oat atau berbagai bahan makanan sehat untuk dimasak pagi hari sebelum beraktivitas. Makanan sehat di masa kini memang semakin banyak opsinya, namun sayangnya memang tidak murah. Dengan menyiapkan semua sendiri di rumah tentunya akan lebih hemat, terjamin higienis, dan sesuai dengan selera kamu.

2. Formula 40% Protein

Setidaknya pastikan ada 40% kandungan protein dalam sepiring makananmu setiap harinya. Protein bisa didapat dari hewani ataupun nabati. Beberapa contoh makanan berprotein tinggi yang lezat disantap misalnya ikan, tahu, tempe, atau ragam kacang-kacangan.

Semua bahan sehat ini kini mudah didapatkan di Indonesia. Sekarang tinggal giliranmu untuk lebih cermat menyiapkan porsian makanan rendah kalori, tinggi volume, sekaligus kaya protein.

3. Teknik Memasak dan Pemilihan Bahan

cara diet sehat
Ikan salmon yang dikukus adalah salah satu ide makanan sehat yang kaya protein. (Foto: Shutterstock)

Masakan yang dikukus, panggang, atau pan fried (dimasak dengan sedikit minyak) bisa menjadi salah satu pilihan sehat dalam mengolah makananmu. Selain itu pilih bagian daging yang kandungan lemaknya sedikit. Misalnya untuk daging ayam, pilih bagian dada. Begitu juga dengan daging sapi, kamu bisa mengolah bagian has dalam.

Meski biasanya bagian-bagian tersebut lebih mahal, setidaknya dalam seminggu kamu bisa atur agar bisa mengonsumsinya seimbang dengan makanan kesukaan kamu lainnya. Dengan demikian, sedikit demi sedikit kamu akan memulai gaya hidup yang memperhatikan cara diet sehat.

4. Hindari Konsumsi Alkohol

Para trainer tentunya akan menyarankan Anda untuk menghindari alkohol. Alasannya adalah karena semua jenis alkohol memiliki kandungan kalori tinggi.

5. Olahraga Rutin

cara diet sehat
Seimbangkan olahraga dengan rutinitas dan asupan yang sehat. (Foto: Shutterstock)

Ini dia yang dinanti-nanti, dan tentunya paling direkomendasikan para trainer fitness! Olahraga rutin jelas adalah salah satu cara untuk menyukseskan diet kita sekaligus membentuk postur tubuh yang ideal. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal dan imbangi dengan asupan yang terukur dan bergizi.

6. Batasi Konsumsi Gula

Mengurangi konsumsi gula akan sangat membantu proses diet sehat kamu. Terlalu banyak menyantap hidangan manis akan menyebabkan obesitas. Jika ingin yang manis, konsumsi gula alami yang didapat dari madu dan buah-buahan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.