Ide Resep Cemilan Pedas yang Bikin Ketagihan | MAHI

Ide Resep Cemilan Pedas Bikin Nagih yang Bisa Kamu Olah di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Valentina|September 25, 2022

Siapa yang suka mencari resep cemilan pedas untuk sore hari? Makanan selingan yang hangat sekaligus pedas memang paling cocok disajikan sebagai menu camilan sore sebelum makan malam. Rekomendasi Masak Apa Hari Ini soal snack pedas kali ini cukup bervariasi, yaitu menghadirkan camilan tradisional sekaligus camilan kekinian seperti corn dog dan pentol.

Inspirasi Cemilan Pedas yang Bikin Lupa Diri

Buat kamu penggila rasa pedas, makanan tanpa bikin lidah terasa panas mungkin kurang menantang. Sebagai alternatif jajan, tantang dirimu untuk bikin sendiri makanan selingan dengan cabai berlimpah di rumah, yuk! Selain lebih hemat, makanan ini juga bisa dinikmati bareng keluarga dan teman.

1. Otak-otak mercon

Kalau biasanya otak-otak disajikan dengan sambal kacang, kali ini potongan adonan ikan yang digoreng tersebut bersalut sambal mercon yang bikin lupa berhenti. Setelah otak-otak direbus hingga matang, jangan lupa celupkan ke dalam air es, ya! Selain untuk menghentikan proses pematangan, air es membuat adonan ikan jadi lebih kenyal.

2. Pentol mercon bakar

resep pentol bakso ayam dalam tusuk sate mini.
Pentol Bakso Ayam Saus Pedas Manis untuk cemilan pedas yang bikin ketagihan. (Foto: Shutterstock)

Kalau sedang mencari cemilan pedas yang tak digoreng, pentol bisa jadi pilihan. Diracik dari adonan daging ayam bersalut bumbu pedas, pentol mercon bakar dapat kamu jadikan sebagai menu lauk sekaligus. Jadi nggak usah masak lauk lagi, kan?

3. Risoles sayur ayam pedas

Kalau ini wajib banget kamu jadikan sebagai stok camilan dalam freezer. Bikin sekaligus banyak dan sebelum digoreng, pisahkan risoles yang akan jadi stok ke dalam freezer. Agar lebih mudah dipisahkan saat sedang beku, beri sekat di tiap tumpuk dengan baking paper atau plastik. Cobain deh, risoles isi sayur ayam dengan tambahan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng ini!

4. Ceker mercon

Untuk memasak ceker mercon lebih cepat, rebus ceker dalam panci presto hingga empuk. Matikan api, lalu masukkan ke dalam tumisan bumbu mercon dengan sentuhan pedas manis dari Bango Kecap Manis. Setelah itu, masak di atas api sedang hingga meresap.

5. Tahu mercon

Cara buat tahu crispy Tahu Mercon tersaji.
Tahu isi sayuran dengan bumbu pedas. (Foto: MAHI)

Yang ini dobel pedesnya, pas buat kamu yang ingin menantang kemampuan lidah. Tahu mercon ini merupakan tahu isi dengan bumbu pedas yang disajikan dengan sambal kecap pedas dari Bango Kecap Manis. Siapkan lebih banyak dan pisahkan untuk digoreng sebagai lauk sarapan nasi uduk atau nasi kuning keesokan harinya.

6. Cireng crispy saus pedas manis

Supaya adonan cireng tetap empuk dan tidak keras meski sudah tak panas, aduk tepung tapioka bersama air panas. Saat membentuk cireng, taburi telapak tangan dengan tepung tapioka agar adonan cireng tidak lengket dan mudah dibentuk. Cireng crispy saus pedas manis paling cocok ditemani dengan segelas es teh manis SariWangi Teh Asli.

7. Corn dog saus mayo pedas

Corn dog disajikan di atas talenan dengan saus.
Ide cemilan pedas sambil nonton drakor. (Foto: MAHI)

Untuk membuat lapisan adonan corn dog yang menyelimuti sosis lebih rapi, gunakan gelas tinggi agar adonan mudah merata. Celupkan sosis sambil memutar tusuk sosis agar adonan rata mengelilingi sosis. Goreng dalam minyak banyak atau cukup untuk merendam corn dog agar warna cokelat keemasan lebih merata.

8. Kaki naga jamur pedas

Gunakan sumpit berbahan bambu untuk dijadikan sebagai stik adonan kaki naga karena lebih tebal dan tak mudah putus. Goreng kaki naga dalam minyak panas di atas api sedang agar permukaan kaki naga tidak cokelat gelap sebelum bagian dalamnya matang.

Yuk, cobain resep-resep cemilan pedas di atas, dimulai dari pilihan yang bahan-bahannya paling sederhana! Misalnya corn dog atau cireng dengan saus pedas. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.