Ragam Material Wajan Anti Lengket yang Perlu Kamu Ketahui

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Oktober 17, 2018

Kamu pasti akan lebih memilih wajan anti lengket ketimbang membeli wajan berbahan aluminium atau stainless steel yang beresiko membuat bahan makanan menempel pada wajan. Bahan alat masak anti lengket politetrafluoroetilena (PFE) atau yang populer disebut Teflon Рsesungguhnya adalah sebuah merek dagang dan biasanya jadi pilihan pertama kebanyakan orang jika bicara soal wajan anti lengket.

Menambah perbendaharaan kita akan bahan makanan ataupun alat-alat masak tentu sangat penting, terlebih bagi mereka yang doyan memasak. Untuk itulah Chef ingin berbagi jenis-jenis material wajan lainnya yang akan berguna bagi perkembanganmu nanti sebagai pecinta masak di dapur. Berikut adalah daftarnya.

Marble

Beberapa tahun belakangan lapisan marble populer di industri alat masak sebagai lapisan anti lengket. Marble bukan hanya digunakan sebagai material wajan anti lengket, tetapi juga sebagai lapisan grill pan dan panci. Sejak diperkenalkan, variasi lapisan marble kini banyak diproduksi dengan berbagai model dan warna.

wajan anti lengket berisi ayam panggang yang siap dihidangkan
Pilih wajan marble pan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. (Foto: Shutterstock)

Cast iron atau besi cor

Trik agar bahan makanan tidak lengket pada wajan cast iron adalah wajan harus benar-benar panas saat bahan akan dimasak. Material ini memang cenderung jarang digunakan di dapur rumahan karna wajan berbahan cast iron cenderung mahal dan berat. Material besi cor memang lebih lama menghantarkan panas, tetapi mampu mempertahankan suhu panas lebih lama.

Hard anodized

Bahan ini belakangan menjadi populer sebagai lapisan anti lengket pada alat masak. Warnanya hitam, bertekstur halus dan mudah menghantarkan panas. Lapisan ini cukup populer digunakan beberapa merek alat masak sebagai pilihan baru bagi pengguna material politetrafluoroetilena (PFE).

Ceramic

Wajan warna-warni dengan lapisan ceramic warna putih cenderung memikat para ibu muda yang ingin memiliki alat dapur yang gaya. Alat masak yang diberi lapisan keramik ini sesungguhnya adalah alat masak berbahan logam yang diberi lapisan keramik, atau tanah liat yang dibakar pada suhu tinggi.

wajan anti lengket
Ingin dapurmu terlihat gaya? Pilih wajan berlapis keramik dengan warna warni genit. (Foto: Shutterstock)

Setelah memilih material wajan yang sesuai dengan kebutuhanmu dan menggunakannya sepenuh hati, tentu kita juga tidak boleh lupa untuk merawatnya. Salah kalau kita berpikir tak perlu merawat alat masak. Alat masak seperti wajan pun wajib dirawat dengan cara pemakaian hingga pencucian yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa kamu tempuh di rumah:

  1. Gunakan sutil atau spatula berbahan kayu atau yang tidak berpotensi menggores wajan.
  2. Hindari langsung mencuci wajan atau menyiramnya dengan air dalam keadaan baru saja diangkat dari kompor. Berikan waktu beberapa saat hingga tidak panas agar tidak merusak wajan karena perubahan suhu yang drastis.
  3. Cuci wajan anti lengket dengan spons busa yang lembut. Hindari mencuci dengan sabut pencuci kasar apalagi yang berbahan kawat agar alat masakmu tidak tergores.

Resep masakan

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.