8 Menu Sarapan Pagi Rendah Karbo Tinggi Protein

Maddie|April 20, 2018

Untuk kamu para pekerja kantoran, pasti sering melewatkan sarapan pagi. Dulu aku termasuk yang jarang sarapan pagi. Alasannya? Sering bangun kesiangan atau lebih memilih jajan di kantor. Tapi seiring berjalannya waktu, pengeluaranku semakin boros dan pinggang jadi semakin melebar. Ya ampun! Akhirnya aku sadar kalau tidak sarapan, aku cenderung jadi lapar mata dan lebih rakus saat makan siang. Sekarang, aku belajar menyisihkan waktu untuk membuat sarapan pagi yang rendah karbo tinggi protein. Mau tahu apa saja menunya? Intip 8 menu berikut!

Cauliflower Hash Browns

8 Menu Sarapan Pagi Rendah Karbo Tinggi Protein
Lebih renyah dan rendah kalori. (Foto: Shutterstock)

Pernah mencoba potato hash browns yang ada di restoran cepat saji? Ternyata menu ini ada versi yang lebih sehatnya lho! Kamu tinggal mengganti kentang dengan kembang kol. Menggandung banyak protein, kembang kol juga rendah akan karbo.

Untuk memasak Cauliflower Hash Browns, kamu membutuhkan kembang kol, telur, bawang bombai, keju cheddar, olive oil dan tepung maizena. Sebelum memasak, kamu harus menghaluskan kembang kol terlebih dulu di dalam food processor atau blender. Ingat, jangan sampai halus. Pastikan kembang kol masih kasar dan memiliki tekstur. Kemudian, di dalam mangkuk besar, masukkan kembang kol, telur, potongan bawang bombai, keju dan tepung maizena. Aduk hingga rata. Di panci panas yang sudah diolesi minyak sayur masukkan dua sendok adonan kembang kol dan masak hingga matang. Ulangi hingga adonan habis.

Gado-Gado Saus Almond

Gado-gado yang satu ini lebih sehat dan bikin kenyang! Untuk menu ini kamu membutuhkan dada ayam tanpa tulang, telur rebus, tauge, selada, almond butter, kecap rendah gula, jeruk nipis, daun jeruk dan bumbu halus (kencur, kemiri, cabe merah, cabe rawit dan garam). Pertama, rebus ayam dan tauge hingga matang. Kemudian, campur bumbu halus dengan almond butter, daun jeruk lalu encerkan dengan air. Tambahkan kecap rendah gula dan air jeruk nipis secukupnya. Susun ayam, telur, tauge dan selada di atas piring lalu siram dengan bumbu kacang.

Spinach & Feta Lettuce Wraps

Sarapan ala orang Meksiko yuk! Untuk menu ini kamu membutuhkan telur, bayam, keju feta, tomat, black pepper, selada keriting, dan garam. Di dalam mangkuk sedang, masukkan semua bahan kecuali selada keriting. Aduk orak-arik hingga masak. Setelah telur matang, bungkus dengan daun selada keriting.

Cheese & Red Pepper Frittata

Doyan telur tapi bosan makan telur ceplok? Frittata ini lezat dan bikin kenyang! Untuk menu ini kamu membutuhkan telur, paprika merah, bawang bombai, bawang putih, oregano, black pepper, keju cheddar dan garam. Langkah pertama, tumis bawang putih, bawang bombai, dan paprika merah hingga harum. Kemudian masukkan oregano dan garam. Di mangkuk berukuran sedang, kocok lepas telur dan masukkan tumisan bawang. Di panci berukuran sedang, masukkan adonan telur dan taburkan keju cheddar di atasnya. Masak hingga matang.

Slow Cooker Vegetable Omelet

Salah satu investasi dapur terbaik yang pernah aku lakukan adalah membeli slow cooker. Dengan alat ini aku bisa masak di malam hari dan besoknya sarapan lezat sudah siap menanti! Untuk menu ini kamu membutuhkan telur, susu almond, bawang putih, paprika merah, bawang bombai, keju mozzarella, dan black pepper. Sebelum memasak, olesi permukaan panci slow cooker dengan minyak sayur hingga rata. Lalu, di mangkuk berukuran sedang kocok telur bersama susu, black pepper dan bawang putih hingga rata. Masukkan adonan ke dalam slow cooker. Kemudian, masukkan potongan paprika, bawang bombai dan keju. Masak dengan setting high selama 2,5 jam.

Sup Tahu Tinggi Protein

Menu yang satu sangat praktis karena serba cemplang-cemplung! Untuk menu ini kamu membutuhkan tahu, sawi putih, dada ayam tanpa tulang, jamur, daun bawang, bawang merah, bawang putih, black pepper, air dan garam. Cara memasaknya: rebus air hingga mendidih lalu masukkan bawang putih dan bawang merah. Kemudian masukkan tahu, sawi, dada ayam, jamur, bawang daun, black pepper dan garam. Masak hingga matang.

Sup Brenebon

8 Menu Sarapan Pagi Rendah Karbo Tinggi Protein
Perut kenyang tanpa takut berat badan naik. (Foto: Shutterstock)

Selain enak dimasak sebagai makanan pencuci mulut, kacang merah juga lezat dijadikan sup. Untuk menu sarapan pagi kaya protein ini kamu membutuhkan kacang merah, daging sapi yang sudah direbus, bawang bombai, bawang putih, seledri, jahe, cengkeh, daun bawang, dan kaldu ayam bubuk. Cara membuatnya: Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Di panci berukuran sedang, rebus air bersama kaldu bubuk. Masukkan tumisan bawang ke dalam panci bersama kacang merah, rebusan daging, jahe, dan cengkeh. Ketika hampir matang, masukkan daun bawang dan seledri. 

Tumis Udang Brokoli

Tumisan memang tidak pernah salah! Untuk menu ini kamu membutuhkan udang, brokoli, cabe merah, bawang bombai, bawang putih, bawang daun, kecap manis, kaldu ayam bubuk, dan minyak sayur. Cara membuatnya: Tumis bawang, cabe merah dan bawang daun hingga harum. Kemudian masukkan udang dan brokoli. Aduk hingga rata. Terakhir, masukkan kaldu ayam bubuk dan kecap manis. Aduk rata dan sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.