5 Resep Jajanan Pasar untuk Kamu Buat di Rumah

5 Resep Jajanan Pasar untuk Kamu Buat di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|November 29, 2020

Tak hanya keindahan alamnya, Indonesia juga punya kuliner historis yang beraneka ragam. Salah satunya yang paling unik adalah jajanan pasar. Sering ditemui di pasar tradisional, aneka panganan rakyat ini punya rasa manis, gurih, pedas, atau kecut sesuai dengan jenisnya. Yang membuat spesial adalah kelezatannya yang tak lekang waktu.

Buat kamu yang ingin melepas rasa kangen belanja jajanan di pasar, simak 5 rekomendasi reseo jajanan pasar dariku yang wajib kamu buat di rumah!

1. Kue Pukis Green Tea, jajanan pasar dengan gaya kekinian

Jajanan pasar Kue Pukis dengan Topping Cokelat disajikan di atas meja kayu.
Kue pukis bisa juga dimodifikasi dengan SariWangi Teh Hijau. (Foto: Shutterstock)

Sering ditemui di pasar tradisional, kue pukis paling nikmat jika disantap saat masih hangat. Teksturnya yang empuk dan chewy akan membuatmu ingat dengan dorayaki atau kue dadar Negeri Sakura. Untuk yang satu ini, MAHI menggunakan topping spesial yaitu SariWangi Teh Hijau. Rasa manis pukis berpadu dengan harumnya teh dijamin bikin kamu ingin nambah!

Simak resep kue pukis green tea yang unik ini, yuk!

2. Semar Mendem, panganan klasik tak lekang waktu

Memiliki penampilan yang mirip lemper, semar mendem memiliki cita rasa gurih yang berasal dari ayam suwir, nasi ketan, dan santan. Selain itu, kulit luarnya yang dibuat dari adonan tepung memiliki tekstur kenyal. Semar mendem paling nikmat disantap sembari ngobrol hangat bersama keluarga, bukan?

Penasaran untuk mencoba? Yuk, cek resep semar mendem berikut ini!

3. Onde-Onde Kacang Hijau, si bulat yang bikin nagih

Kecil-kecil bikin nagih, itulah jajanan pasar yang satu ini. Onde-onde dapat dengan mudah kamu temui di pasar tradisional, toko kue, maupun di online shop dalam bentuk frozen food. Isinya pun beraneka ragam, dari cokelat, keju, hingga kacang hijau yang harum dan spesial.

Buat kamu penggemar jajanan pasar asli Mojokerto yang satu ini, langsung cek cara membuat onde-onde berikut ini!

4. Wajik, teman setia klepon dan juga kue putu

Sesuai namanya, jajanan pasar yang satu ini memiliki bentuk wajik. Harum, manis, dan pulen di lidah, wajik cocok dinikmati bersama secangkir teh hangat. Membuatnya pun relatif mudah, cukup kukus beras ketan, tambahkan gula merah, santan, Bango Kecap Manis Light, dan daun pandan, lalu bentuk di cetakan yang telah kamu siapkan. Dijamin soremu makin sempurna dibuatnya!

Tidak sabar mencoba cemilan tradisional ini? Cek resep wajik di sini!

5. Ketan Serundeng, cocok untuk makan pagi

Buat kamu yang kangen dengan kota Lembang, hadirkan gurihnya ketan serundeng di meja makan sambil bernostalgia bersama keluarga. Tekstur pulen ketan dipadukan dengan pedasnya serundeng dijamin membuat jajanan pasar satu jadi idola barumu.

Gimana, sudah penasaran ingin mencoba? Simak resep ketan serundeng dan praktikkan sekarang juga!

Nah, itulah 5 jajanan pasar yang beraneka ragam rasanya. Dari gurih, pedas, hingga manis, setiap gigitan akan membuatmu ketagihan. Apalagi jika dinikmati saat sore hari dengan sepoci teh atau kopi hangat, sungguh sempurna sensasinya. Yuk, langsung ke dapur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.