Manfaat Garam Laut dan Perbedaannya dengan Garam Meja

Ketahui Kekayaan Manfaat Garam Laut dan Perbedaannya dengan Garam Meja

Simpan ke bagian favorit

Maddie|November 30, 2020

Dalam kegiatan memasak sehari-hari, garam adalah bumbu dapur yang paling akrab kita gunakan. Selain membuat masakan terasa lebih sedap, manfaat garam juga mencakup aneka nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Sesuai namanya, garam laut berasal dari air laut yang menguap dan kemudian dipanen serta diproses lebih lanjut untuk kemudian siap dikonsumsi.

Warna garam laut cenderung lebih gelap dari garam meja karena ia mengandung mineral dari lapisan tanah liat dan air laut. Nutrisinya pun tak main-main, lho. Garam laut bisa mengandung hingga sebanyak 82 nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, antara lain kalsium, kalium, iodin, sodium, dan sebagainya. Kandungan ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit, kesehatan kulit, dan memenuhi kebutuhan mineral tubuh.

Di kesempatan kali ini, tim MAHI akan berbagi manfaat garam laut serta perbedaannya dengan garam meja yang tak kalah dalam nutrisi dan manfaatnya!

Mengenal manfaat garam laut untuk tubuh

Seorang wanita tengah membubuhkan garam pada masakannya.
Ada banyak cerita tentang garam lebih dari hanya sebagai bumbu masak. (Foto: Shutterstock)

1. Menjaga kesehatan kulit dan menghindari peradangan

Buat para penggiat skincare, pastinya familiar dengan manfaat garam laut dalam mencegah penuaan dini. Garam laut dapat membantu menjaga kelembaban dan mencegah peradangan serta jerawat di permukaan kulit wajah. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium yang bersifat anti-inflamasi. Selain itu, garam juga membantu membuang racun dan mengecilkan pori-pori, serta mempercepat pergantian sel. Skincare yang murah meriah, bukan?

2. Menjaga keseimbangan elektrolit

Garam laut kaya akan kandungan magnesium, kalium, kalsium, dan natrium. Hal ini membuatnya jadi salah satu sumber elektrolit yang luar biasa. Tubuh manusia membutuhkan elektrolit untuk menjaga komposisi dan sirkulasi darah, resistensi otot, serta fungsi tubuh secara keseluruhan. Cara menambahkannya pun mudah dan murah. Cukup tambahkan garam laut secukupnya ke dalam minumanmu.

3. Mencegah kram otot

Sering mengalami nyeri dan kram otot? Bisa jadi kamu kurang mengkonsumsi potasium dan magnesium. Garam laut bisa menjadi solusi untuk meredakan kram dan memperkuat otot tubuhmu. Mandi air garam laut menghasilkan efek osmosis yang mencegah penumpukan racun di tubuh. Inilah yang membuat garam laut berguna dalam mengurangi rasa lelah dan kaku yang tak kunjung reda.

4. Menjaga kualitas tidur nyenyak

Buat kamu yang memiliki kesulitan untuk tidur, garam laut bisa menjadi solusi tidur nyenyakmu. Dilansir dari Insomnialand, mandi dengan menggunakan garam laut dapat memberikan sensasi rileks dan melemaskan otot yang tegang. Selain itu, mengkonsumsi garam laut juga dapat mencegah kebiasaan ngiler atau air liur berlebih saat tidur.

Perbedaan garam laut dan garam meja

Bergunung-gunung garam laut baru dipanen.
Tampilan tambak garam laut sedang dipanen. (Foto: Shutterstock)

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat garam laut? Namun, meskipun sama-sama asin, ternyata garam laut dan garam meja berbeda, lho. Seperti yang sudah disebutkan, garam laut berasal dari penguapan air laut yang kemudian menjadi garam. Berbagai daerah memiliki proses pembuatan yang berbeda, dan setiap daerah menghasilkan variasi mineral, warna, tingkat keasinan, dan tekstur yang berbeda pula.

Umumnya, garam laut berbentuk kristal tak beraturan dengan ukuran besar. Garam laut cenderung dihargai lebih mahal karena dirasa lebih sehat dibanding garam meja. Sebaliknya, garam meja identik dengan tekstur yang lebih halus dan kadar asin yang berbeda. Garam meja juga mengandung yodium, nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tiroid. Kekurangan yodium dapat menyebabkan tiroid yang tak bekerja secara maksimal. Akibatnya bervariasi, dari gondok sampai kelenjar tiroid yang membengkak. Garam meja biasa diproduksi di tambak sehingga harganya lebih murah. Kandungan yodium tergantung pada pupuk, irigasi, dan proses pembuatannya.

Apapun tipe garam yang kamu sukai, pastikan kamu mengkonsumsinya sesuai dengan takaran yang sewajarnya, ya. Menurut American Dietary Guidelines, konsumsi garam sebaiknya tidak melebihi 2,300 miligram per hari. Alih-alih darah tinggi atau penyakit lainnya, konsumsi garam yang bijak akan mendatangkan manfaat garam yang baik untuk tubuh! Bagaimana, sudah terpikir untuk mencoba memasak dengan garam laut hari ini?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.