6 Inspirasi Menu Lebaran Idul Adha dari Daging Sapi | MAHI

6 Menu Lebaran Idul Adha dari Daging Sapi yang Wajib Coba

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Juli 5, 2022

Sedang mencari menu Lebaran Idul Adha tahun ini? Untuk kamu yang kebetulan ingin menyajikan makanan Idul Adha berbahan daging sapi, Masak Apa Hari Ini ingin merekomendasikan ide masakan Idul Adha untuk kamu coba dan sajikan bagi keluarga. Sesuaikan bagian daging sapi yang tersedia di rumah untuk menjadi berbagai menu dari daging sapi populer ini.

Ide Menu Lebaran Idul Adha Tahun Ini

Selain menu yang khas disajikan sebagai hidangan Lebaran Idul Adha seperti hidangan daging kambing (tengkleng, tongseng, satai buntel), kue maksuba (Palembang), bolu berendam (Riau), nasi kebuli, dan lainnya, menu berbahan daging sapi juga tak boleh dilewatkan. Cobain, yuk, beberapa variasi hidangan daging sapi kurban selain rendang, tongseng, dan sup iga!

1. Malbi

Semur malbi tersaji di atas piring.
Semur khas Palembang ini sejatinya dibuat dari daging kambing. (Foto: MAHI)

Malbi atau sering juga disebut semur daging khas Palembang. Menu ini bisa dibuat dari daging kambing atau daging dengan ciri khas rasa manis gurih sekaligus berempah. Malbi bisa kamu buat dari daging sapi potongan sengkel, tanjung, atau potongan daging yang butuh proses memasak yang lama untuk membuatnya jadi empuk. Bila membeli di supermarket, kamu bisa membeli potongan daging yang sama untuk rendang, semur, atau empal.

2. Gulai daging sapi

Hasil masak resep gulai daging disajikan. gulai kambing
Gulai daging sapi untuk inspirasi menu Lebaran Idul Adha. (Foto: Shutterstock)

Hidangan Lebaran Idul Adha kurang lengkap rasanya bila tak ada menu daging bersantan seperti gulai daging sapi. Masakan ini bisa dibuat kalau kamu mendapat potongan daging sapi sandung lamur, daging iga, atau daging sapi bagian sengkel. Supaya lebih lengkap, jangan lupa juga menyiapkan ketupat atau lontong dan acar sayuran.

3. Satai maranggi

Hidangan satai berbahan daging sapi atau daging kambing ini banyak ditemukan di Jawa Barat daerah Purwakarta dan Karawang. Penyajian satai dengan bumbu marinasi ketumbar ini biasanya bersanding dengan sambal ulek dari rawit merah dengan irisan tomat atau sambal kecap manis. Agar bumbunya lebih meresap, lumuri satai daging dengan bumbu halus selama beberapa jam atau semalaman dalam kulkas.

4. Semur daging sapi

Menu Idul Adha sederhana ini memang seringkali dijadikan pilihan bila tak ingin repot atau hanya mengandalkan bumbu yang tersedia di rumah. Supaya terasa istimewa, pastikan kamu menggunakan Bango Kecap Manis atau Bango Kecap Manis Hitam Gurih sebagai bumbu utama semur ini. Setelah daging bersama kuah semur mendidih, kecilkan api dan masak hingga daging empuk. Cara ini membuat daging empuk sekaligus bumbu semur lebih meresap.

5. Krengsengan daging sapi 

Hidangan yang populer di Jawa Timur ini sejatinya berbahan daging kambing, namun krengsengan juga sering diolah dengan bahan utama daging sapi. Masakan daging mirip semur ini biasa disajikan sebagai hidangan Idul Adha di daerah asalnya.

6. Coto Makassar 

Coto daging khas Makassar yang berwarna pekat dari bumbu kluwak. (Foto: Shutterstock)

Bila kamu kebetulan mendapat kombinasi daging sekaligus jeroan saat hari raya, Coto Makassar mungkin bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu coba. Untuk mengurangi aroma yang terlalu tajam, rebus terlebih dahulu jeroan bersama rempah seperti daun salam, serai, dan jahe hingga mendidih. Buang air hasil merebus, kemudian ganti dengan air yang baru dan masak bersama bumbu. Jangan lupa sajikan bersama buras, ya!

Jadi, mana yang akan kamu pilih sebagai menu Lebaran Idul Adha tahun ini? Jangan lupa lengkapi meja saji di rumah dengan ketupat, kerupuk, dan tentu saja Bango Kecap Manis.

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.