Ragam Tips Membersihkan Cobek Batu

Tim MAHI|September 24, 2018

Banyak yang mengira kalau cobek batu hanya cukup dibilas saja setelah dipakai. Padahal dengan telaten memperhatikan kebersihannya akan berfaedah untuk kesehatan keluarga di rumah. Berikut MAHI berbagi tips membersih cobek batu yang bisa kita coba di rumah.

cobek batu
Tahu, tempe, ayam, daging, ataupun ikan lezat tersaji di atas cobek dan beralaskan sambal. (Foto: Shutterstock)

Cobek Batu

Cobek dan ulekan dari jenis batu adalah yang terbanyak dipakai di rumah tangga masyarakat Indonesia. Untuk itu, cara membersihkannya juga berbeda dengan bahan keramik ataupun kaca. Yuk, kita simak caranya berikut ini:

Bilas Cobek dan Ulek Dengan Air

Setelah selesai dipakai, segera bilas cobek dan ulek batu dengan menggunakan air hangat. Bahan batu dapat mudah kotor bila terlalu lama diendapi sisa bumbu yang bersifat asam ataupun berminyak.

Bersihkan dengan Telaten

Gunakan tangan ataupun sikat kasar agar lebih teliti membersihkan yang tertinggal. Setelahnya bersihkan dengan menggunakan sabun yang tidak diberikan pewangi. Sabun yang wangi justru akan meninggalkan bau pada cobek dan akan berimbas pada bumbu yang akan dibuat berikutnya. Setelahnya, letakkan di tempat cucian piring agar kering.

Gunakan Beras agar Lebih Bersih

Pertama pastikan dulu cobek dan ulekan dalam keadaan kering. Kemudian, tuangkan sekitar dua sendok makan beras putih ke dalam cobek. Ulek hingga beras mulai berwarna gelap. Buang dan ulangi proses yang sama hingga beras benar-benar putih, menandakan bahwa cobek sudah bersih sepenuhnya.

Bilas dengan Air Hangat

Sebagai kelanjutan proses membersihkan dengan menggunakan beras, langkah berikutnya adalah untuk membilas cobek dan ulekan dengan air hangat. Dengan membilasnya, maka sisa makanan pada cobek ataupun ulekan dapat hilang sepenuhnya. Setelahnya, letakkan di tempat cucian piring agar kering.

cobek batu
Masakan Indonesia dikenal menggunakan cobek sebagai media presentasi dan bukan sekadar saat diolah. (Foto: Shutterstock)

Cobek Granit

Selain batu, di dapur-dapur masa kini banyak juga yang memiliki cobek dan ulekan jenis lain, atau yang terbuat dari granit. Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Bilas cobek dan ulekan segera setelah digunakan agar meminimalisir hadirnya noda. Bahan granit rentan terkena noda membandel akibat makanan yang bersifat asam atau berminyak.
  2. Cuci cobek dan ulekan granit dengan menggunakan air hangat dan sabun atau cairan pembersih. Gunakan sabun tanpa bau agar tidak meninggalkan wewangian sehingga berpengaruh pada makanan yang akan diolah. Untuk noda membandel, gunakan sikat.
  3. Bilas dengan air hangat untuk menghilangkan residu. Terakhir, gunakan lap bersih untuk mengelap cobek dan ulekan agar noda air tidak membentuk di badan granit.

Demikian tips-tips singkat agar cobek dan ulekan di dapur tetap bersih dan dapat digunakan hingga bertahun-tahun. Setelah bersih, tentu waktunya untuk memasak, bukan? Jangan lupa cek bagian resep dari MAHI untuk inspirasi memasakmu hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.