Jenis Masakan


Jangan Dulu Buang Teh Basi, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Agustus 29, 2019

Tak lengkap rasanya jika tidak menyimpan persediaan teh di rumah. Tak hanya untuk dikonsumsi sendiri, teh juga seringkali dibuat untuk menjamu tamu. Rupanya ada studi yang menemukan bahwa teh basi bisa memiliki manfaat untuk kesehatan – dari kesehatan kulit hingga rambut! Meskipun demikian, konteks teh basi tentunya tidak selalu diartikan sebagai teh yang telah kadaluarsa. Karena teh bekas seduhan juga rupanya bisa dimanfaatkan.

Nah, berikut adalah hal-hal yang bisa kamu manfaatkan dari kehadiran sisaan teh di rumah!

1. Teh basi meredakan peradangan

Air teh hijau dituangkan ke dalam gelas
Teh hijau rupanya memiliki banyak manfaat kesehatan. (Foto: Shutterstock)

Inflamasi atau peradangan pada kulit kerap terjadi akibat paparan sinar matahari. Teh, khususnya teh hijau memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu menenangkan kulit dan meredakan kemerahan. Caranya, seduh teh terlebih dahulu, lalu kompres wajah dengan lembut. Teh hijau juga memiliki antioksidan yang dipercaya bisa mencegah kanker.

2. Mengurangi kantung mata

Salah satu manfaat teh yang umum diketahui adalah membantu menghilangkan kantung mata. Namun, hal yang perlu diketahui bahwa kantung mata yang dimaksud adalah lingkaran hitam yang muncul akibat kurang tidur atau kelelahan. Beda dengan eye bag berisi lemak yang biasanya muncul karena faktor turunan.

Kamu bisa menggunakan kantung teh yang telah digunakan. Dalam keadaan basah, kompres kantung teh pada mata yang tertutup. Biarkan kandungan anti-infalamasinya memperbaiki sistem kulit di daerah mata.

3. Meredakan bentol akibat gigitan serangga

Teh basi juga dapat membantu meredakan bentol-bentol akibat gigitan serangga. Kandungan epigallocatechin gallate pada teh hijau dapat membantu meredakan gejala alergi. Tak hanya karena gigitan serangga tapi juga karena debu atau bulu hewan.

Kompres kulit dengan air teh yang telah diseduh. Kamu juga bisa melumatkan teh hijau hingga berbentuk bubuk dan mencampurkannya dengan madu.

4. Membantu hilangkan ketombe

Kita juga bisa memanfaatkan teh basi untuk kesehatan rambut, salah satunya adalah meredakan ketombe. Ketombe umumnya muncul karena tumbuhnya jamur Malassesia globose. Kotoran jamur tersebut membuat kulit kepala iritasi dan mengelupas.

Pertumbuhan jamur dapat diminimalisir dengan teh. Manfaatkan teh basi untuk mencuci rambut. Bonusnya, air teh juga dapat membuat warna rambut makin pekat.

5. Menghilangkan bau kaki

Kaki wanita direndam di air hangat
Teh kadaluarsa bisa dimanfaatkan untuk merendam kaki. (Foto: Shutterstock)

Teh yang sudah kadaluarsa juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau kaki. Bau tak sedap pada kaki biasanya disebabkan oleh bakteri dan jamur yang muncul akibat suhu yang terlalu lembap. Kandungan asam tannin pada teh dapat mengatasi pertumbuhan jamur.

Seduh teh dalam air hangat pada baskom kecil. Rendam kaki selama beberapa menit. Dibandingkan air hangat biasa, air teh dapat meredakan bau dengan lebih cepat!

Demikian lima manfaat teh basi yang bisa kamu dapatkan. Semakin banyak kita memanfaatkan barang-barang kadaluarsa atau bekas, semakin besar kontribusi kita untuk mengurangi sampah rumah.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.