5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Mei 17, 2018

Di bulan puasa tahun ini, Chef mau berbagi lima tips sahur sehat biar puasa kuat. Seperti yang kita tahu, selain penuh hikmah, bulan puasa juga penuh godaan. Mulai dari godaan lapar sampai godaan yang datang dari aneka es dingin atau takjil yang menghiasi sudut jalanan. Agar puasa kamu makin afdol, ayo coba lima tips dari saya berikut ini ya!

Kurangi makan gorengan dan manis-manis

5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Berbuka dengan buah jauh lebih sehat dibandingkan gorengan. (Foto: Shutterstock)

Waduh, belum apa-apa sudah disuruh mengurangi makan gorengan. Padahal gorengan adalah salah satu makanan yang paling mudah ditemukan di bulan puasa. Gorengan dan makanan manis memang enak, tapi kedua makanan ini dapat meningkatkan gula darah kamu secara drastis! Gorengan dan makanan manis juga mengakibatkan kamu lebih cepat haus.

Solusinya? Dalam seminggu, coba dulu batasi konsumsi gorengan dan makanan manis kamu. Selain lebih sehat, menjalani puasa juga akan jadi lebih mudah.

Ganti kopi dengan teh

5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Teh juga enak kok! Tambah potongan lemon agar makin segar. (Foto: Shutterstock)

Namanya juga orang kantoran, pasti rasanya lesu kalau belum ketemu kopi. Sayangnya, ritual minum kopi ini dapat mempengaruhi puasa. Kopi mengandung kafein yang dapat memicu gejala penyakit maag. Kopi juga bersifat diuretik yang berarti dapat menstimulasi kandung kemih, sehingga menyebabkan produksi urine berlebih.

Solusinya? Kurangi konsumsi kopi kamu dan ganti dengan teh. Meski sama-sama mengandung kafein, teh masih lebih ringan daripada kopi.

“Trik” perut kamu dengan cara ini

Sama seperti kalian, saat-saat menunggu jam berbuka adalah yang tersulit. Perut masih bisa diajak kompromi, tapi mata? Duh bawaannya ingin makan apa saja yang terlihat di depan mata! Lapar mata ini adalah pemicu kenaikan berat badan di bulan puasa yang biasa terjadi. Ketika perut hanya bisa menampung satu mangkuk nasi, tapi mata berkata lain. Alhasil harus beli celana baru untuk Lebaran nanti.

Salah satu tips sahur sehat biar puasa kuat adalah meredakan lapar mata. Pertama, sibukkan diri kamu. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif. Misalnya saja latihan ringan dengan berjalan kaki di sekitaran tempat kerja selama 30 menit. Kalau jalanan di sekitaran kantor kurang memadai, kamu bisa melakukan hal lain seperti menyusun menu sahur atau membaca buku. Intinya, sibukkan diri kamu dengan cara yang produktif.

Rayakan dengan makan malam bersama keluarga

5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Apapun makanannya, berbuka puasa bersama keluarga dijamin lebih nikmat! (Foto: Shutterstock)

Tips sahur sehat biar puasa kuat yang satu ini adalah favoritnya Chef! Kalian pastinya ingat masa-masa pertama kali menjalani puasa penuh saat kecil dulu. Agar puasanya lancar, orang tua kita biasanya memberikan imbalan berupa hadiah atau makanan enak.

Nah, kenapa kita tidak melakukan hal yang sama? Agar puasa semakin nikmat, ‘hadiahi’ diri sendiri dengan makan malam istimewa bersama keluarga di rumah. Meski menunya sederhana, berbuka puasa bersama keluarga akan jauh lebih nikmat dan istimewa!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.