7 Peralatan Dapur Modern yang Kamu Butuhkan di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Mei 2, 2019

Peralatan dapur mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Seiring perubahan zaman, ada banyak peralatan dapur modern yang memudahkan para ibu di rumah untuk memasak lebih cepat dan efisien. Jika dulu menanak nasi perlu waktu hingga satu jam di atas tungku, kini memasak nasi hanya perlu 10 menit saja di rice cooker sebagai contohnya.

Namun selain rice cooker, peralatan dapur apa lagi ya yang menawarkan kemudahan dan efisiensi waktu? Berikut kami rangkum tujuh peralatan dapur modern dan esensial yang perlu kamu miliki.

1. Multi Cooker

Multi cooker bisa disebut sebagai versi canggih dari rice cooker. Punya bentuk yang mirip, multi cooker menawarkan fungsi yang lebih beragam dari rice cooker. Seperti namanya ‘multi’, produk ini bisa kamu pakai untuk menggoreng, memanggang, hingga mengukus makanan.

Harga peralatan dapur ini pun tentu lebih mahal dari rice cooker biasanya. Tertarik punya ‘robot kecil serba bisa’ ini?

2. Knife Sharpener

Knife sharpener, peralatan dapur paling penting.
Jangan lupa investasi peralatan dapur seperti knife sharpener yang akan sangat membantumu. (Foto: Shutterstock)

Mengasah pisau sudah dikenal dari zaman dahulu kala. Namun, cara mengasah pisau semakin berkembang dan kemudahannya semakin terasa. Jika nenek kita zaman dulu mengasah pisau menggunakan batu, kini ada peralatan dapur khusus yang populer dengan sebutan ‘knife sharpener’.

Bentuknya cukup bervariasi, tapi yang paling umum ditemukan adalah knife sharpener berbentuk panjang seperti pisau besar. Bahkan ada juga sejenis knife sharpener yang memungkinkan kita mengasah dua pisau sekaligus!

3. Slow Press Juicer

Siapa yang tak suka minum jus? Minuman segar dari buah ini menjadi alternatif untuk kamu yang malas makan buah. Kini, peralatan dapur pembuat jus sudah sangat beragam. Salah satu yang sedang jadi primadona adalah Slow Press Juicer. Mesin ini mengolah buah-buahan atau sayuran dengan lebih lambat sehingga nutrisinya dinilai lebih terjaga.

4. Air Fryer

Jika kamu tak bisa lepas dari gorengan,maka air fryer bisa masuk ke dalam daftar peralatan dapur incaranmu. Peralatan dapur ini bisa menggoreng makanan tanpa minyak. Jadi lebih sehat kan? Air fryer menggunakan udara panas berkecepatan tinggi sehingga bisa membuat makanan matang dan bertekstur renyah seperti digoreng.

5. Steam Oven

Steam oven, peralatan dapur untuk memasak makanan sehat.
Steam oven adalah pilihan tepat dan sehat pengganti fan oven yang tradisional. (Foto: Shutterstock)

Steam oven juga menjadi solusi untuk kamu yang ingin hidup sehat. Berbeda dengan oven biasa, steam oven perlu menambahkan air untuk menyempurnakan proses pematangan. Uap panas yang diberikan oleh air dipercaya bisa membuat tekstur makanan lebih terjaga nutrisinya. Kekurangan steam oven hanyalah tidak bisa membuat makanan terlihat kecokelatan seperti layaknya dipanggang dalam oven biasa. Meskipun demikian, alat ini akan banyak membantumu dalam proses masak sehari-hari.

6. Peralatan dapur untuk pemotong kentang goreng

Mesin pemotong kentang goreng untuk resep French fries.
Dengan alat ini, menyiapkan French fries menjadi lebih mudah. (Foto: Shutterstock)

Tak punya waktu mengupas dan memotong kentang? Serahkan saja pada peralatan dapur yang satu ini. Alat pemotong makanan instan sudah banyak variasinya. Kini, kamu juga bisa memotong kentang untuk membuat french fries dalam hitungan detik saja. Memasak jadi semakin praktis!

7. Bread Maker

Bread Maker atau alat pembuat roti secara instan juga semakin banyak diminati. Para ibu sudah tidak perlu lagi menguleni bahan roti dan takut adonan tidak mengembang. Kita hanya perlu memasukkan bahan-bahan ke dalam bread maker. Secara otomatis, peralatan dapur modern ini akan membantu proses pelumatan adonan, fermentasi, hingga pemanggangan. Praktis bukan?


Ngomong-ngomong, peralatan dapur modern mana nih yang mau kamu investasikan terlebih dahulu? Pastikan untuk memulainya dengan alat masak yang kamu perlukan sehari-harinya terlebih dahulu. Perhatikan juga tips membeli macam-macam panci sesuai fungsinya ataupun cara memasak dengan rice cooker yang seru. Selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.