7 Ide Olahan Sisa Makanan Lebaran yang Menumpuk di Kulkas | MAHI

7 Ide Olahan Sisa Makanan Lebaran yang Menumpuk di Kulkas

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Mei 2, 2022

Sudah mulai bosan dengan masakan bersantan seperi rendang, opor, gulai, dan menu khas  Idul Fitri lainnya tapi masih memenuhi kulkas? Kamu butuh ide olahan sisa makanan Lebaran supaya tak bosan mengonsumsinya hingga habis. Supaya tak melulu hanya nasi goreng, beberapa menu di bawah ini bisa kamu sajikan sebagai ide lain nggak kalah enak.

Ide Olahan Sisa Makanan Lebaran yang Wajib Coba

Camilan hingga sepinggan komplet ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk menghabiskan menu Lebaran yang menumpuk di kulkas.

1. Kroket isi rendang

Camilan yang dibuat dari kentang tumbuk ini akan terasa lebih mantap bila diisi dengan daging rendang yang disuwir. Bumbui kentang kukus yang sudah ditumbuk, kemudian bentuk lonjong dengan isian rendang suwir. Kroket jadi terasa lebih istimewa, kan?

2. Samosa isi gulai daging dan sayuran

Samosa disajikan dalam piring hitam dan disandingkan dengan saus sambal.
Sajikan samosa sebagai kejutan sore untuk keluarga. (Foto: Shutterstock)

Kamu bisa membuat samosa dari gulai daging sapi atau gulai daging ayam yang disuwir terlebih dahulu, kemudian tumis bersama sayuran cincang seperti wortel, buncis, atau zucchini dengan tambahan daun bawang iris. Bungkus dengan kulit lumpia kotak yang dipotong persegi, kemudian diisi dengan tumisan gulai dengan sayur dan dilipat membentuk segitiga. Tinggal goreng, deh!

3. Puff pastry isi kari

Kalau kari termasuk hidangan favorit keluarga kamu di Hari Raya, sebaiknya jangan melewatkan ide menarik ini. Padukan kari daging ayam atau kari daging cincang dengan sayuran beku seperti kacang polong, wortel, dan buncis sebagai isian curry puff. Siapkan lembaran puff pastry siap pakai, isi dengan kari daging-sayuran, lipat atau bentuk sesuai selera. Olesi bagian atasnya dengan kuning telur, kemudian panggang dengan suhu panas 180 hingga 200 derajat Celcius  hingga matang. Praktis buat sarapan, kan?

4. Kupat tahu, ketoprak, atau tahu tek 

ketoprak MAHI
Manfaatkan lontong sisa untuk membuat sarapan enak. (Foto: MAHI)

Saatnya memanfaatkan ketupat atau lontong sisa Lebaran. Kamu bisa mengolahnya sebagai bahan utama kupat tahu, ketoprak, atau tahu tek. Pilih yang bahan-bahannya paling banyak tersedia di dapurmu. Untuk ketiga hidangan ini, jangan lupa selalu sertakan Bango Kecap Manis agar makin mantap.

5. Arem-arem atau lemper 

Opor ayam sangat pas dijadikan untuk isian arem-arem atau lemper ketan. Buat kamu yang ingin bebas ribet, kamu tak perlu membungkus lemper ketan dengan daun pisang satu per satu, tetapi alasi pinggan tahan panas dengan daun pisang yang sudah diolesi minyak, kemudian letakkan nasi ketan, lapisi dengan opor suwir, lalu tutup kembali dengan nasi ketan dan daun pisang. Kukus hingga matang, lemper siap dipotong-potong dan disajikan. Gunakan nasi atau mi bersalut telur dan kuah opor bila ingin membuat arem-arem.

6. Bihun goreng rendang 

Tumis bihun bersama rendang suwir dan bumbunya. Padukan juga dengan telur orak arik dan sayuran seperti kol, buncis, wortel, dan daun bawang iris. Tambahkan Bango Kecap Manis agar lebih istimewa. Siapkan juga acar mentimun dan kerupuk supaya santap bihun terasa lebih komplet. Seru, kan!

7. Kari ayam udon

resep kari ayam udon selesai dimasak
Kari ayam udon dari sisa makanan Lebaran.

Yang ini praktis banget tapi bikin kamu serasa makan di restoran a la Jepang. Blansir udon sebentar dalam air mendidih, kemudian sajikan dengan kuah kari ayam atau kari daging yang sudah dipanaskan (tambahkan susu cair bila masakan kari khas keluargamu terlalu pekat untuk dipadukan dengan udon). Ditambah irisan daun bawang dan cabai rawit cincang tentu bakal bikin kamu ketagihan sama kari ayam udon ini. Selain udon, kamu juga bisa menggunakan juga jenis mi lainnya, misalnya bihun, mi telur segar, atau bahkan shirataki.

Yuk, kreatif dengan sisa makanan Lebaran agar tak bosan saat menghabiskannya! Jangan lupa selalu sesuaikan dengan ketersediaan bahan masakan di dapur supaya tak terlalu banyak menambah daftar belanja.

 

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.