5 Peralatan Masak yang Wajib Dimiliki Jomblo yang Hobi di Dapur

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Juni 19, 2018

Meski menyandang status jomblo, bukan berarti kamu tidak bisa masak enak. Toh, memasak untuk diri sendiri merupakan perwujudan self-love yang paling fundamental. Yuk, mulai petualanganmu di dapur dengan memastikan dulu bahwa kamu sudah memiliki peralatan dapur yang tepat dan seusai kebutuhan. Berikut Chef Panji rangkumkan 5 peralatan masak yang wajib dimiliki jomblo yang hobi masak.

1. Talenan

peralatan masak
Talenan yang terbuat dari bahan kayu biasanya berkualitas baik dan tidak licin. (Foto: Shutterstock)

Talenan kayu tersedia dalam berbagai ukuran dan bahan. Fungsi dasar talenan adalah memberikan alas untuk memotong atau mengiris bahan makanan. Chef sendiri lebih menyukai talenan kayu karena lebih kokoh dan tahan lama.

Banyak yang takut untuk memilih talenan kayu. Konon katanya talenan kayu lebih rawan bakteri jika dibandingkan dengan talenan plastik. Kenyataannya, asalkan rajin dibersihkan talenan kayu tidak akan menjadi sarang bakteri.

Ada satu tips lagi dari chef untuk kamu yang ingin belanja peralatan masak. Khusus untuk talenan, sebaiknya kamu memiliki dua talenan untuk bahan makanan yang berbeda. Satu untuk sayur dan buah, dan satunya lagi untuk produk hewani seperti ayam atau daging. Ini untuk menjaga agar bahan makanan kamu tidak saling mengkontaminasi dan meninggalkan bau pada bahan yang tengah kamu olah.

2. Wajan Anti Lengket

Meskipun tanpa menggunakan minyak, kamu bisa memasak telur dengan wajan anti lengket ini. (Foto: Shutterstock)

Ini dia peralatan masak yang terjangkau tapi banyak fungsinya! Wajan anti lengket jelas wajib kamu miliki, terutama untuk kalian yang suka memasak menu sarapan seperti telur, pancake, atau crepes.

Wajan anti lengket umumnya terbuat dari aluminum, sehingga lebih murah dibandingkan dengan iron cast skillet. Saat digunakan makanan menjadi tidak menempel dan cocok digunakan untuk mengolah makanan yang tidak membutuhkan waktu masak yang lama.

3. Sutil Kayu

peralatan masak
Sutil kayu paling seru digunakan untuk menumis. Aman karena tidak akan menggores permukaan panci. (Foto: Shutterstock)

Saat memasak, kamu harus mengaduk, mencampur, dan mencicipi masakan. Sutil kayu tidak akan menggores wajan penggorengan dan panci kamu. Selain itu, sutil kayu juga tahan terhadap panas dan mudah dibersihkan. Jika dirawat dengan baik, sutil kayu bahkan bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Kelebihan sutil kayu lainnya adalah saat memasak bahan makanan yang bersifat asam, seperti saus lemon atau saus tomat. Jika menggunakan sendok logam biasanya akan meninggalkan rasa logam atau bahkan mengubah warna makanan. Kayu tidak reaktif seperti logam, sehingga lebih aman dan menjaga rasa aslinya.

4. Mangkuk Stainless Steel

peralatan masak
Mulai dari membuat salad, sampai memasak kue. Mangkuk stainless steel sangat berfaedah! (Foto: Shutterstock)

Bagi seseorang yang sedang senang-senangnya belajar memasak, mempunyai mangkuk stainless steel sama pentingnya dengan mempunyai talenan, pisau, atau panci. Fungsi mangkuk ini ada banyak! Kamu bisa menggunakannya sebagai tempat mencampur, menyimpan adonan, hingga mengaduk menggunakan mixer.

Chef sendiri lebih menyukai bahan stainless steel, kenapa? Mangkuk dengan bahan ini juga tidak akan pecah saat jatuh. Stainless steel lebih ringan dan tahan lama jika dibandingkan dengan kaca. Selain juga tentunya sangat mudah untuk dibersihkan.

5. Pisau

peralatan masak
Saat memilih pisau, pikirkan juga kenyamanan saat kamu memegang gagangnya. (Foto: Shutterstock)

Pisau yang baik adalah pisau yang mempunyai gagang dan mata pisau yang berkualitas. Pisau dengan gagang yang nyaman akan membuat pekerjaan memotong kamu lebih cepat dan aman.

Dari segi ukuran, pisau dengan ukuran 8 inci adalah yang paling populer di kalangan koki rumahan. Pisau berukuran 6 inci paling baik digunakan untuk kegiatan pengupas. Setelah berinvestasi lebih untuk pisau yang bagus, sebaiknya kamu juga harus mampu untuk mengasahnya dari waktu ke waktu. Ingat, pisau yang tumpul itu jauh lebih berbahaya daripada pisau yang tajam.

Oke, semoga tips-tips singkat dari chef mengenai peralatan masak ini bermanfaat. Semoga memberikan dorongan semangat untuk masak dan have fun in the kitchen, guys! Selamat mencoba resep-resep dari saya juga ya.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.